Bagaimana cara menghilangkan rasa gugup?

rasa gugup

Semua manusia pernah merasakan yang namanya gugup atau merasa grogi. Mungkin yang berbeda adalah seberapa seringkah anda merasa gugup ketika berbicara di depan umum ? Karena porsinya setiap orang untuk tampil didepan orang lain atau menunjukan siapa dirinya berbeda-beda.

Bagaimana cara menghilangkan rasa gugup ?

Beberapa menangani rasa gugup :

  1. Latih Nafas Dengan Baik
    Apabila rasa gugup tiba-tiba mendatangi anda di detik terakhir anda akan melakukan kegiatan, maka anda bisa mencoba dengan melatih napas sebelum tampil di depan umum. Rasa gugup sangat berpengaruh dengan pola napas anda dan nantinya anda terlihat tidak siap, seperti kelelahan dan sebagainya. Oleh karena itu, cobalah untuk tarik napas dalam dan buang napas secara perlahan-lahan, jika merasa kesulitan menenangkan diri minta bantuan teman anda atau orang disekitar anda untuk menuntun menenangkan diri. Karena umumnya jika gugup melanda maka rasa panik juga akan melanda.

  2. Fokus
    Bukan waktunya lagi anda khawatir akan hal yang tidak penting. Ketika anda sedang tampil dihadapan umum, bisa jadi beberapa audiens tidak mengerti apa yang anda jelaskan jika gugup tersebut masih ada. Terutama jika anda menyampaikan hal yang benar-benar mereka butuhkan atau informasi penting. Seringkali karena hal penting maka anda merasa terbebani dan akhirnya gugup. Jika itu terjadi, maka jangan ingatkan pada bebannya namun ingatkan bahwa anda ingin membantu orang lain, jangan fokuskan dirimu terhadap mereka, lebih baik fokuskan diri anda terhadap orang-orang yang memperhatikanmu. Apalagi penonton atau audiens yang mengganggu dengan sikap-sikap yang akhirnya membuat penampilan anda jelek.

  3. Berlatih
    Siapa bilang persiapan tidak mempengaruhi rasa gugup. Ketika anda seringkali berlatih, mengambil aksi dan menempatkan diri anda pada situasi yang bisa membuat anda gugup, akan membuat anda semakin percaya diri. Terutama jika anda pernah mengalami sebelumnya, maka anda tidak akan asing dengan keadaan tersebut dan rasa gugup tidak akan melanda dengan buruk.

  4. Tidak Semua Peduli Pada Anda
    Apakah anda tahu, kenapa rasa gugup muncul ? hal ini terjadi karena anda terfokus pada apa yang akan orang-orang pikirkan tentang anda. Padahal faktanya seringkali ada beberapa orang yang justru tidak peduli, tidak terlalu mendengarkan atau sekedar biasa saja ketika mendengarkan anda. Terutama jika anda berbicara pada acara besar yang membosankan. Dari keseluruhan penonton percayalah ada 45% penonton yang seperti itu, ingat bahwa ada orang yang juga tidak terlalu peduli dengan anda.

  5. Berpikir Positif
    Percayalah bahwa ketika kita berpikir positif maka semua hal tersugestikan positif dan berjalan dengan lancar. Hal yang dimaksud adalah, ketika rasa gugup itu hadir dan anda memiliki pemikiran positif maka anda akan mencoba mencari solusi atau cara dengan pikiran yang baik. Sehingga tidak memperparah rasa gugup yang anda miliki. Ketika kondisi seperti ini anda bisa memilih respon apa yang akan anda berikan, jika respon yang anda berikan negatif, maka hasilnya pun akan negatif. Namun apabila respon yang anda berikan positif, maka hasilnya pun akan positif.

“Do not anticipate trouble or worry about what may never happen. Keep in the sunlight.” Benjamin Franklin

“If I don’t train enough, of course I’m nervous.“ Haile Gebrselassie

Persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin.

Lakukan persiapan sebelum Anda melakukan apapun. Ketika Anda merasa gugup pada saat ujian atau presentasi, itu merupakan tanda bahwa Anda sendiri merasa bahwa persiapan yang Anda lakukan belum maksimal.

Anda akan merasa lebih yakin pada diri Anda sendiri dan lebih santai tentang apa yang akan Anda lakukan ketika Anda mempunyai persiapan yang cukup.

  • Jika Anda akan melakukan pertemuan penting, lakukan persiapan sebelumnya terkait dengan apa yang akan atau mungkin muncul dalam pertemuan tersebut.

  • Jika Anda akan melakukan kencan, cobalah pikirkan 2-3 topik / pertanyaan yang menarik untuk dibahas jika percakapan Anda dan teman kencan Anda menemui jalan buntu.

  • Jika Anda akan melakukan wawancara kerja, pikirkan tentang apa yang mungkin akan mereka tanyakan kepada Anda dan temukan beberapa jawaban yang terbaik untuk setiap pertanyaan tersebut.

Tanyakan pada diri Anda: hal terburuk apa yang dapat terjadi ?

Pertanyaan ini telah banyak membantu diri Anda untuk menenangkan diri. Ketika Anda sudah tahu hal terburuk apa yang akan terjadi, maka Anda pasti akan mempersiapkannya semaksimal mungkin, dan disaat yang sama, Anda juga sudah mengkalkulasikan segala kemungkinan yang akan terjadi. Ketika Anda sudah siap menerima segala kemungkinan yang ada, maka pada saat itulah muncul ketenangan didalam diri Anda.

Disini bukan berarti Anda pasrah dengan hasil yang akan didapat, tetapi yang ditekankan adalah selama Anda sudah melakukan yang terbaik, maka hasil bukanlah sebuah ukuran keberhasilan.

Visualisasikan dengan cara yang positif.

Apabila kegugupan Anda masih belum bisa hilang, cobalah untuk beristirahat sejenak dan pikirkan hal-hal positif.

Berikut cara melakukannya:

  • Berbaringlah di tempat tidur Anda atau duduklah di suatu tempat yang nyaman. Tutup mata Anda.

  • Dalam pikiran Anda, lihat betapa hebatnya situasi yang akan terjadi - lihat dan dengarkan - dan juga betapa hebat Anda akan merasa pada pertemuan ini. Lihat diri Anda menjadi positif, terbuka dan menikmati saat-saat indah dengan senyuman di wajah Anda. Dan lihat hasil luar biasa yang Anda inginkan dalam pikiran Anda.

  • Kemudian lepaskan bayangan tadi dan visualisasikan bahwa hal itu sudah terjadi, bahwa pertemuan berakhir dengan hasil yang diinginkan. Hal ini sangat efektif dan akan membawa Anda ke dalam perasaan yang penuh percaya diri.

Bernafaslah secara perlahan dan dalam.

Beberapa menit sebelum Anda melangkah ke dalam situasi yang membuat Anda gugup, perlambat aktivitas Anda. Misalnya ketika Anda akan berjalan ke ruang pertemuan, berjalanlah lebih lambat. Apabila diperlukan, ambil napas secara perlahan dan lebih dalam daripada yang biasa Anda lakukan.

Pastikan Anda bernafas dengan perut Anda. Bukan dengan dada Anda (masalah umum ketika orang menjadi stres atau gugup).

Hal ini akan menenangkan Anda, membuat Anda lebih mudah untuk berpikir secara normal dan lebih fokus.

Katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda bersemangat melakukannya.

Memanfaatkan energi kegugupan Anda menjadi sesuatu yang akan membantu Anda. Ketika kegugupan Anda membesar, katakan pada diri sendiri bahwa Anda bersemangat tentang apa yang akan Anda lakukan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengubah perspektif tentang apa yang terjadi di dalam diri Anda.