Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Gak Enakan

60cbdb94df84c54381d35ddbaf209bcd

Rasa gak enakan berawal dari ketika kita takut untuk menghadapi masalah atau konflik dengan orang lain. Daripada muncul masalah baru, kita sering membiarkan diri kita terjebak untuk selalu mengiyakan permintaan dari orang lain, padahal hal tersebut sedang tidak ingin kita lakukan.

Perasaan tidak enakan tersebut membuat kita takut untuk bilang tidak yang pada akhirnya diri kita yang akan mengalami kesusahan. Lantas bagaimana cara menghilangkan rasa gak enakan?

(Simak 5 Tips Menghilangkan Rasa Gak Enakan Terhadap Orang lain)

Menjadi seseorang yang tidak enakan? Artinya sama dengan kita adalah seorang “ People Pleaser”. People pleaser adalah sebutan untuk orang-orang yang terbiasa menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan mereka sendiri. Menolak seseorang seringkali menjadi hal yang tidak mudah dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Tetapi jika kita terus-menerus menyerah dan mengiyakan hal-hal yang sesungguhnya tidak kita inginkan tentunya akan menciptakan kecemasan, kemarahan, stress , dan penyesalan.

Menjadi people pleaser akan mengalami kecanduan terhadap perasaan dibutuhkan yang membuat mereka merasa penting dan seolah-olah berkontribusi pada kehidupan orang lain. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa berhenti menajdi orang yang tidak enakan atau people pleaser?

  • Berani mengatakan “TIDAK” untuk setiap ajakan atau permintaan orang lain. Bukan berarti kita tidak menghargai permintaan atau ajakan mereka, dan juga bukan ingin bersikap egois. Tetapi ini cara yang paling utama agar kita bisa terlepas dari tidak enakan.
  • Memberikan alasan yang jelas mengapa kita harus menolaknya. Saat ada hal yang tidak kita sukai dan memang bukan menjadi tanggung jawab kita, kita harud ingat apa alasan kita tidak ingin melakukan hal itu.
  • Bersikpa tegas pada keputusan yang kita ambil. Dengan begitu kita akan semakin paham kapan kita harus mengatakan iya dan tidak terhadap permintaan orang lain.
  • Berikan ucapan “terimakasih” meskipun kita menolaknya sebagai suatu bentuk penghargaan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah kita tolak ajakan atau permintaannya. Selain sebagai bentuk pernghargaan, ucapan terima kasih tersebut akan membuatmu lebih nyaman meski kamu telah menolak ajakannya.

Ingat! Membuat seseorang merasa senang atau bahagia itu sama sekali bukan tanggung jawabmu.

  1. Jangan takut untuk bilang “tidak”

Pertama yang harus dilakukan adalah jangan takut untuk bilang “tidak” terhadap apa yang tidak ingin kamu lakukan. Bilang “tidak” saat kamu sedang fokus dengan kegiatanmu bukanlah suatu kesalahan, sebab kamu juga memiliki kehidupan sendiri yang harus kamu urus. Jangan melontarkan permintaan maaf berkali-kali, sebelum meminta maaf pikir dulu apakah hal tersebut kesalahanmu.

  1. Berhenti untuk menyenangkan semua hati orang lain

Selanjutnya untuk menghilangkan rasa gak enakan yaitu dengan berhenti untuk menyenangkan hati orang lain. Jika kamu masih berupaya untuk menyenangkan semua orang, lama-lama kamu akan merasa lelah sendiri karena tidak bisa memenuhi ekspetasi mereka. Selain itu perasaan atau suasana hati seseorang merupakan tanggung jawabnya masing-masing.

  1. Jangan ragu untuk menjelaskan alasan kenapa kamu menolak

Selanjutnya yaitu jangan ragu untuk menjelaskan alasan kenapa kamu menolak permintaannya. Beri penjelasan karena kamu sedang ada prioritas yang segera kamu kerjakan, sibuk bekerja, atau alasan lain bahwa permintaannya tidak sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Katakanlah jujur kepada temanmu, biar dia mengerti juga dengan keadaanmu.

  1. Jangan ragu untuk bersikap tegas

Selanjutnya yaitu jangan ragu untuk bersikap tegas. Temanmu yang meminta bantuan sekali dua kali tidak masalah kamu sanggupi. Tapi, kalau ia sudah berkali-kali dan melewati batas untuk memintamu selalu mengiyakan keinginannya jangan ragu untuk berkata tidak dan bersikap tegas. Sebab, kamu juga memiliki prioritas lain, jangan biarkan rasa gak enakan tersebut membuatmu menjadi kesusahan sendiri.

Referensi

https://www.idntimes.com/life/inspiration/ruhil-anadiah-sabrina-1/menghilangkan-rasa-gak-enakan-c1c2/5

Dikutip dari IDN Times, berikut merupakan beberapa cara agar kita dapat menghilangkan rasa gak enakan terhadap orang lain.

1. Jangan takut untuk bilang “tidak”

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu jangan takut untuk bilang “tidak” terhadap apa yang tidak ingin kamu lakukan. Bilang “tidak” saat kamu sedang fokus dengan kegiatanmu bukanlah suatu kesalahan, sebab kamu juga memiliki kehidupan sendiri yang harus kamu urus. Ingat juga jangan melontarkan permintaan maaf berkali-kali, sebelum meminta maaf pikir dulu apakah hal tersebut kesalahanmu.

2. Berhenti untuk menyenangkan semua hati orang lain

Tips selanjutnya untuk menghilangkan rasa gak enakan yaitu dengan berhenti untuk menyenangkan semua hati orang lain. Ingat ya kamu juga mempunyai prioritas yang harus kamu lakukan.

Jika kamu masih berupaya untuk menyenangkan semua orang, lama-lama kamu akan merasa lelah sendiri karena tidak bisa memenuhi ekspetasi mereka. Selain itu perasaan atau suasana hati seseorang merupakan tanggung jawabnya masing-masing.

Dulu saya termasuk orang yang tidak bisa menolak atau memiliki rasa gak enakan. Namun lama-lama saya berpikir bahwa saya tidak bisa untuk bilang ‘iya’ kepada semua hal. Pelan-pelan saya mulai mencoba untuk menolak dengan halus dan jika perlu diberikan alasan yang jelas mengapa saya menolak. Setelah melakukan itu saya merasa lebih baik karena berani melakukan sesuatu yang tidak pernah saya lakukan, yaitu menolak. Hingga kini perasaan gak enakan masih sering muncul, namun setidaknya saya berani untuk menolak sesuatu. Beberapa poin di atas menurut saya mungkin bisa membantu untuk menghilangkan rasa gak enakan.

Tips menghilangkan rasa gaenakan dari saya :

  1. Jangan terlalu sering terlihat online di sosial media, terutama media chat seperti WhatsApp.
  2. Jika dirasa ada teman yang mengajak atau meminta sesuatu yang kita tidak ingin melakukannya, jangan terburu-buru untuk membalasnya. Beri jeda waktu untuk diri anda memikirkan terlebih dahulu ajakan tersebut, dan berpura-puralah seakan anda sedang sibuk, sehingga anda memiliki alasan untuk menolak permintaan teman anda tersebut.
  3. Jika tidak sengaja anda membalasnya dengan fast respon maka paksakan diri anda untuk mengatakan ‘tidak’ untuk menolak permintaan tersebut. Karena ini demi kebaikan diri anda sendiri.
  4. Bertanggung jawablah terhadap keputusan yang anda ambil.

Menjawab pertanyaan diatas, emang ketika menolak seseorang sering kali menjadi hal yang tidak mudah dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Tetapi jika terus-menerus menyerah dan mengiyakan hal-hal yang sesungguhnya tidak kita inginkan akan menciptakan kecemasan, kemarahan, stress, penyesalan, dan perasaan tidak berdaya. Dari website yang saya baca, berikut merupakan beberapa cara agar menghilangkan rasa tidak enakan dan berhenti menjadi people pleaser:

  1. Berani bilang tidak kepada ajakan atau permintaan orang lain
  2. Kalau ada yang tidak suka, tidak apa-apa karena tidak semua orang harus disenangkan
  3. Coba kamu eberikan alasan kenapa kamu menolak permintaan orang lain tersebut.
  4. Bersikap tegas pad akeputusan yang kamu ambil
  5. Ucapkan terima kasih sebaga bentuk penghargaan meski menolak ajakannya.

menurut saya pribadi cara untuk mengurangi rasa gaenakan dengan belajar untuk berkata tidak, jika dirasa memang tidak sanggup. Mengatakan tidak, dengan alasan yang jelas tentu membuat orang yang mengajakmu akan mengerti, tidak harus selalu menyanangkan orang karena sendirinya juga butuh senang, tegas dengan pilihan dan bertanggung jawab dengan pilihan tersebut