Bagaimana cara menghilangkan plak gigi dengan cepat, aman dan alami?

plak gigi

Plak yang melekat pada gigi sangat banyak mengandung bakteri yang bisa merusak kesehatan dan juga keindahan gigi. Adanya plak gigi ini tentu saja akan memberikan efek negatif bagi kita, khususnya soal penampilan di depan umum.

Cara menghilangkan plak gigi dengan cepat, aman dan alami antara lain adalah sebagai berikut :

  • Yang Anda perlukan adalah air secukupnya dan 30 gram cangkang kenari. Didihkan air dan cangkang kenari dalam panci selama 15 menit. Setelah selesai, dinginkan campuran yang telah mendidih tadi terlebih dahulu. Resep alami ini kemudian Anda oleskan ke sikat gigi Anda. Sikatlah gigi Anda selama 4 menit dengan arah memutar. Ulangi cara ini 3 kali sehari.

  • Sikat gigi Anda dengan menggunakan baking soda. Baking soda akan membantu memutihkan gigi sekaligus merontokkan plak gigi yang menempel di gigi Anda. Anda dapat menambahkan sedikit garam jika gigi Anda sangat menguning. Baking soda ini sudah menjadi salah satu resep alami yang populer di negara Eropa dan Amerika. Bahkan masyarakat di sana telah menggunakannya dari waktu ke waktu. Itu sebabnya kita banyak melihat bagaimana gigi mereka begitu tampak putih bersih dan pastinya bebas dari plak gigi.

Sumber: http://doktersehat.com/tips-ampuh-hilangkan-plak-gigi/

Cara mencegah dan cara menghilangkan plak pada gigi dapat dilakukan dengan berbagai langkah berikut ini:

  • Menyikat gigi. Cara terbaik untuk memerangi plak adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam hari. Menyikat gigi dua kali sehari membantu mencegah pembentukan plak dan menghancurkan setiap plak yang sudah mulai terbentuk. Bakteri penyebab plak akan terus berkembang, untuk itu menyikat gigi harus dilakukan secara teratur.

    Disarankan juga untuk menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi ber-fluoride selama dua menit. Flouride melindungi gigi dengan cara mengikat enamel dan menciptakan permukaan yang lebih keras. Pastikan juga agar seluruh daerah mulut (gigi, gusi, lidah, bagian dalam pipi) ter”sikat” dengan bersih.

  • Gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari (sebelum tidur malam) untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan.

  • Kumur mulut dengan mouth rinse atau obat kumur (bukan mouthwash yang berfungsi untuk menyegarkan napas) dua kali sehari selama 30 detik. Obat kumur mencegah penumpukan plak lebih baik dari sekedar menyikat gigi dan menggunakan benang gigi saja.

  • Hindari makanan dan minuman manis dan lengket seperti permen, kismis, camilan berlapis cokelat, atau minuman bersoda.
    Konsumsi makanan dengan takaran seimbang dan batasi camilan. Jika ingin camilan, pilih yogurt murni (tanpa perasa dan pemanis tambahan), keju, buah, atau sayuran mentah. Selain mampu menghilangkan sisa makanan, sayuran seperti seledri juga membantu air liur menetralkan asam penyebab plak.

  • Datangi dokter gigi atau ahli kesehatan mulut setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan gigi.

Jika gigi Anda tertutup oleh plak, jangan khawatir karena plak bisa dihilangkan. Cara menghilangkan plak pada gigi bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan mulut.

Sumber : https://www.alodokter.com/begini-cara-menghilangkan-plak-pada-gigi

Biasanya kulit jeruk digunakan untuk memutihkan gigi atau penghilang noda pada gigi secara alami, dan tentunya juga dapat membersihkan plak gigi. Kulit jeruk mengandung limonene untuk mencegah plak tanpa mengikis enamel gigi dan vitamin C untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme dalam mulut terutama pada gigi.

Cara yang dapat dilakukan yaitu gosokkan bagian dalam kulit jeruk secara langsung pada gigi dan gusi sebelum tidur. Biarkan selama semalaman dan bilas keesokan harinya. Ulangi cara ini secara rutin untuk menjaga agar gigi tetap putih dan bersih.