Bagaimana cara menghilangkan lelah setelah perjalanan jauh?

image

Setelah melakukan perjalanan jauh seperti mudik, badan pasti rasanya pegal dan lelah. Ini berlaku untuk semua orang , entah mereka membawa kendaraan sendiri, naik kereta api, kapal laut bahkan pesawat terbang. Naik pesawat terbang memang cepat dan nyaman namun perjalanan menuju bandara, mengantre untuk check-in, dan perjalanan meninggalkan bandara untuk menuju rumah ternyata juga melelahkan. Bagaimana cara menghilangkan lelah setelah perjalanan jauh?

image

Cara menyegarkan diri sehabis pulang dari perjalanan jauh. Berikut tipsnya :

Minumlah segelas minuman hangat setibanya di rumah.

Paling baik adalah minuman jahe karena minuman ini melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Bila lapar, Anda bisa makan sekadarnya, jangan terlalu kenyang. Tubuh yang lelah akan semakin kelelahan bila harus memproses makanan dalam jumlah banyak hanya karena anda kekenyangan. Santaplah sup hangat dengan nasi sedikit atau santaplah menu sayur dan buah seperti salad.

Mandi

Bila hari belum larut malam, mandilah dengan air dingin dengan cara mengarahkan shower ke bagian punggung sebagai bentuk pijatan air. Akan tetapi bila hari sudah malam, mandilah dengan air hangat. Jangan membongkar barang bawaan terlebih dulu! Membongkar barang bawaan pastinya akan membuat Anda bertambah lelah. Oleh-oleh berupa makanan bisa dimasukkan ke kulkas terlebih dulu.

Kenakan pakaian yang longgar dan tidak menekan bagian tubuh seperti perut, dada, lengan, dan paha.

Berbaringlah di tempat tidur dengan mengganjal bagian punggung dengan bantal yang lembut dan kepala tidak beralas.

Hal ini ditujukan untuk mengurangi kepenatan punggung dan melancarkan darah menuju bagian kepala. Jika terbiasa, anda bisa melakukan yoga. Bila perjalanan membuat bagian bokong terasa pegal karena duduk dalam waktu lama, maka posisi berbaring untuk melegakan tubuh bisa diganti dengan posisi berbaring miring secara bergantian ke kanan dan ke kiri.

Beri aromatherapy di kamar tidur untuk membantu proses penyegaran tubuh.

Pijat tubuh.

Pijat tubuh bisa dilakukan untuk menyegarkan tubuh. Anda bisa melakukannya di spa atau memanggil tukang pijat langganan.

Tidurlah hingga 7 jam untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Perjalanan mudik pastinya menyita pikiran dan waktu tidur Anda. Tidur dalam waktu yang ideal, akan membantu tubuh kembali segar.

1 Like

Kalau saya sih ya biasanya kalo capek jalan jauh kakinya pegel-pegel. Biasanya kalo kaya gitu, saya langsung ambilin minyak gosok lalu diurut2 sendiri ke kaki saya, terus menyenderkan kaki saya ke tembok dengan memposisikan kaki saya lebih tinggi dari badan saya hingga hampir 90 derajat.

1 Like