Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil dengan Aman di Rumah?

Menghilangkan kutil sepenuhnya membutuhkan penanganan yang sesuai dengan area kemunculannya. Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil dengan Aman di Rumah?

Sebagai bentuk penanganan di rumah, kamu bisa lakukan cara-cara berikut.

Menggunakan Asam Salisilat
Bersihkan area kutil pada kulitmu dengan air hangat. Atau lebih baik baik lagi jika direndam air hangat selamat 10 menit. Setelah itu, oleskan salep atau krim asam salisilat. Zat tersebut akan mengelupas permukaan kulit terluarmu beserta kutil di atasnya.

Membekukan Kutil
Membekukan di sini bukan berarti menempelkan es batu pada kutilmu karena cara ini justru berbahaya!

Kamu bisa membeli alat semprot pembeku medis di apotek. Kamu hanya perlu menyemprotkannya ke kutilmu untuk membentuk lapisan yang akan mengelupas. Kulitmu yang terkelupas akan sekaligus membawa kutil.

Ditutup dengan Plester atau Selotip
Siapkan plester steril atau selotip tipis transparan. Tempelkan plester atau selotip pada kutil dan diamkan selama 1-2 hari. Lepaskan dan ganti dengan yang baru. Dampaknya, plester akan mengelupas kulitmu yang ditumbuhi kutil sedikit demi sedikit hingga kutil bersih sepenuhnya.

uka Sari Apel
Cuka sari apel dipercaya dapat membantu menangani kutil karena sifatnya yang asam dapat mengatasi beberapa jenis virus dan bakteri. Selain itu, kontak dengan cuka ini juga akan mengiritasi dan mengikis kulit yang terinfeksi sehingga kutil dapat jatuh terlepas.

Kulit yang teriritasi pun akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja menghancurkan kutil dari dalam.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu cukup mencelupkan kapas ke dalam campuran air dan cuka sari apel. Selanjutnya, tempelkan kapas ke area kutil selama semalam. Agar tidak terlepas, lapisi kapas dengan perban.

Bawang Putih
Produk ekstrak bawang putih disebut memiliki sifat antivirus yang dapat membantu mengatasi kutil dengan lama pengobatan sekitar 3 hingga 4 bulan.

Bila kamu sulit menemukan produk tersebut, olesan kapas yang telah dicelupkan dalam campuran bawang putih dengan minyak juga bisa membantu. Meski begitu, cara ini belum dipastikan secara ilmiah.