Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo?

komedo

Mempunyai komedo merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Karena komedo membuat wajah tampak kotor dan kurang bersih.

1 Like

1. Lemon + Madu + Gula

Potong lemon menjadi dua bagian dan tuangkan secukupnya di atas permukaan buah yang kaya akan vitamin C tersebut. Selanjutnya, taburkan sedikit gula (lebih baik menggunakan gula tebu) dan perlahan pijatlah area wajah yang memiliki komedo dengan gerakan memutar.

2. Vaseline + Pembungkus Plastik

Cara ini lebih baik dilakukan sehabis mandi air hangat karena pori-pori terbuka lebar. Mulailah dengan memulaskan vaseline di area wajah (misalnya hidung) yang membutuhkan perawatan. Lalu taruhlah plastik pada area tersebut. Kemudian, gunakan handuk hangat di area yang sudah dibungkus dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin, pakailah tisu untuk membersihkan sisa vaseline dan perlahan tekan keluar komedo hitam yang menempel pada pori-pori. Lakukan cara ini sekali atau dua kali dalam sebulan.

3. Oatmeal + Madu + Yogurt + Minyak Zaitun

Campurkan 1/2 gelas oatmeal, 2 sendok makan yogurt, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan minyak zaitun dengan menggunakan blender. Setelah semua bahan tercampur dengan baik, pulaskan pada wajah yang telah dibersihkan. Kemudian, mulailah menggosoknya dengan gerakan memutar selama 1-2 menit. Lalu basuhlah dengan air hangat. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya janga digosok tetapi diamkan saja sebagai masker wajah selama 5-7 menit. Lakukan trik ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

Sumber

https://beauty.popbela.com/skin/gracekelly/5-cara-menghilangkan-komedo-secara-cepat-dengan-menggunakan-bahan-alami/full

1 Like

Komedo hitam disebabkan karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara. Ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit. Komedo hitam ini umumnya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Sedangkan komedo putih tidak mudah terlihat, tapi bisa ditemukan dengan cara menekan pori-pori wajah.

Berikut cara menghilangkan komedo hitam dan putih dikutip dari berbagai sumber :

1. Baby Oil

Menghilangkan komedo menggunakan baby oil cukup mudah. Caranya keringkan wajah terlebih dahulu, kemudian usapkan baby oil ke wajah dan tunggu selama 30-60 menit. Setelah itu wajah dilap hingga bersih dari minyak, lalu bilas dengan air hangat.

2. Pasta Gigi

Cara ini sangat mudah. Caranya, cukup dengan oleskan pasta gigi secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lebih direkomendasikan menggunakan pasta gigi yang berbahan herbal.

3. Lidah Buaya

Oleskan gel yang ada di tengah lidah buaya secukupnya dan secara merata pada kulit area berkomedo, kemudian diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lidah buaya juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah, dan mengecilkan pori-pori wajah.

4. Air Hangat

Cuci wajah atau tempatkan handuk hangat ke atas permukaan wajah berkomedo. Hal ini akan membuat pori-pori kulit membesar sehingga komedo jadi lebih mudah untuk dibersihkan.
Selain itu, handuk hangat juga bisa mengurangi risiko adanya infeksi akibat pengangkatan komedo.

5. Baking Soda

Campurkan baking soda dengan air. Oleskan ramuan baking soda tersebut ke permukaan wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Baking soda akan menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah, menghapus bakteri, serta menghilangkan komedo membandel.

6. Putih Telur dan Madu

Oleskan campuran putih telur dan madu pada wajah, biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini efektif untuk menghilangkan dan mencegah komedo.
Putih telur mengandung nutrisi yang bagus untuk kulit kamu dan digunakan sebagai masker wajah. Selain itu bahan tersebut dapat mengencangkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Perawatan ini akan memakan waktu banyak.

7. Lemon dan Garam

Aduk air perasan jeruk lemon dan air garam. Kemudian usapkan pada area wajah yang banyak komedo, tunggu selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Lemon dan garam dapat secara halus mengikis kulit dan air hangat akan membuka pori-pori. Dampaknya komedo jadi lebih mudah dibersihkan.

8. Kayu Manis

Campurkan 1 sendok teh kayu manis dengan jus lemon. Lalu oleskan campuran tersebut ke wajah yang berkomedo dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dan ulangi setiap hari sampai komedo hilang.
Kayu manis memiliki begitu banyak manfaat untuk bagian dalam dan luar tubuh, salah satunya adalah menghilangkan komedo.

9. Tomat

Kupas tomat dan oleskan di daerah yang berkomedo sebelum tidur. Biarkan semalaman, kemudian bersihkan dengan air bersih di pagi harinya.
Tomat memiliki sifat antibakteri alami yang dapat menghilangkan komedo. Tomat juga mengandung lycopene yang memberikan efek antioksidan pada kulit dan menghilangkan semua radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

10. Cuka Sari Apel

Yang terakhir, lakukan ini setiap malam. Bersihkan wajah terlebih dahulu, celupkan kapas ke cuka sari apel lalu tempelkan kapas di wajah. Fokuskan di daerah yang memiliki komedo dan biarkan mengering. Kamu dapat membiarkannya tanpa membilas selama beberapa jam atau bahkan semalam. Jika memiliki kulit sensitif, campurkan cuka sari apel dengan air.

1 Like

Komedo adalah salah satu bentuk jerawat yang paling umum. Meskipun orang yang memiliki kulit berminyak lebih rentan terhadap komedo, siapa pun bisa mendapatkannya. Mereka terbentuk ketika pori-pori tersumbat dengan kombinasi sel kulit mati dan minyak berlebih (sebum) dari kelenjar sebaceous Anda.

Cara menghilangkan komedo, adalah :

  1. Avoid pore strips and other home extraction methods
    Anda sudah tahu bahwa memetik, menggaruk, dan mengeluarkan segala bentuk jerawat dianggap terlarang. Namun, mungkin tergoda untuk menemukan beberapa bentuk ekstraksi untuk menghilangkan komedo yang sial itu. Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan dalam masker, strip pori, dan alat ekstraksi yang menjanjikan pori-pori bersih.

    Meskipun strip dan masker pori-pori dapat membantu menghilangkan sampah dari pori-pori Anda, mereka juga dapat menghilangkan elemen yang benar-benar membantu kulit Anda. Ini termasuk minyak alami dan folikel rambut. Menghapus semua elemen ini dapat menyebabkan kulit Anda mengering dan menjadi iritasi. Ketika iritasi terjadi, kelenjar sebaceous Anda dapat beralih ke mode bertahan hidup dan menghasilkan lebih banyak minyak - menghasilkan lebih banyak komedo.

    Metode ekstraksi lainnya termasuk alat logam atau plastik kelas profesional. Konon ini bekerja dengan menghilangkan komedo yang tersumbat tanpa menggaruk kulit Anda. Kata kunci di sini adalah profesional - alat ini kadang-kadang digunakan oleh dokter kulit yang telah bertahun-tahun pelatihan. Ketika ditempatkan di tangan pemula, alat ekstraksi dapat berubah menjadi sumber goresan, luka, dan bahkan bekas luka.

  2. Jangan buang waktu Anda dengan benzoil peroksida
    Ketika datang ke perawatan jerawat bebas resep (OTC), Anda mungkin menemukan bahwa banyak produk mengandung benzoil peroksida. Masalahnya adalah benzoil peroksida tidak bekerja untuk semua jenis jerawat.

    Benzoil peroksida bekerja dengan mengurangi pembengkakan, yang merupakan penanda utama dari peradangan jerawat. Ini termasuk kista dan pustula. Itu juga bisa menghilangkan bakteri yang mendasarinya di jerawat.

    Namun, komedo tidak dianggap inflamasi, dan tidak disebabkan oleh bakteri, sehingga produk yang mengandung benzoil peroksida tidak akan banyak manfaatnya.

  3. Bersihkan dengan asam salisilat
    Alih-alih benzoil peroksida, cari produk OTC yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat adalah bahan yang lebih disukai untuk komedo dan komedo karena memecah bahan-bahan yang menyumbat pori-pori: kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati. Dengan memilih pembersih harian dengan asam salisilat, Anda dapat menghilangkan unsur-unsur ini selain kotoran, minyak, dan makeup sehari-hari.

    Meskipun Anda masih perlu mencuci wajah dua kali sehari, cobalah menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat di dalamnya hanya sekali sehari untuk memulai. Anda dapat mempertimbangkan menggunakannya pada malam hari saja, dan kemudian menggunakan pembersih reguler Anda di pagi hari. Saat kulit Anda terbiasa dengan produk, Anda dapat memilih untuk menggunakannya pagi dan malam. Banyak orang sensitif terhadap asam salisilat dan Anda mungkin tidak dapat menggunakannya lebih dari sekali setiap beberapa hari. Jika Anda terus bereaksi, hentikan penggunaan.

    Pembersih berikut mengandung asam salisilat:

    1. Murad Time Release Active Cleanser
    2. Clean and Clear Acne Triple Cleanse Bubble Foam Cleanser
    3. Philosophy Clear Days Ahead Oil-Free Salicylic Acid Acne Treatment Cleanser
    4. Dermalogica Clearing Skin Wash

  4. Eksfoliasi dengan lembut dengan AHA dan BHA
    Di masa lalu, Anda mungkin pernah mendengar bahwa pengelupasan kulit menghasilkan efek negatif pada jerawat. Ini berlaku untuk peradangan jerawat, karena proses ini dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi lebih lanjut.

    Namun, untuk komedo, pengelupasan kulit secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dalam jumlah berlebihan yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Proses ini juga dapat dengan lembut menghilangkan komedo yang ada.

    Daripada mencari scrub yang keras, Anda akan ingin fokus pada asam hidroksi alfa dan beta (AHA dan BHA). Asam glikolat adalah jenis AHA yang paling umum, dan asam salisilat adalah BHA yang menonjol.

    Keduanya bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit Anda. Secara teori, ini dapat meningkatkan penampilan keriput dan bintik-bintik penuaan, semuanya sekaligus membersihkan pori-pori dan membuat kulit Anda lebih lembut. Anda akan menemukan bahwa BHA lebih banyak tersedia di pasar, dan dalam beberapa kasus, mereka juga lebih terjangkau!

    Pertimbangkan Pertolongan Pertama Kecantikan FAB Skin Lab Resurfacing Liquid AHA 10% atau Clean and Clear Triple Cleanse Scrub Eksfoliasi. Produk pengelupasan harus digunakan sekali atau dua kali seminggu.

  5. Gunakan kuas kulit
    Sikat kulit dapat memberikan manfaat pengelupasan yang sama seperti AHA dan BHA dengan menghilangkan sel kulit mati yang berlebih. Kuncinya, bagaimanapun, adalah menggunakannya hanya sekali seminggu sehingga Anda tidak menyebabkan iritasi. Anda juga akan ingin menggunakan kuas kulit Anda pada hari-hari bergantian dari exfoliator AHA atau BHA.

    Tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda, ada berbagai kuas kulit yang tersedia. Anda dapat memilih seluruh sistem berbasis listrik dari Clarisonic, atau Anda dapat menggunakan sikat genggam yang lebih terjangkau. Kedua jenis kuas dapat digunakan dengan pembersih harian Anda.

  6. Coba retinoid topikal
    Retinoid dapat membantu kasus jerawat yang membandel dengan membantu mencabut pori-pori. Proses ini juga dapat membuat produk OTC lain lebih efektif, karena mereka akan lebih mampu memasuki folikel. Anda mungkin ingin mencoba ProActiv’s Adapalene Gel 0,1% Acne Treatment atau Differin Gel. Keduanya sebelumnya hanya tersedia dengan resep dokter.

  7. Gunakan masker tanah liat
    Masker tanah liat sering dianggap must-have untuk kulit berminyak. Mereka bekerja dengan mengambil kotoran, minyak, dan elemen lain jauh dari pori-pori Anda. Sejauh menyangkut komedo, masker tanah liat bahkan dapat melonggarkan dan menghilangkan pori-pori yang tersumbat. Detox dan Brighten Clay Mask dari L’Oréal adalah salah satu produk yang layak untuk dilihat.

    Beberapa masker tanah liat, seperti Masker Wajah Detoksifikasi Tanah Liat Michael Todd, juga mengandung belerang. Belerang adalah bahan lain yang berfungsi untuk memecah sel-sel kulit mati yang membentuk komedo. Apa pun masker yang Anda pilih, Anda dapat menggunakannya sekali seminggu sebagai tambahan untuk perawatan pengelupasan kulit sekali atau dua kali seminggu.

  8. Gunakan masker arang
    Seperti masker tanah liat, masker arang bekerja jauh di dalam kulit untuk mengeluarkan minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Bahan arang dianggap mengambil manfaat ini setingkat lagi.