Bagaimana cara menghilangkan kecemasan ketika mengemudi?

kecemasan ketika mengemudi

Mengemudi sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi disetiap kesempatan. Konsentrasi yang tinggi saat mengemudi dapat menghindarkan pengemudi dari kecelakaan yang mungkin dapat berakibat fatal. Namun, bagaimana jika saat kita mengemudi tiba-tiba kecemasan muncul mengganggu konsentrasi kita saat mengemudi ?

Beberapa langkah tersebut antara lain :

  1. Kendalikan emosi. Pengendalian emosi sangat penting saat Anda mengemudikan kendaraan. Atur emosi Anda tetap stabil saat sebelum dan ketika berkendara.

  2. Dengarkan musik. Mendengarkan musik favorit Anda di dalam mobil bisa sedikit membantu mengurangi kecemasan Anda dalam mengemudi. Namun, perlu Anda ingat untuk tidak berlebihan dalam mengatur volume agar tidak mengganggu pendengaran Anda terhadap lingkungan sekitar yang justru bisa membahayakan.

  3. Tinggalkan HP sejenak ketika Anda mengemudi. Menggunakan Hp atau perangkat komunikasi lain saat mengemudi bisa sangat membahayakan Anda. Tinggalkan aktivitas komunikasi Anda sejenak saat mengemudi, atau lakukanlah sebelum Anda berangkat beraktivitas. Jika mendesak, Anda bisa berhenti terlebih dahulu untuk mengangkat telepon penting dan membalas beberapa pesan singkat.