Bagaimana Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang?

begadang

Menurut KBBI, begadang adalah suatu kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat pagi datang. Kebanyakan mulai melakukan begadang karena mengerjakan pekerjaan saat malam, tetapi karena sering dilakukan tanpa disadari kegiatan saat begadang pun sudah tidak terlalu penting dan menjadi kebiasaan yang buruk yang dapat menimbulkan penyakit. Banyak sekali ahli yang berpendapat bahwa begadang memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Seperti pendapat dari Mahendra (2010), bahwa begadang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dan disebabkan oleh rusaknya sistem imun. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup agar organ bisa melakukan fungsinya dengan optimal.

Dari paparan diatas, sudah jelas bahwa begadang bisa memberikan dampak yang buruk bagi kita. Namun, masih banyak ditemui orang-orang diluar sana yang memiliki rutinitas yang padat sehingga harus melakukan begadang agar kegiatan mereka dapat terselesaikan. Entah itu menyelesaikan tugas dan pekerjaan, nongkrong dengan teman-teman hingga larut malam, bermain gadget, menonton film, membaca buku, dan masih banyak lagi. Sehingga, begadang sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup mereka yang sulit dihilangkan.

Menurut kalian, bagaimana cara kita untuk bisa menghentikan begadang yang sudah menjadi kebiasaan?

Referensi

Mahendra, B. (2010). Tubuh Anda Cerminan Kesehatan Anda. Jakarta: Penebar Swadaya

Beberapa Tips untuk mengatasi kebiasaan begadang

  1. Rutin berolahraga
    Rutin berolahraga, seperti jalan kaki, joging, hingga berenang, dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari. Namun, sebaiknya Anda jangan berolahraga beberapa jam sebelum tidur karena malah akan membuat Anda makin sulit terlelap.

  2. Jangan tidur siang terlalu lama
    Tidur siang terlalu lama dapat membuat Anda sulit tidur di malam harinya. Jika memang Anda tidak bisa menahan kantuk di siang hari, cobalah batasi waktu tidur siang selama 15-20 menit saja. Dengan begitu, kualitas dan jam tidur Anda di malam hari tidak akan terganggu.

  3. Membuat jadwal tidur yang teratur
    Memiliki jadwal tidur yang teratur dapat membantu Anda tidur lebih cepat di malam hari. Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Kebiasaan ini dipercaya dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan begadang.

  4. Kurangi penggunaan gadget 2 jam sebelum tidur
    gadget merupakan salah satu masalah yang paling membuat kita selalu begadang. maka dari itu sebaiknya jauhi gadget sebelum kalian tidur

Kebiasaan begadang dapat mengganggu siklus tidur dan berdampak buruk pada fungsi mental sekaligus tingkat energi di esok harinya. Bagi Anda yang ingin menghilangkan kebiasaan buruk ini, cobalah berbagai cara menghilangkan kebiasaan begadang yang mudah dilakukan.

  • Hindari stimulan di sore hari
    Stimulan seperti kafein dapat membuat Anda sulit tidur. Tidak hanya kopi, kafein juga terkandung dalam teh, cokelat, dan beberapa minuman ringan. Ditambah lagi, kafein dapat menghambat efek adenosine, yaitu senyawa kimia otak yang membantu Anda tertidur. Maka dari itu, cobalah menghindari stimulan seperti kafein setelah jam 1-2 siang.

  • Jangan tidur siang terlalu lama
    Tidur siang terlalu lama dapat membuat Anda sulit tidur di malam harinya. Jika memang Anda tidak bisa menahan kantuk di siang hari, cobalah batasi waktu tidur siang selama 15-20 menit saja. Dengan begitu, kualitas dan jam tidur Anda di malam hari tidak akan terganggu.

  • Rutin olahraga aerobik
    Rutin olahraga aerobik, seperti jalan kaki, joging, hingga berenang, dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari. Namun, sebaiknya Anda jangan berolahraga beberapa jam sebelum tidur karena malah akan membuat Anda makin sulit terlelap.

  • Buat jadwal tidur yang teratur
    Memiliki jadwal tidur yang teratur dapat membantu Anda tidur lebih cepat di malam hari. Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Kebiasaan ini dipercaya dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan begadang.

  • Jadikan kamar tidur sebagai tempat yang menenangkan
    Matikan lampu dan singkirkan segala hal yang mengeluarkan suara di dalam kamar tidur. Jadikan kamar tidur sebagai tempat yang menenangkan bagi Anda untuk tertidur.Setelah itu, lakukan aktivitas yang menenangkan, misalnya meditasi. Jika perlu, unduhlah aplikasi white noise di ponsel Anda untuk mengeluarkan suara alam yang menenangkan.

  • Makan sewajarnya
    Cobalah membiasakan diri Anda untuk makan beberapa jam sebelum jam tidur. Selain itu, biasakan untuk makan sewajarnya dengan porsi yang sedang.Sebab, makan dengan porsi berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan sehingga Anda akan sulit tidur dan malah begadang. Makan yang disarankan diantaranya yogurt, sereal, roti panggang dengan selai.

  • Jangan sering melihat jam
    Sering melihat jam dipercaya bisa membuat Anda tidak fokus untuk tertidur nyenyak. Cobalah untuk menaruh jam atau ponsel di tempat yang sulit dijangkau supaya Anda tidak tergoda untuk melihat jam.

  • Lakukan aktivitas menenangkan sebelum tidur
    Cara menghilangkan kebiasaan begadang selanjutnya adalah melakukan berbagai aktivitas menenangkan sebelum tidur.Ada banyak aktivitas yang bisa menenangkan tubuh dan pikiran Anda, seperti meditasi, mandi air hangat, mendengarkan lagu-lagu yang tenang, hingga meregangkan tubuh. Hindari aktivitas yang mengundang stres, seperti bekerja atau berdebat masalah perasaan dengan pasangan.

  • Matikan segala gawai
    Salah satu penyebab kebiasaan begadang adalah gawai alias gadget yang ada di sekeliling kita. Mulai dari menonton televisi, bermain game, menghabiskan waktu di media sosial, hingga memeriksa ponsel.Perlu diketahui, gawai dapat memancarkan cahaya biru yang terbukti bisa menekan kerja hormon tidur alias melatonin. Hindari penggunaan gawai sebelum tidur agar Anda bisa terhindar dari kebiasaan begadang.

Summary

Ini 11 Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang yang Mudah Dilakukan

Bagi saya untuk bisa tidur malam atau menghindari begadang adalah dengan cara tidak tidur siang. Karena dengan tidur siang maka kita seperti menyimpan energi untuk dimalam hari, sehingga kemungkinan kita akan begadang karena energi kita masih terjaga. Adapun anjuran dokter untuk tidur siang adalah sekitar 20-30 menit.

Selain itu kita bisa menghabiskan energi kita untuk seharian, ketika siang hari maupun sore hari. Sehingga ketika datang waktu malam tubuh kita sudah capek dan ingin beristirahat. Adapun aktivitasnya yang bisa menghabiskan energi kita ada banyak, bisa dengan membersihkan rumah, bekerja, ataupun berolahraga.

Summary
  • Thttps://www.halodoc.com/artikel/5-kebiasaan-yang-bisa-sebabkan-insomnia
Kalo aku sih ga tidur siang agar bisa ngantuk tidak terlalu malam, tempat tidur yang nyaman juga bisa menjadi pemicu munculnya rasa ngantuk, seperti kasur yang empuk, suhu ruangan cocok sama badan kita, selimut, guling, dll.

Terus yang bikin ngantuk adalah beraktivitas, kadang kala kalau habis kuliah, sekolah, kerja seharian sampai penat, lalu kita mengistirahatkan diri saat malam seperti duduk-duduk dan berbaring sebentar saja, maka otomatis rasa ngantuk akan timbul jadi kita bisa tertidur dimanapun.

Yang terakhir ngopi atau mengonsumsi kafein, bisa menjadi penyebab insomnia jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation tahun 2005 menemukan seseorang yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih minuman berkafein dalam sehari rentan mengalami gejala insomnia daripada mereka yang tidak meminum atau minum satu cangkir saja per hari. Jadi aku ngopinya di pagi hari, saat siang dan sore biar ngga ngantuk agar ngantuknya berkumpul semua ke malam hari sehingga bisa tidur cepat

Yang pertama dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan begadang yaitu cari dulu permasalahannya. Saya dulu sering melakukan begadang.Saya sering begadang untuk bermain game dengan teman saya. Cara saya mengatasi begadang saya mulai membiasakan lagi tidur tepat waktu. Saya usahakan menahan diri agar tidak bermain game malam hari. Awalnya saya kesusahan sekali dalam mengatur jam tidur karena saya sudah terbiasa begadang. Langkah awal yang saya lakukan yaitu mengurangi jam yang biasanya saya tidur. Biasanya saya tidur jam 5 atau 6 saya mundurin jadi jam 4 atau jam 5. Proses ini saya lanjutkan sampai jam tidur sesuai.

Saat ini begadang sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern untuk sebagian orang, khususnya yang tinggal di perkotaan. Rasanya, waktu 24 jam dalam sehari tidak cukup untuk mengerjakan semua hal yang harus dilakukan baik tugas sekolah, kampus, maupun pekerjaan.

Sebenarnya, begadang tidak boleh sering-sering dilakukan. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki keterbatasan dalam menanggung beban dari aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, setiap orang perlu tidur yang cukup, setidaknya 6 – 9 jam (untuk orang dewasa).

Kebiasaan begadang bisa berpengaruh pada fisik, salah satunya wajah yang lesu dan kantung mata yang hitam dan membesar, hipertensi, obesitas, dan penyakit lainnya. Sementara pengaruhnya pada psikis, yakni membuat kamu kesulitan berkonsentrasi, tidak bersemangat menjalani hari karena lelah, bahkan hingga depresi.

Cara Mengurangi Kebiasaan Begadang :

  1. Komitmen untuk Hidup Teratur
  2. Buat Suasana Tidur yang Nyaman
  3. Menjaga Pola Hidup Sehat
  4. Merelaksasi Tubuh Serta Pikiran
  5. Hindari Merokok dan Minum Kopi Saat Hendak Tidur
  6. Jangan Menonton Televisi Sampai Larut Malam

Yang perlu dilakukan untuk mengubah kebiasaan begadang adalah tidur lebih cepat dua tau tiga jam setiap malam, lalu mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup, segera sarapan setelah bangun tidur, makan siang di waktu yang sama, dan makan malam tidak lebih dari pukul 7 malam selama tiga pekan. Cara ini dinilai dapat menjadi rutinitas dan menghilangkan kebiasaan begadang.