Bagaimana cara menghibur seseorang yang sedang sedih tanpa berkata-kata?

menghibur seseorang yang sedang sedih tanpa berkata-kata

Sering kali kita tidak bisa berkata-kata dan memberikan saran ketika orang di dekat kita sedang bersedih. Lalu bagaimana cara menghibur seseorang yang sedang sedih tanpa berkata-kata ?

  1. Dekatilah orang tersebut. Untuk membantu seseorang yang bersedih, Anda harus bisa mendekati orang tersebut dan mulai bercakap-cakap.

  2. Berikan dukungan. Sampaikan bahwa Anda ingin mendukung teman tersebut.

  3. Tunjukkan empati. Bagian dari bersikap empatik adalah mencocokan perasaan atau emosi orang tersebut. Jika ia sedang sedih, Anda juga harus terlihat khawatir. Berusahalah untuk merasakan emosi orang lain dan cerminkan emosi tersebut. Jangan tersenyum atau tertawa saat seseorang sdang menangis atau sedih.

  4. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan. Anda bisa mengajukan pertanyaan yang relevan, terutama tentang bagaimana perasaan teman Anda saat ini. Pertanyaan yang relevan, bagaimanapun, adalah kunci untuk mencari solusi untuk masalah teman Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti “Apakah ini pernah terjadi sebelumnya padamu?”.

  5. Mencari solusi. Jangan berusaha untuk mendikte teman Anda atau mengguruinya. Tawarkan cerita atau pengalaman yang sama yang mungkin pernah Anda lalui untuk membantunya menemukan solusi atas permasalahannya.