Bagaimana Cara Menghentikan Kecanduan Game Online?

kecanduan game online

Game online adalah hal yang sangat mengasyikan dan seringkali membuat anak-anak bahkan dewasa merasa kecanduan dalam bermain game ini, banyak waktu dan uang dihabiskan demi game online. Bagaimana sih carannya agar menghentikan kecanduan game online ?

1 Like
  1. Hitung berapa lama Anda menghabiskan waktu di depan layar untuk memainkan game online
    Untuk membuat Anda lebih tersadar, Anda bisa mencoba sendiri menghitung waktu atau durasi yang Anda gunakan ketika bermain game online. Kalau perlu minta bantuan orang terdekat Anda untuk membantu Anda dalam menghitungnya.
    Atau Anda juga bisa membuat catatan sendiri agar Anda tahu dengan pasti berapa lama waktu yang Anda habiskan hanya untuk game online. Bahkan kalau bisa buat catatan hingga satu minggu dan kemudian lihat total penggunaan waktu yang Anda habiskan. Bandingkan dengan kegiatan Anda sehari-hari, mungkin Anda telah menggunakan waktu penting Anda untuk bermain game online saja.

  2. Kurangi perlahan-lahan, jangan sekaligus berhenti
    Setelah tahu bahwa Anda menghabiskan waktu 20 jam dalam satu minggu – yang berarti Anda menggunakan waktu seharian penuh – untuk bermain game online, maka sudah saatnya Anda menguranginya dengan perlahan.
    Susah memang jika harus menghentikan atau tidak melihat layar permainan sama sekali,karena itu coba untuk mengurangi durasinya. Misal dari yang 20 jam, Anda targetkan hanya 18 jam. Cobalah untuk membuat target mengurangi waktu bermain hingga 10% setiap minggunya, sehingga pada akhirnya di bulan berikutnya Anda hanya menghabiskan waktu sekitar 5 jam saja.

  3. Bulatkan tekad Anda untuk berhenti
    Hal yang paling penting dalam mengatasi segala kecanduan adalah niat – ini juga berlaku pada kasus Anda. Kuncinya di sini adalah bagaimana Anda dapat membuat prioritas dalam hidup Anda. Bila Anda menyadari bahwa banyak hal yang masih lebih penting ketimbang bermain game, maka Anda akan lebih mudah untuk membiasakan diri untuk tidak kecanduan game online.

  4. Jangan ragu untuk menyetel pengaturan otomatis
    Jika jam pengingat Anda tidak mempan untuk membuat Anda berhenti bermain, maka Anda bisa menggunakan fitur di dalam gadget Anda untuk mematikan otomatis. Hal ini perlu dilakukan untuk memaksa Anda berhenti melakukannya. Bila Anda sudah bisa mengendalikan diri dan dapat memberhentikan diri sendiri, maka Anda bisa menggunakan metode awal, hanya dengan jam pengingat saja.

  5. Setiap Anda bisa menghindari game online, beri β€˜hadiah’ pada diri Anda sendiri
    Bila Anda bisa mengendalikan diri Anda untuk berhenti pada waktu yang ditentukan maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan apresiasi pada diri. Misalnya, dengan melakukan hal-hal lain yang Anda sukai atau makan makanan yang Anda gemari – tentu bukan kembali bermain game lagi ya. Anda juga bisa memberikan waktu Anda tersebut untuk pasangan, keluarga, dan teman-teman Anda yang mungkin telah Anda tinggalkan selama ini akibat game online.

Referensi

Beberapa tips atau solusi cara mengatasi kecanduan game online, antara lain:

1. Bersungguh-Sungguh (Niat)

Langkah pertama agar bisa berhenti kecanduan harus ada niat dalam diri sendiri yaitu harus bersungguh-sungguh atau berjanji dengan diri anda sendiri tidak akan main game online lagi, namun awalnya pasti begitu sulit untuk melakukanya, tapi lambat laun pasti akan bisa.

2. Mempunyai Pikiran Hemat

Dengan menghitung banyaknya uang yang dikeluarkan untuk bermain game online di warnet akan membuat seseorang lebih berpikir untuk tidak menghabiskan uangnya demi game online.

3. Mencari Aktivis Lain

Mencari aktivitas lain yang positif dan lebih bermanfaat terutama kebiasaan yang disukai, seperti berolahraga, membaca buku atau bereaksi. Sehingga tidak ada waktu kosong untuk bermain game online.

4. Membatasi Waktu Bermain Game Online

Mengurangi waktu bermain dengan mulai menentukan jam bermain dan diusahakan mematuhi jadwal tersebut. Untuk tahap awal sehari bermain 3 jam dan untuk hari-hari berikutnya dikurangi sedikit demi sedikit.

5. Jangan Bergaul dengan Pemain Game Online

Maksud dari hal ini bukan tidak boleh berteman dengan pemain game melainkan jangan terlalu akrab karena ajakan dan pengaruh teman akan gampang mempengaruhi untuk bermain game online lagi.

6. Meminta Bantuan Orang Terdekat

Meminta tolong orang terdekat untuk sementara menjadi pengingat setiap kali hendak ke warnet atau ingin bermain game.

Penanganan adiksi internet menurut Young (Caldwell & Cunningham, 2010) menyebutkan
beberapa cara penanganan kecanduan game online dapat berupa:

  1. Mengurangi waktu bermain game

  2. Membuat jadwal pembagian waktu antara bermain game dan kewajiban

  3. Memberi dukungan sosial melalui orang atau teman bermain

  4. Terlibat langsung dengan pemain game sehingga mengetahui sejauh mana efek ketergantungan terjadi dan menjalin komunikasi yang baik agar tercipta suasana nyaman dan berada dalam kontrol yang baik.

1 Like

Susah Mas, saya saja yang setua ini masih doyan main asphalt 8 :slight_smile:
Kadang kalau lagi sadar sih kepingin berhenti rasanya, tapi sayang sudah susah payah bertahun2