Bagaimana cara menghapus kutek atau cat kuku tanpa menggunakan aseton?

kutek atau cat kuku

Cat kuku gel adalah cairan pernis yang dilekatkan pada kuku dengan menggunakan sinar UV untuk membuatnya menjadi keras. Jenis cat kuku ini dikenal tahan lama dan bisa bertahan selama 10 hari sampai 3 minggu. Bagaimana cara menghapus kutek atau cat kuku tanpa menggunakan aseton?

Cara Menghilangkan Kutek Tanpa Aseton

Kutek di kuku tidak lagi menarik dan Anda ingin menggantinya dengan pilihan warna atau motif lain? Atau, kutek tidak sengaja tumpah mengenai pakaian kesayangan? mengatasi hal ini, aseton umumnya menjadi pilihan utama.

Tak hanya aseton, membersihkan kutek juga bisa dengan sejumlah cara lainnya. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutek tanpa aseton yang bisa Anda coba di rumah.

1. Hair Spray

Di samping fungsi utamanya untuk menata dan menutrisi rambut, hair spray juga bisa difungsikan sebagai pembersih cat kuku, lho.

Cara menghilangkan aseton yang satu ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan hair spray dan kapas. Semprotkan hair spray pada kapas secukupnya. Kemudian, usapkan kapas pada kuku secara searah dan perlahan sampai kutek hilang seutuhnya.

Setelah cat kuku atau kutek hilang, jangan lupa untuk membersihkan kuku dengan air dan mengoleskan krim pelembab untuk menjaga kuku dan tangan Anda tetap terhidrasi.

2. Cuka dan Lemon

Cara menghilangkan kutek tanpa aseton selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cuka dan lemon.

Ya, kombinasi cuka dan lemon yang sama-sama memiliki sifat asam dinilai efektif untuk membersihkan cat kuku. Walaupun asam, cuka dan lemon tergolong aman bagi kuku karena keduanya bebas dari kandungan alkohol.

Sediakan 2 (dua) sendok makan cuka kemudian campurkan dengan beberapa tetes air perasan jeruk lemon. Tunggu selama 10-20 menit, lalu basahi kapas dengan air tersebut dan usapkan pada kuku Anda sampai kutek terangkat seluruhnya.

Ingat untuk membersihkan kuku dengan air dan mengoleskan krim pelembab setelahnya.

3. Hidrogen Peroksida

Selain aseton, hidrogen peroksida adalah zat kimia lainnya yang juga dianggap efektif untuk menghilangkan kuteks

Hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang memang umum dijadikan komposisi produk pemutih pakaian sehingga sudah jelas fungsi utamanya adalah sebagai penghilang noda. Hidrogen peroksida memicu pelepasan oksigen secara alami. Aktivitas ini yang kemudian membantu menghilangkan cat kuku alias kutek.

Campurkan setengah cangkir hidrogen peroksida dengan seperempat cangkir air hangat. Kemudian, rendam jari-jari Anda sambil mengelupasi kutek. Jika sudah selesai, bersihkan lagi kuku dengan air, keringkan, lalu oleskan krim pelembab.

4. Alkohol

Bahan kimia non-aseton lainnya yang bisa dijadikan cara menghilangkan kutek adalah alkohol.

Efektivitas alkohol mungkin tidak sebesar aseton. Dalam artian, cara ini mungkin akan lebih banyak memakan waktu sampai sisa-sisa cat kuku benar-benar hilang. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba menggunakan alkohol untuk membersihkan kutek.

Caranya juga sangat mudah, Anda tinggal membasahi kapas dengan cairan alkohol kemudian usapkan kapas ke kuku secara perlahan.

5 . Hand Sanitizer

Hand sanitizer adalah cairan atau gel antiseptik yang kegunaannya untuk membersihkan tangan dari kuman dan kotoran yang menempel. Akan tetapi, hand sanitizer juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kutek tanpa aseton.

Oleskan hand sanitizer secukupnya pada kuku-kuku Anda, kemudian diamkan selama beberapa saat sampai kutek yang menempel pada kuku melunak. Setelah itu, kikis kutek menggunakan kapas atau kain halus. Bersihkan kuku dengan air dan olesi pelembab.

6. Pasta Gigi

Persediaan aseton Anda habis dan belum sempat membelinya lagi? Jika tidak ingin repot-repot keluar rumah, gunakan saja pasta gigi di kamar mandi untuk membersihkan kutek yang menempel pada kuku.

Ya, menggunakan pasta gigi adalah cara menghilangkan kutek tanpa aseton yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Oleskan pasta gigi pada kuku-kuku jari Anda, kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, kikis kutek menggunakan kapas atau kain halus.

Setelah kutek tak lagi tersisa, bersihkan kuku dan tangan sekali lagi dengan air.

7. Baking Soda

Alternatif cara menghilangkan kutek tanpa aseton yang juga layak Anda coba adalah menggunakan baking soda. Baking soda memiliki sifat abrasif sehingga dapat membantu mengikis cat kuku.

Cara menggunakan baking soda untuk membersihkan kutek yakni dengan mencampurkannya dengan air hangat hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada kuku Anda dan diamkan selama beberapa saat.

Kemudian, usap kuku dengan kapas sampai cat kuku terangkat seluruhnya. Terakhir, bersihkan kuku dengan air dan oleskan pelembab agar kuku dan tangan tidak mengalami dehidrasi.

8. Alat Pengikir Kuku

Kutek yang sudah lama berada pada kuku akan berkurang ketebalannya. Pun, kutek jadi lebih rapuh. Jika kasusnya seperti ini, maka Anda dapat menerapkan cara menghilangkan kutek tanpa aseton yang satu ini.

Adalah pengikir kuku yang mana alat ini cukup efektif untuk mengangkat cat kuku yang sudah mulai rapuh. Kendati demikian, cara ini juga harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Pasalnya, aktivitas mengikir kuku yang dilakukan secara kasar dan tergesa-gesa justru berpotensi merusak kuku Anda.

Untuk meminimalisir kerusakan kuku, selain menggosok kuku secara perlahan Ada baiknya Anda merendam kuku terlebih dahulu di air hangat untuk melunakkan kutek. Setelah itu, barulah gosok kuku. Bersihkan sisa kutek dengan air guna mengakhiri proses ini.

Kita mungkin pernah berada dalam situasi ingin menghapus cat kuku lama, baik dengan cara melapisi cat kuku baru atau mengelupaskan kuku hingga bersih dan menyadari sudah kehabisan penghapus cat kuku. Jika Anda adalah penggemar cat kuku kerlip ( glitter polish ), Kita mungkin juga menyadari bahwa menghapus cat kuku tersebut dengan aseton murni membutuhkan waktu yang lama. Untungnya dalam kedua situasi ini, ada sejumlah cara untuk menghapus cat kuku menggunakan berbagai produk rumah tangga biasa.

1 Gunakan alkohol dan produk berbahan alkohol untuk mengelupas cat kuku. Semakin kuat kandungan alkoholnya, semakin baik alkohol ini bekerja. Tentu saja, langkah pertama adalah menggunakan isopropil alkohol, dikenal juga sebagai alkohol gosok, tetapi ada produk-produk lain yang mengandung alkohol (atau etil glikol) di dalamnya. [1]Jika Anda melihat bahan ini tercantum pada produk alkohol di rumah, produk tersebut mungkin efektif untuk menghapus cat kuku:

  • Parfum
  • Semprot rambut
  • Deodoran semprot
  • Alkohol gosok[2]
    • Sementara spiritus alkohol tidak bisa menjadi pilihan utama, minuman beralkohol tinggi dan bening seperti vodka, grappa , atau gin bisa digunakan untuk menghapus cat kuku. Anda harus merendam kuku selama 10-20 menit di dalam minuman keras tersebut untuk hasil terbaik.

2 Gunakan cuka putih atau larutan cuka yang dicampur dengan air perasan lemon, untuk menghapus cat kuku. Cuka bersifat asam dan merupakan pembersih serbaguna dan alami yang tersedia di rumah. Jadi, masuk akal jika cuka bisa digunakan untuk mengelupas cat kuku. Agar hasilnya lebih baik, peraslah setengah buah lemon atau jeruk untuk mendapatkan kekuatan pembersih buah jeruk.

  • Rendamlah jari-jari selama 10-15 menit sebelum menghapusnya. Saat direndam, kelupaslah cat kuku dengan kuku lain untuk mempercepat proses.

3 Gunakan pasta gigi biasa untuk menggosok cat kuku. Hanya dibutuhkan secuil pasta gigi saja. Kemudian, mulailah menggosok dengan sikat gigi bekas atau tisu. Biasanya, pasta gigi putih bekerja dengan baik ketika mengangkat dan menarik cat kuku.

  • Selain itu, pasta gigi dengan soda kue, larutan pembersih alami yang populer, sering kali memberikan hasil terbaik

4 Campurlah dua bagian hidrogen peroksida dengan satu bagian air panas dan rendam kuku selama 10 menit. Ini berarti jika menggunakan sekitar 250 ml air panas, Anda harus menggunakan 500 ml hidrogen peroksida. Rendamlah kuku dalam air terpanas yang tersedia, dengan mengelupaskan cat pada kuku menggunakan jari-jari yang tidak direndam, lalu kikirlah cat kuku dengan pengikir kuku.

5 Sebagai alternatif, gunakan pelarut atau penghapus cat yang kuat, meskipun tidak dianjurkan. Ini bukan solusi untuk sehari-hari karena bahan-bahan kimia ini bisa berbahaya. Namun, bahan-bahan ini bisa menghapus cat kuku, sering kali secepat penghapus cat kuku. Produk berikut harus menjadi pilihan terakhir dan digunakan di daerah berventilasi baik:

  1. Jika Anda ingin kuku Anda tetap bersih sempurna tanpa harus menggunakan aseton dan juga memiliki sedikit waktu untuk melakukannya, maka solusi terbaik adalah membuat penghapus cat kuku buatan sendiri berikut ini. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu dua bahan: isopropil alkohol dan gula putih. Tambahkan sedikit gula dan beberapa tetes alkohol ke dalam mangkuk kecil dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian, rendam kapas pada campuran ini dan kemudian lepaskan cat kuku Anda seperti biasa. Anda akan melihat bahwa itu bekerja dan Anda dapat membuat kuku Anda sempurna.

  2. Punya beberapa cat kuku bening di rumah? Jika demikian, ini juga akan membantu Anda melepas cat kuku lama Anda tanpa penghapus cat kuku. Oleskan lapisan gloss bening ke kuku Anda dan tanpa membiarkannya kering, lepaskan dengan cepat menggunakan kapas. Cat kuku yang sudah kering akan melembut dan dengan mudah dihilangkan, sehingga Anda dapat memiliki kuku yang sempurna dalam beberapa menit dan jika, selain itu, ini juga akan meningkatkan penampilan Anda secara keseluruhan.

  3. Baik semprotan deodoran maupun hair spray mengandung komponen yang mirip dengan aseton, sehingga mereka juga bisa membuat Anda keluar dari masalah dan membuat kuku Anda bersih. Oleskan jumlah yang sangat kecil pada masing-masing kuku Anda dan lepaskan cat kuku Anda langsung dengan kapas; penting untuk tidak menunggu deodoran atau hairspray mengering karena akan memiliki efek sebaliknya dan semakin memperkuat cat kuku.

  4. Parfum atau semprotan tubuh apa pun yang ada di tas makeup Anda dapat digunakan untuk menghilangkan cat kuku tanpa aseton, karena parfum ini sering mengandung persentase alkohol efektif ini. Oleskan beberapa produk ini pada masing-masing kuku Anda dan, juga dengan perawatan lain, lepaskan cat kuku Anda segera dengan kapas.

  5. Perawatan buatan rumah lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan cat kuku adalah dengan membuat campuran cuka putih dan jus lemon. Tambahkan bagian yang sama dari kedua bahan ke dalam mangkuk dan kemudian gunakan seperti penghapus cat kuku biasa.

  6. Tahukah Anda bahwa Anda juga bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan cat kuku tanpa aseton? Yang benar adalah pasta gigi mengandung etil asetat, komponen yang ditemukan di sebagian besar penghapus cat kuku komersial yang memiliki aseton. Karena itu, Anda dapat memanfaatkan kekuatan pasta gigi untuk menghilangkan cat kuku tanpa efek aseton yang berbahaya.

  7. Terlepas dari trik-trik kecil yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah, Anda harus tahu bahwa Anda dapat membeli penghapus cat kuku bebas aseton yang tidak akan merusak kuku Anda dan itu juga sempurna untuk wanita yang memiliki kuku rapuh. Anda juga akan menemukan formula yang diperkaya dengan bahan pelembab dan minyak esensial yang menyehatkan kuku dan mencegahnya menjadi terlalu lemah.

  8. Jika begitu Anda telah membersihkan kuku dan ingin mengulanginya dengan warna yang luar biasa, selain memilih warna, Anda harus memastikan bahwa Anda tahu cara membuat cat kuku bertahan lebih lama.