Bagaimana cara menghafal dengan cepat?

Ada banyak informasi yang ada tapi apakah semua sanggup menghafal sedetail mungkin apa yang telah di sampaikan semisal saja pada saat ada seminar mungkin kita tidak bisa mengahafal/mengingatnya dengan pasti maka dari itu apakah ada cara cepat untuk menghafal

Beberapa orang mengatakan bahwa menghafal itu sulit tapi jika kalian mengetahui cara menghafal kalian sesuai dengan tipe belajar kalian,pasti akan sangat mudah untuk menghafalnya.Apakah itu dengan cara visual learner,auditory learner atau experimental learner,tetapi ada juga beberapa cara yang paling disukai dan ter bukti mampu membuat seseorang menghafal dengan cepat yaitu:

Mencari tempat dengan suasana yang kondusif

Untuk menghafal kalian harus benar-benar ada pada posisi relax dan biasanya beberapa ornag menyiapkan secangkir teh hijau untuk menemani kalian untuk menghafal karena menurut sebuah riset penelitian bahwa the hijau merupakan katalisator alami untuk meningkatkan memori otak.

Umur semakin bertambah maka racun kimia yang ada di dalam otak juga semakin banyak dan melakukan aksinya yaitu merusak neuron dan sinapsis yang merupakan bagian dari saraf sehingga mampu menurunkan cara kerja otak dan intensitas ingatan yang ada di memori kepala kita tetapi dengan meminum teh hijau yang mengandung senyawa-senyawa yang mampu meregenerasi sel pada otak dan mampu mempertahankan kerja otak dengan maksimal

Merekam hal-hal yang penting

Ini sangat berguna jika kamu ingin menghafal sebuah informasi dari dosen dengan lengkap. Gunakan alat perekam untuk merekam semua hal penting yang kamu butuhkan , jika kamu ingin mencoba menghafal sebuah pidato coba rekam suara kamu sendiri dengan membaca pidato tersebut dan dengarkan pidato tadi berulang-ulang.

Bukan hanya pidato tetapi juga banyak hal bisa kamu rekam untuk kamu hafal dengan cepat,cara yang satu ini sangat cocok dengan orang yang mempunyai tipe auditory learner

Membuat poin-poin pada catatan anda

Sebelum kamu menghafal sesuatu sebaiknya kamu tulis terlebih dahulu sehingga ketika kamu menulis tadi ada beberapa kata-kata yang tertinggal di otak kamu sehingga jika kamu menghafal nanti kata-kata itu menjadi begitu familiar, nah sebelum cara ketiga ini tadi ada cara kedua yaitu dengan merekam suara kamu sendiri sekarang coba tulis hasil rekaman kamu tadi hal ini juga mempercepat kalian untuk menghafal bagi tipe experiment learner.

Mencoba menghafal dengan cara berulang

Untuk setiap baris coba mengahafal tanpa melihat tulisan yang tadi kamu telah tulis,lakukan berulang-ulang sampai kamu menghafalnya jangan pindah ke baris selanjutnya jika belum menghafal baris sebelumnya.

Ajarkan kepada orang lain atau dirimu sendiri

Metode ini merupakan metode yang paling efektif untuk saya ketika berada di bangku sekolah dimana saya mengajarkan suatu hal kepada oranglain tetapi jika kamu belum malu kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara contohnya mengajarkan pada diri kamu sendiri dengan berdiri depan cermin dan jelaskan apa yang ingin kamu sampaikan

Dengarkan rekaman yang telah kamu buat secara berkelanjutan

Cara ini merupakan cara yang paling santai yaitu jika kalian sedang melakukan aktivitas sehari-hari seperti menyapu,mencuci atau berada dalam perjalanan kalian bisa mendengarkannya secara berulang-ulang dan mengikuti kata demi kata secara perlahan pasti kamu akan menghafalnya

Refreshing otak

Langkah ini merupakan langkah terakhir yaitu dengan membiarkan otak beristirahat sejenak (melakukan rehat ) dalam waktu singkat dan kembali menghafalnya karena jika kalian memaksakan otak kalian pasti tidak bisa menerima dengan baik apa yang kamu ingin hafal tadi ada kemungkinan otak kalian tidak bisa focus

Orang suka bercanda bahwa satu-satunya yang “dipelajari” disekolah adalah bagaimana cara menghafal. Ternyata, itu bukan kasus dari kebanyakan kita. Jika kita berkeliling dan bertanya kepada beberapa orang bagaimana cara menghafal dengan cepat, kebanyakan orang mungkin menjawab dengan cara mengulangnya.

Itu sangat jauh dari kebenarannya, ini biasanya berjalan di kantor. Jika kamu mau mengingat sesuatu dengan cepat dan menyeluruh, pengulangan tidak akan memotongnya. Masalahnya adalah mengingat sesuatu merupakan pembelajaran dan kami belajar dengan cara yang berbeda-beda.

Berikut beberapa cara mengingat dengan cepat.

1. Persiapan

Untuk mengoptimalkan proses penghafalan, perhatikan lingkungan yang anda pilih. Bagi banyak orang, ini berarti memilih tempat dengan sedikit gangguan, meskipun beberapa orang berkembang dari belajar di tempat umum. Mencari tahu apa yang paling kondusif bagi mempelajaran anda sehingga anda bisa memulai dengan baik.

2. Catat apa yang dihafalkan

Ini sangat berguna ketika kamu mencoba untuk menghafalkan informasi dari ceramah. Gunakan tape rekorder untuk mencari semua fakta yang diperoleh dan dengarkan. Jika anda mencoba menghafalkan teks pidato, rekam diri anda yang sedang membaca atau berpidato dengan suara keras dan dengarkan diri anda yang sedang berbicara. Ini sangat membantu bagi para pendengar, tapi ini juga berguna karena anda dapat memastikan lebih banyak konteks dari ceramah yang membantu anda mempelajari informasi lebih cepat.

3. Tulis semuanya

Sebelum anda mulai mencoba mengigat semuanya dari ingatan anda, tulis dan tulis ulang informasinya. Ini akan membantu anda untuk lebih terbiasa dengan apa yang ingin anda hafalkan. Melakukan ini sambil mendengarkan tape rekorder juga bisa membantumu untuk mengkaji lebih banyak data. Ini sangat berguna untuk pelajar yang berpengalaman.

4. Bagian catatan

Sekarang anda memiliki semuanya yang telah ditulis dalam satu catatan, pisahkan merekan dan eberapa bagian. Ini sangat ideal untuk peljar visual, terutama jika anda menggunakan pengkodean warna untuk membedakan beberapa subjek. Ini akan membantu anda untuk memecahkan semuanya dan mulai mengelompokkan informasi yang tercatat di otak anda.

5. Terapkan pengulangan

Untuk setiap baris pada teks, ulangi beberapa kali dan cobalah untuk mengingatnya tanpa melihat teks. Saat anda menghapalkan tiap baris tekks, jadilah kumulatif dengan menambahkan informasi baru ke dalam apa saja yang telah anda pelajari. Ini akan segala sesuatu dalam ingatan jangka pendek anda agar tidak memudar.

Terus lakukan ini sampai anda menghafal bagian itu dan anda bisa mengingat semuanya. Jangan beralih kebagian lain sampai anda menghafal bagian itu sepenuhnya. Ini sebagian besar adalah pembelajaran visual, tapi jika anda berbicara dengan keras, maka anda juga menerapkan pembelajaran audio.

6. Tuliskan semua yang telah di ingat

Sekarang anda bisa mengingat keseluruhan bagian, tlis semuanya dari ingatan. Ini akan memperkuat semua hal yang baru anda pelajari dengan menerapkannya secara eksperimental.

7. Ajarkanlah pada seseorang(atau diri sendiri)

Metode yang paling efektif untuk beberapa orang adalah mengajarkan informasi tersebut kepada orang lain. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa memberi ceramah pengetahuan kepada seseorang yang ada di sekitar anda (atau cermin, ketika anda tidak dapat meyakinkan kepada siapapun untuk mengatasinya) dan jelaskan semuanya dengan lantang.jika apa yang anda telah pelajari perlu dibacakan secara verbal, maka lakukan ini didepan seseorang juga untuk merasakan bagaimana rasanya membaca teks tersebut kepada khalayak yang dituju.

8. Dengarkan rekaman secara terus menerus

Sambil melakukan tugas yang tidak berhubungan seperti mencuci, atau menyetir, dengarkan kembali informasinya dengan menggunakan tape rekorder. Ini merupkan pembelajaran audio, itu akan melengkapi semua hal yang telah anda masukkan ke dalam memori jangka pendek.

9. Istirahat

Akhirnya, biarkan pikiran anda bernafas dan beristirahat. Luangkan waktu singkat tanpa memikirka apa saja yang telah dipelajari dan nanti kembali untuk belajar. Anda akan menemukan apa yang benar-benar anda ketahui dan ini akan membantu anda untuk focus pada bagian kelemahan anda.


1. Fokus

Sebagian besar waktu saat melakukan pekerjaan tertentu, seseorang mungkin kurang memperhatikannya dan karena itu dia mungkin akan melupakan kejadian atau pekerjaannya nanti. Perilaku semacam ini bisa menciptakan jenis memori tertentu.

Ada kemungkinan orang itu mungkin melupakan apa sebenarnya yang seharusnya dia lakukan. Kehilangan memori semacam ini hanya bisa terjadi karena perilaku lalai. Jadi waspada dapat menghemat untuk melupakan sesuatu dengan mudah, berkonsentrasi tidak akan membiarkan pikiran mengabaikannya.

2. Melibatkan ide kreatif secara visual:

Terkadang pikiran manusia memainkan jenis trik tertentu pada tubuh manusia, dan akibatnya bisa sedikit rumit. Terkadang orang mencoba mengingat sesuatu yang penting, namun karena beberapa masalah, dia mungkin lupa mengingat benda itu, dengan memvisualisasikan hal-hal yang bisa mengembalikan ingatan.

Hal ini bisa terjadi bila pikiran manusia menyimpan citra benda itu dalam pikiran. Jadi ide kreatif adalah salah satu tip untuk menghafal dengan cara yang cepat.

3. Mencatat

Seseorang dengan ingatan buruk mencoba mengembalikan ingatan. Cara tertentu dapat membantu dia mengingat hal-hal tertentu dalam hidup mereka yang mungkin bisa membantu hanya dengan satu hal, yaitu menuliskan hal-hal itu. Ini bisa digunakan sebagai pengingat dan bahkan jika dia melupakan hal itu maka mereka bisa mendapatkan kembali itu dengan membaca di mana dia telah menulisnya sebagai pengingat.

4. Cobalah dan hapal dengan melibatkan diri dalam hal-hal sehari-hari Anda:

Sebagian besar orang mencoba mengingat barang dengan melibatkan mereka dalam kehidupan praktis mereka. Memegang ingatan yang baik akan sesuatu menciptakan perbedaan dengan kecerdasan manusia. Seseorang dengan daya ingat yang baik bisa lebih pintar dari yang lain.

Oleh karena itu, mereka yang memiliki daya ingat yang sangat baik, ada kemungkinan mereka melibatkan daya ingat mereka dalam kehidupan sehari-hari secara umum.

5. Menjaga jam tidur sehat:

Jika seseorang yang aktif di malam hari dapat memanfaatkan waktu tidurnya untuk mengingat hal-hal tertentu dan yang dapat mempengaruhi tidurnya, maka pada akhirnya ia mungkin sampai pada tingkat di mana mereka mungkin merasa sedikit malas dan tidak sehat karena Kurangnya tidur dan ini membuat mereka kehilangan ingatan mereka. Stres

umumnya akan menjadi alasan tidur yang tidak semestinya. Jadi tidur nyenyak menghindari kehilangan ingatan dan terbukti sebagai tip terbaik untuk menghafal.

source: http://www.wikihow.com/Memorize