Bagaimana Cara Menggunakan Vancomycin dengan Benar?

image

Vancomycin adalah obat golongan antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri Clostridium difficile (C.diff), seperti diare, nyeri perut, dan radang usus dengan menekan pertumbuhannya.
Bagaimana Cara Menggunakan Vancomycin dengan Benar?

Obat ini biasanya disuntikkan ke vena, biasanya 2 atau 2 kali sehari atau sesuai anjuran dokter. Obat ini harus disuntikkan perlahan selama 1-2 jam. Dosis obat ini berbeda-beda berdasarkan kondisi kesehatan, berat badan, fungsi ginjal, dan respon terapi Anda. (Lihat juga Efek Samping.)

Jika Anda menggunakan obat ini sendiri di rumah, pelajari semua aturan persiapan dan penggunaan dari penyedia layanan kesehatan. Sebelum menggunakan, periksa produk ini apakah tercemar atau ada perubahan warna. Jika ada, jangan menggunakan obat ini. Bacalah cara penyimpanan dan buang kemasannya bekasnya secara benar.

Saat meminum obat ini, campur setiap dosis dengan minimal 30 mL air sebelum menelannya.

Antibiotik bekerja dengan baik saat jumlah obat di tubuh Anda tetap dalam kadar yang konstan. Jadi, gunakan obat ini dengan interval yang kurang lebih sama.

Lanjutkan penggunaan obat ini hingga yang diresepkan habis, walaupun gejala menghilang setelah beberapa hari.

Menghentikan obat terlalu cepat dapat membuat bakteri lanjut berkembang, yang akhirnya kembali terinfeksi.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Sumber : hellosehat.com

https://hellosehat.com/obat/vancomycin/