Bagaimana cara menggemukan kucing dengan sehat

kucing

Bagaimana cara menggemukan kucing dengan sehat?

Ada 3 langkah yang bisa dilakukan:

1. Cek kondisi kucing

Sebelum menggemukkan kucingmu yang kurus, kamu harus tahu berat ideal kucingmu. Jangan sampai kucingmu sebenarnya sudah berada dalam level berat yang ideal tapi kamu masih ingin membuatnya lebih gendut. Kucing gendut memang tampak lebih lucu, tapi kalau kegendutan juga enggak baik buat kesehatannya, loh! (Baca juga: Obesitas Ancam Nyawa Kucingmu! Ini 3 Nutrisi Penting yang Bisa Menyelamatkannya). Kucing dengan berat ideal bisa dilihat dari tulang rusuknya. Kamu harus bisa merasakan tulang rusuknya saat kamu menyentuh bagian tengah tubuhnya, tapi jangan sampai tulangnya terlihat jelas di balik kulitnya.

Selain mengetahui berat ideal, alangkah baiknya kamu membawa si meong ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan. Jika kucingmu makan banyak tapi tetap kurus, kamu sebenarnya patut waspada karena kucingmu bisa saja sakit. Dokter akan bisa memberitahukanmu keadaan kucing dan memberi saran apa yang sebaiknya kamu lakukan dan tidak lakukan.

2. Meningkatkan kualitas makanan

Pencernaan kucing sangat bergantung pada tingkat protein. Jadi, jika tingkat protein pada makanan kucingmu tidak optimal, penyerapan kalori pun menjadi tidak optimal. Kucing yang ingin gemuk sebaiknya mengkonsumsi makanan mengandung protein dan lemak dengan kadar tinggi. Jika kucingmu memiliki berat di bawah berat ideal, pastikan kamu memberikannya makanan dengan kadar protein kurang lebih 30% dan lemak sekitar 20%.

Jika kucingmu memiliki masalah nafsu makan, coba berikan opsi makanan basah untuknya. Makanan yang terlalu kering terkadang membuat kucing tidak ingin makan atau kesusahan mencernanya. Tidak hanya lebih menarik untuk kucingmu, nutrisi pada makanan basah juga lebih mudah terserap. (Baca juga: Mungkin Kucingmu Ingin Makan Bareng Kamu! Ini 7 Tips Mengatasi Kucing yang Susah Makan!)

3. Perbanyak makan

Memperbanyak makan kucingmu bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu meningkatkan asupan kalori dan menambah jadwal makan. Memberi makan yang banyak tidak berarti memberikan porsi makanan yang banyak, melainkan kandungan kalori yang tinggi. Jika kucingmu memiliki kebiasaan susah menghabiskan makan, berarti kamu harus mengganti taktikmu. Berikan makanan dalam porsi sedikit, tapi frekuensi makan ditambah. Selain makanan inti, berikan juga treat di sela-sela jam makannya.

Kamu juga bisa memanjakan kucingmu sesekali dengan memberikannya makanan kaleng yang mengandung daging 100%. Dengan begitu, konsumsi protein dan lemak bertambah cukup tinggi. Namun, makanan kaleng hanya bisa diberikan sebagai makanan sampingan. Kamu tetap harus memberikan makanan sehari-harinya untuk masukan kalori yang cukup.