Bagaimana cara mengetahui sebuah program bekerja dengan baik atau tidak?

Dalam membuat sebuah program yang benar-benar sukses, tentu diperlukan sebuah eksperimen yang berulang-ulang sehingga sebuah program dapat berjalan dengan baik, namun bagaimana cara mengetahui sebuah program bekerja dengan baik atau tidak ?


Program yang Berjalan dengan Baik dan Benar


image

Program komputer atau sering kali disingkat sebagai program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor. Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer.

Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai kode sumber, bentuk program yang memungkinkan programmer menganalisis serta melakukan penelaahan algoritma yang digunakan pada program tersebut.Kode sumber tersebut pada akhirnya dikompilasi oleh utilitas bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program. bentuk alternatif lain model pengeksekusian sebuah program adalah dengan menggunakan bantuan interpreter, kode sumber tersebut langsung dijalankan oleh utilitas interpreter suatu bahasa pemrograman yang digunakan.

Program memang juga dapat mengalami error. Salah satunya adalah pada saat dijalankan program tersebut mengalami crash atau biasanya terdapat bug. Cara agar kita mengetahui bahwa program tersebut berjalan dengan baik dan benar yaitu dengan mengetesnya terlebih dahulu.

Ciri-Ciri program yang bekerja dengan baik dan benar adalah sebagai berikut :

  1. Program tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun.
  2. Pada saat program dijalankan, tidak mengalami not responding
  3. Program tersebut tidak crash pada saat dijalankan.
  4. Pada saat proses membuka program, program tersebut cepat terbuka
  5. Program tersebut melakukan hal sesuai prosedur algoritmanya.

Masih banyak lagi cara mengetahui bagaimana sebuah program dapat berjalan dengan baik dan benar. Tentunya seorang user tidak menyukai jika program yang dia pakai sering mengalami error. Tetapi semua juga tergantung pula cara dia memakai dan apa yang dipakai untuk menjalankan sebuah program. Tentu setiap program juga terdapat System Minimum Requirement sendiri. Jika user menggunakan komputer dibawah sistem minimum, maka program tersebut biasanya berjalan kurang baik, tidak bisa dijalankan, atau ada saja masalahnya.

Source :

Sebuah komputer tidak dapat mengerjakan apapun tanpa adanya perintah dari manusia. Perintah-perintah yang terstruktur dan sistematis untuk membuat agar komputer dapat bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan disebut program. Komputer dapat diprogram untuk berbagai hal misalnya untuk melakukan perhitungan suatu ekspresi matematika, memainkan lagu, mengurutkan sekumpulan data, melakukan permainan (games), menggambar dan sebagainya.

Program-program semacam itu dibuat oleh manusia, syarat utama dalam membuat program komputer adalah perintah-perintah yang diberikan dalam program tersebut harus dimengerti oleh komputer. Komputer hanya dapat mengerti sebuah bahasa yang disebut bahasa mesin.

Bahasa yang sangat berbeda dengan bahasa manusia dan terlebih lagi akan amat menyulitkan untuk membuat sebuah program dalam bahasa mesin ini. Manusia menginginkan sebuah bahasa komputer yang sederhana yang dapat dimengerti dan mudah dipelajari oleh manusia sekaligus dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa komputer tersebut disebut bahasa pemrograman (programming language).

Yang perlu diingat, konsep bahasa pemrograman adalah merubah/menerjemahkan perintah-perintah (program) yang diberikan oleh manusia ke dalam bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer. Tapi bagaimana jika perintah yang diberikan dan di buat sebuah program bekerja tidak sesuai dengan yang diharapkan ?. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui program bekerja dengan baik atau sebaliknya, dengan melakukan pengecekan salah satunya, metode ini umum dilakukan dan cara terbaik untuk dilakukan dalam pengecekan sebuah program berkerja dengan baik atau tidak.

Adapula dengan perbandingan, caranya dengan membandingkan algoritma yang telah dibuat sebelum dibuatnya program tersebut dan hasil outputan dari program tersebut apakah sama, jika sama berarti program tersebut bekerja dengan baik, namun sebaliknya jika output yang dihasilkan tidak sesuai, maka program tersebut harus di cek ulang mulai dari algoritmanya sampai sintaksis bahasa pemrograman yang digunakan.

Input data juga berpengaruh pada proses runing dari program tersebut jika nilai inputan yang dimasukkan tidak sesuai dengan apa yang diminta server, maka program tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Logika saja, jika diperumpamakan program itu sebagai mesin atm dan inputannya adalah kartu gamefantasia, setelah di inputkan / dimasukkan kartu ke mesin atm sebagai programnya, kartu memang bisa di inputkan, namun akan terjadi error disana, karena mesin atm hanya akan membaca kartu atm sesuai bank yang dipakai. Itu menandakan sebuah program dapat bekerja dengan baik atau tidak dapat dilihat dari nilai inputannya.

Sumber :man_technologist: :

Sebuah program dapat bekerja dengan baik jika memenuhi hal-hal berikut :

  1. Tidak ada kendala atau error baik ketika diawal hingga akhir program. Biasanya program tidak dapat dijalankan ketika ada kekurangan saat dieksekusi,
  2. Algoritma dan logika bisa dipahami oleh komputer,
  3. Tidak ada masalah ketika debugging atau pengecekan,
  4. Saat di eksekusi tidak menimbulkan Syntax error, Run-time error, Logic Flaw, dan lain sebagainya,
  5. Memenuhi standar atau minimun system requirement. Ketika menjalankan sebuah program yang standar system requirementnya tidak sesuai dengan kemampuan komputer biasanya terdapat kendala dalam menjalankan program tersebut. Atau bisa juga menyebabkan komputer crash
  6. Komponen dan masukan yang dibutuhkan untuk menjalankan program tersebut terpenuhi, jika tidak terpenuhi maka program tersebut tidak dapat dijalankan,
  7. Program tersebut memenuhi atau menjawab kebutuhan user