Bagaimana cara mengembang biakkan ikan arwana ?

Arwana Asia (Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan.

Bagaimana cara mengembang biakkan ikan arwana? Apa saja yang perlu di persiapkan ?

Arwana super red ini diminati oleh banyak orang sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa ikan yang Anda telah pelihara dengan susah payah tidak akan laku di pasaran. Jika Anda tidak mempunyai modal yang cukup, maka Anda sebaiknya memilih ikan arwana silver yang harga bibitnya tidak terlalu mahal. Jika Anda telah berhasil memelihara arwana silver dan berhasil menjual dengan keuntungan yang cukup barulah Anda perlahan bisa beralih ke arwana super red.

Usia induk arwana yang siap untuk dikembangbiakkan adalah 4 tahun atau lebih. Sebaiknya Anda memisahkan ikan arwana indukan dengan arwana lainnya karena Anda harus memberi ikan indukan dengan makanan khusus yaitu udang. Arwana remaja yang berumur sekitar 2 tahun juga membutuhkan udang sehingga keberadaannya harus dipisahkan dengan ikan dewasa karena ikan dewasa yang pergerakannya lebih lambat bisa kalah saing dengan ikan remaja yang lebih cepat.

Jika hal seperti itu terjadi maka ikan dewasa akan kurang nutrisi sehingga tidak dapat menghasilkan bibit yang bagus. Lalu bagaimana cara membedakan ikan jantan dengan ikan betina? Ikan betina memiliki tubuh dan kepala yang lebih kecil dibandingkan dengan ikan jantan. Jika Anda sudah memulai untuk memelihara ikan arwana ini maka Anda akan paham dengan sendirinya dalam menentukan jenis kelamin ikan ini.

Anda harus benar-benar tahu mana ikan arwana yang telah menemukan pasangan. Biasanya ikan yang sudah menemukan pasangannya ketika berenang akan sering berdampingan. Menjodohkan ikan arwana tidaklah sulit, ketika di dalam kolam atau akuarium terdapat ikan yang berlawanan jenis maka ikan-ikan tersebut dapat berjodoh dengan sendirinya. Untuk melihat ciri ikan arwana yang telah berjodoh adalah kedua ikan akan berenang memutar dengan kepala dan buntut saling menempel.

Jika Anda menemukan dua ikan arwana dengan gelagat demikian maka Anda harus segera memindahkan ke kolam atau akuarium tersendiri agar kedua ikan itu dapat berkembang biak dengan baik. Ikan arwana tidak perlu mendapatkan bantuan saat pembuahan dan bertelur. Ketika ikan arwana betina mengeluarkan telur maka ikan arwana jantan seolah memakan telur tersebut. Sebenarnya telur ikan tersebut akan dibuahi oleh ikan arwana jantan sampai keluar larva. Larva yang sudah dikeluarkan oleh ikan arwana jantan biasanya yang sudah berumur 8 minggu. Jadi, begitulah cara memelihara ikan arwana

sumber: https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-ikan-arwana