Bagaimana cara mengeluarkan benda asing dari hidung?

benda asing di hidung

Kasus benda asing di hidung paling sering terjadi pada anak, terutama 1-4 tahun, anak cenderung mengeksplorasi tubuhnya, terutama daerah yang berlubang termasuk hidung.

Mereka dapat memasukkan benda asing sebagai upaya mengeluarkan sekret atau benda asing yang sebelumnya ada di dalam hidung, atau untuk mengurangi gatal atau perih akibat iritasi yang sebelumnya sudah terjadi.

Benda asing yang paling sering ditemukan adalah sisa makanan, permen, manik-manik dan kertas.

Bagaimana mengeluarkan benda asing dari hidung ?

benda asing di hidung

Corpus alineum atau benda asing adalah benda yang berasal dari luar atau dalam tubuh yang dalam keadaan normal tidak ada pada tubuh. Benda asing dalam suatu organ dapat terbagi atas benda asing eksogen (dari luar tubuh) dan benda asing endogen (dari dalam tubuh).

Benda asing eksogen terdiri dari benda padat, cair atau gas.

  • Benda asing eksogen padat terbagi terdiri dari zat organik seperti kacang-kacangan (yang berasal dari tumbuh-tumbuhan), tulang (yang berasal dari kerangka bintang) dan zat organik seperti paku, jarum, peniti, batu dan lain-lain.

  • Benda asing eksogen cair dibagi dalam benda cair yang bersifat iritatif seperti zat kimia, dan benda cair non iritatif yaitu cairan dengan pH 7,4.

Benda asing endogen dapat berupa sekret kental, darah, bekuan darah, nanah, krusta. Benda asing pada hidung merupakan masalah kesehatan keluarga yang sering terjadi pada anak-anak.

Pada anak-anak cenderung mengeksplorasi tubuhnya, terutama daerah yang berlubang, termasuk telinga, hidung, dan mulut. Benda-benda asing yang sering ditemukan pada anak-anak antaranya kacang hijau, manik-manik, dan lain-lain. Pada orang dewasa yang relatif sering ditemukan adalah kapas cotton bud, atau serangga kecil seperti kecoa, semut atau nyamuk.

Diagnosis pada pasien sering terlambat karena penyebab biasanya tidak terlihat, dan gejalnya tidak spesifik, dan sering terjadi kesalahan diagnosis awalnya. Sebagian besar benda asing pada hidung dapat dikeluarkan oleh dokter terlatih dengan komplikasi yang minimal. Pengeluaran benda asing lazim dilakukan dengan forceps, irigasi dengan air, dan kateter hisap.

Pengeluaran benda asing harus dilakukan sedini mungkin untuk menghindari komplikasi yang dapat ditimbulkan misalnya perdarahan pada hidung dan lain-lain. Usaha mengeluarkan benda asing seringkali malah mendorongnya lebih ke dalam sehingga harus dilakukan secara tepat dan hati-hati. Bila kurang hati-hati atau bila pasien tidak kooperatif, berisiko trauma yang dapat merusak stuktur organ yang lain.

Anatomi dan Fisiologi


Bagian hidung dalam terdiri atas stuktur yang membentang dari os internum di sebelah anterior hingga koana di posterior, yang memisahkan rongga hidung dari nasofaring. Kavum nasi dibagia oleh septum, dinding lateral terdapat konka superior, konka media, dan konka inferior. Celah antara konka inferior dengan dasar hidung dianamakan meatus inferior, berikutnya celah anatara konka mendia dan inferior disebut meatus media dan sebelah atas konka media disebut meatus superior.

image
Gambar Anatomi rongga hidung

Etiologi


Berdasarkan jenis bendanya, etiologi corpus alienum di hidung dapat di bagi menjadi:

a. Benda asing hidup (benda organik)

  1. Larva lalat
    Beberapa kasus miasis hidung yang pernah ditemukan di hidung manusia dan hewan di Indonesia disebabkan oleh larva lalat dari spesies Chryssonya bezziana adalah serangga yang termasuk dalam famili Calliphoridea, ordo dipteral subordo Cyclorrapha kelas Insecta. Lalat dewasa berukuran sedang berwarna biru atau biru kehijauan dan berukuran 8-10 mm, bergaris gelap pada thoraks dan pada abdomen melintang. Lalat dewasa meletakkan telurnya pada jaringan hidup misalnya pada luka, lubang lubang pada tubuh seperti hidung, mata, telinga, dan traktus urogenital.

  2. Lintah
    Lintah (Hirudinaria javanica) merupakan spesies dari kelas hirudinae. Hirudinae adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk filum annelida. Anggota jenis cacing ini tidak mempunyai rambut, parapodia, dan seta. Tempat hidup hewan ini ada yang berada di air tawar, air laut, dan di darat. Lintah merupakan hewan penghisap darah. Pada saat menghisap darah, lintah mengeluarkan zat penghilang rasa sakit dan mengeluarkan zat anti pembekuan darah sehingga darah pada pasin tidak akan membeku. Setelah selesai menghisap darah, lintah akan menjatuhkan diri.


Gambar Benda asing hidup; lintah

  1. Cacing
    Ascaris Lumbricoides merupakan nematode usus yang masih menjadi masalah di negara berkembang seperti Indonesia. Hidung dapat menjadi part d’entry atau tempat cacing tersebut bermigrasi dari usus untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak.

b. Benda asing tak hidup (benda anorganik)

Benda asing tak hidup yang tersering adalah manik-manik, baterai logam, dan kancing baju. Kasus baterai logam di hidung merupakan salah satu kegawatan yang harus segera dikeluarkan karena kandungan zat kimianya yang dapat bereaksi terhadap mukosa hidung.

image
Gambar Benda asing mati; manik-manik

Patofisiologi


Daerah hidung merupakan daerah yang mudah diakses karena lokasinya yang berada di wajah. Memasukkan badan asing ke dalam cavum nasi sering kali terjadi pada pasien anak yang kurang dari 5 tahun disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain rasa penasaran untuk mengekspolarsi orifisium atau lubang. Hal ini disebabkan pula oleh mudahnya akses terhadap benda asing tersebut, kurang perhatian saat pengasuhan anak.

Hal–hal lain yang menjadi penyebab antara lain kebosanan, untuk membuat lelucon, retardasi mental, gangguan jiwa, dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH). Benda asing hidung dapat ditemukan di setiap bagian rongga hidung, sebagian besar ditemukan di dasar hidung, tepat di bawah konka inferior atau di bagian atas fossa nasal anterior hingga ke bagian depan konka media. Benda-benda kecil yang masuk ke bagian anterior rongga hidung dapat dengan mudah dikeluarkan dari hidung.

image
Gambar Lokasi tersering benda asing hidung ( Steven WH, Karen LM, 2007)

Beberapa benda asing menetap di dalam rongga hidung tanpa menimbulkan perubahan mukosa. Namun, kebanyakan objek yang berupa benda mati menyebabkan kongesti dan edema pada mukosa hidung, dapat terjadi ulserasi, epistaksis, jaringan granulasi, erosi, dan dapat berlanjut menjadi sinusitis. Sekret yang tertinggal, dekomposisi benda asing, dan ulserasi yang menyertai dapat menghasilkan fetor yang berbau busuk.

Benda asing yang berupa benda hidup, menyebabkan reaksi inflamasi dengan derajat bervariasi, dari infeksi lokal sampai destruksi masif tulang rawan dan tulang hidung dengan membentuk daerah supurasi yang dalam dan berbau. Cacing askaris di hidung dapat menimbulkan iritasi dengan derajat yang bervariasi karena gerakannya. Perubahan-perubahan ini apabila lebih lanjut, maka akan memengaruhi benda asing karena dikelilingi oleh udema, granulasi, dan kotoran.

Benda asing organik, seperti kacang-kacangan, mempunyai sifat higroskopik, mudah menjadi lunak dan mengembang oleh air, serta menyebabkan iritasi pada mukosa. Kadang-kadang, reaksi inflamasi dapat menghasilkan toksik. Benda asing anorganik, menimbulkan rekasi jaringan yang lebih ringan dan lebih mudah didiagnosa dengan pemeriksaaan radiologis karena umumnya benda asing anorganik bersifat radiopak.

Sebuah benda asing dapat menjadi inti peradangan apabila tertanam dalam jaringan granulasi yang terpapar oleh kalsium, magnesium fosfat, karbonat, dan kemudian akan menjadi rhinolith. Kadang-kadang, proses ini dapat terjadi di sekitar area mukopus dan bekuan darah. Rhinolit biasanya terletak dekat bagian basal hidung dan bersifat radiopak. Baterai cakram dapat menyebabkan destruksi pada septum nasi karena tersusun atas beberapa logam berat, seperti merkuri, zink, perak, nikel, cadmium, dan lithium.

Beberapa faktor dikatakan berperan dalam timbulnya komplikasi akibat baterai cakram ini antara lain interval waktu saat baterai masuk hingga dikeluarkan dan kontak antara permukaan mukosa hidung dan kutub negatif baterai (anode). Karena itu, perforasi septum (90 jam setelah baterai masuk ke hidung) umumnya terjadi ketika adanya kontak antara mukosa hidung dan kutub negatif baterai.

Etiologi kerusakan jaringan diyakini terdiri atas 3 bagian, yaitu

  1. perembesan substansi baterai dengan sifat korosif langsung yang menyebabkan kerisakan,
  2. efek langsung ke mukosa,
  3. nekrosis oleh tekanan.

Dari hasil dari reaksi ini, dapat menyebabkan perforasi septum (umumnya 7 jam setelah baterai masuk ke hidung), sinekia, konstriksi, dan stenosis kavum nasi.

Manifestasi Klinis


Gejala sumbatan benda asing tergantung pada lokasi benda asing, derajat sumbatan (total atau sebagian), sifat, bentuk, dan ukuran benda asing. Gejala yang timbul bervariasi, dari tanpa gejala sampai kematian sebelum diberi pertolongan, akibat sumbatan total. Benda asing di hidung pada anak sering luput dari perhatian otang tua karena tidak ada gejala dan bertahan untuk waktu yang lama. Dapat timbul rinolith di sekitar benda asing.

Gejala yang paling sering adalah hidung tersumbat, rinore unilateral, dengan cairan kental dan berbau. Kadang- kadang terdapat rasa nyeri, demam, epistaksis, bersin, dan disertai bekuan darah. Akan tetapi, adanya benda asing dalam hidung terkadang tidak menimbulkan nyeri, terbukti dengan adanya kasus benda asing yang telah berada dalam hidung selama bertahun-tahun tanpa adanya gejala apapun.

Namun, walaupun jarang ditemukan, nyeri dan sakit kepala pada sisi yang terlibat disertai dengan epistaksis intermitten dan bersin pernah ditemukan dalam beberapa kasus. Pada pasien dengan benda asing hidung yang hidup, gejala-gejala yang muncul biasanya terdapat pada hidung bilateral. Hidung tersumbat, sakit kepala, dan bersin dengan kotoran seropurulen biasanya merupakan gejala yang tampak.

Peningkatan suhu tubuh dan adanya bau tidak sedap yang berasal dari rongga hidung dapat pula muncul. Leukositosis dapat terjadi akibat adanya infeksi sekunder. Rhinolith biasanya tidak bergejala dan kemudian menyebabkan obstruksi apabila membesar.

Diagnosis


Anamnesis

Diagnosis klinis benda asing di saluran napas ditegakkan berdasarkan anamnesis adanya riwayat tersedak sesuatu, tiba-tiba muncul choking (rasa tercekik), gejala, dan tanda lainnya. Anamnesis yang cermat perlu ditegakkan karena kasus aspirasi benda asing sering tidak segera dibawa ke dokter saat kejadian. Perlu diketahui macam benda atau bahan yang teraspirasi dan telah berapa lama tersedak benda asing itu.

Pemeriksaan fisis

Pada pemeriksaan fisis hidung, dapat digunakan rhinoskopi anterior. Namun, kadang-kadang edema dan granulasi mukosa menutupi benda asing tersebut. Pada beberapa kasus, diperlukan penyemprotan agen vasokonstriktor untuk memperkecil mukosa pada saat pemeriksaan. Seringkali, tindakan ini memperjelas penampakan badan asing tersebut.

Pada anak-anak kecil dan kurang kooperatif, kadang diberikan anestesi umum untuk mempermudah dalam menemukan benda asing. Pemeriksaan fisis di rongga hidung dapat ditemukan destruksi luas pada mukosa membran, tulang, dan kartilago. Mukosa hidung menjadi lunak dan mudah berdarah.

Selain itu, pada pemeriksaan tampak pula edema dengan inflamasi mukosa hidung unilateral dan dapat terjadi ulserasi. Benda asing biasanya tertutupi oleh mukopus, sehingga disangka sinusitis. Dalam hal demikian, bila akan menghisap mukopus haruslah hati-hati supaya benda asing tersebut tidak terdorong ke arah nasofaring yang kemudian dapat masuk ke laring, trakea, dan bronkus.

Pada kasus rhinolith, pemeriksaan fisis kadang ditemukan pada kavum nasi massa berwarna keabu-abuan yang irregular, di sepanjang dasar rongga hidung yang bertulang, keras, dan terasa berpasir pada pemeriksaan.

Pemeriksaan Penunjang

Pada kasus benda asing di saluran napas dapat dilakukan pemeriksaan radiologik untuk membantu menegakkan diagnosis. Benda asing yang bersifat radiopak dapat dibuat foto radiologik segera setelah kejadian, sedangkan benda asing radiolusen (seperti kacang-kacangan) dibuatkan foto radiologik setelah 24 jam kejadian karena sebelum 24 jam kejadian belum menunjukkan gambaran radiologis berarti. Video fluoroskopi merupakan cara terbaik untuk melihat saluran napas secara keseluruhan, dapat mengevaluasi saat pada saat inspirasi dan ekspirasi dan adanya obstruksi parsial. Emfisema obstruktif merupakan bukti radiologic pada benda asing di saluran napas setelah 24 jam benda teraspirasi.8

image
Gambar Benda asing/opak pada rongga hidung, potongan sagittal dan coronal (Okhakhu AL, Okalugbo NE, Onyeagwana NC, 2013)

Selain dengan radiologi, dapat pula digunakan endoskopi. Diagnosis pasti benda asing di saluran napas ditegakkan setelah dilakukan tindakan endoskopi, yaitu endoskopi nasal dengan sudut 0o atau 30o. Endoskopi nasal ini juga ideal dalam penegakan diagnosis untuk anak-anak, namun sebelum pemeriksaan umumnya didahului dengan pemberian anestesi umum. Selain untuk diagnosis, penggunaan endoskopi nasal ini juga berguna dalam ekstraksi atau pengeluaran benda asing hidung.

image
Gambar Gambaran endoskopi benda asing Rongga hidung (Steven WH, Karen LM.
2007)

Penatalaksanaan


Untuk dapat menanggulangi kasus aspirasi benda asing dengan cepat dan tepat perlu diketahui dengan sebaik-baiknya gejala tersangkutnya benda asing tersebut. Adapun pemilihan teknik untuk mengeluarkan benda asing sebaiknya didasarkan pada lokasi yang tepat, bentuk, dan komposisi benda asing.

Pengeluaran benda asing hidung jarang bersifat emergensi dan dapat menunggu saran dari spesialis terkait. Bahaya utama pengeluaran benda asing pada hidung adalah aspirasi, terutama pada anak-anak yang tidak kooperatif dan menangis, pasien gelisah yang kemungkinan dapat menghirup benda asing ke dalam jalan napas dan melukai jaringan sekitar, sehingga menimbulkan keadaan emergensi.

Beberapa persiapan pengeluaran benda asing pada hidung antara lain :

  1. Posisi ideal saat pengeluaran benda asing pada hidung adalah meminta pasien untuk duduk, pada pasien pediatrik maka akan di pangku, kemudian akan menahan tangan dan lengan pasien, dan seseorang lainnya akan membantu menahan kepala pasien dalam posisi ekstensi 30 derajat.

  2. Visualisasi yang adekuat penting untuk membantu pengeluaran benda asing pada hidung. Lampu kepala dan kaca pembesar dapat membantu pemeriksa untuk memeroleh sumber pencahayaan yang baik dan tidak perlu di pegang, sehingga kedua tangan pemeriksa dapat digunakan untuk melakukan tindakan.

  3. Anestesi lokal sebelum tindakan dapat memfasilitasi ekstraksi yang efisien dan biasanya dalam bentuk spray. Lignokain (Lidokain) 4% merupakan pilihan yang biasa digunakan, walaupun kokain biasa digunakan dan bersifat vasokonstriktor. Namun, penggunaan kokain pada anak-anak dapat menimbulkan toksik, sehingga biasanya digantikan dengan adrenalin (epinefrin) 1:200.000. Akan tetapi, penggunaan anestesi local tidak terlalu bermanfaat pada pasien pediatric, sehingga anestesi umum lebih sering digunakan pada kasus anak-anak.

Alat-alat yang diguanakan dalam proses ekstraksi benda asing pada hidung adalah forsep bayonet, serumen hook, kateter tuba eustasius, dan suction. Adapun, beberapa teknik pengeluaran benda asing pada hidung yang dapat digunakan antara lain :

Penatalaksanaan benda asing hidung yang tidak hidup

  1. Pengeluaran atau ekstraksi benda yang berbentuk bulat merupakan hal yang sulit karena tidak mudah untuk mencengkram benda asing tersebut. Serumen hook yang sedikit dibengkokkan merupakan alat yang paling tepat untuk digunakan.

Pertama-tama, pengait menyusuri hingga bagian atap cavum nasi hingga belakang benda asing hingga terletak di belakangnya, kemudian pengait diputar ke samping dan diturunkan sedikit, lalu ke depan. Dengan cara ini benda asing itu akan ikut terbawa keluar. Selain itu, dapat pula digunakan suction. Tidaklah bijaksana bila mendorong benda asing dari hidung kearah nasofaring dengan maksud supaya masuk ke dalam mulut. Dengan cara itu, benda asing dapat terus masuk ke laring dan saluran napas bagian bawah yang menyebabkan sesak napas, sehingga menimbulkan keadaan yang gawat. Pemberian antibiotika sistemik selama 5-7 hari hanya diberikan pada kasus benda asing hidung yang telah menimbulkan infeksi hidung maupun sinus.

  1. Suction (teknik tekanan negatif) biasanya digunakan apabila ekstraksi dengan forsep atau hook tidak berhasil dan juga digunakan pada benda asing berbentuk bulat. Suction dapat dengan mudah ditemukan pada bagian emergensi dan kemudian diatur pada tekanan 100 dan 140 mmHg sebelum digunakan.

  2. Benda asing mati yang bersifat non-organik pada hidung lainnya seperti spons dan potongan kertas dapat diekstraksi dengan menggunakan forsep.

  3. Benda asing mati lain yang bersifat organik seperti kacang-kacangan dapat diekstraksi dengan menggunakan pengait tumpul.

  4. Apabila tidak terdapat peralatan atau instrument, dapat digunakan cara: pasien dapat mengeluarkan benda asing hidung tersebut dengan cara menghembuskan napas kuat-kuat melalui hidung sementara lubang hidung yang satunya di tutup. Jika cara ini tidak berhasil atau benda asing pada hidung tersebut terdapat pada pasien pediatrik yang tidak kooperatif, maka dapat digunakan ventilasi tekanan positif melalui mulut. Pada teknik ini, orang tua penderita melekatkan mulutnya ke mulut anaknya, lalu menutup lubang hidung yang tidak terdapat benda asing dengan jari, lalu meniupkan udara secara lembut dan cepat melalui mulut. Walaupun secara reflex epiglottis anak akan tertutup untuk melindungi paru-paru dari tekanan, penting diperhatikan bahwa tidak boleh diberikan hembusan bertekanan tinggi dan volume yang banyak.

Penatalaksanaan benda asing hidung yang hidup

  1. Teknik berbeda diterapkan pada benda asing hidup. Pada kasus benda asing hidup berupa cacing, larva, dan lintah, penggunaan kloroform 25% yang dimasukkan ke dalam hidung dapat membunuh benda asing hidup tersebut. Hal ini mungkin harus kembali dilakukan 2-3 perminggu selama 6 minggu hingga semua benda asing hidup mati. Setiap tindakan yang selesai dilakukan, ekstraksi dapat dilanjutkan dengan suction, irigasi, dan kuretase.

  2. Pada pasien myasis dengan angka komplikasi dan morbiditas yang tinggi, dilakukan operasi debridement dan diberikan antibiotik parenteral, serta Ivermectin (antiparasit) dapat dipertimbangkan.

Setelah proses ekstraksi selesai dilakukan, pemeriksaan yang teliti harus dilakukan untuk mengeksklusi kehadiran benda asing lainnya. Orang tua juga harus diberikan edukasi untuk menjauhkan paparan benda asing hidung potensial lainnya dari anak-anaknya.

Komplikasi


Komplikasi dapat muncul sebagai akibat dari benda asing itu sendiri, pemeriksaan, ataupun teknik ekstraksi (baik oleh tenaga kesehatan maupun pasien). Beberapa komplikasi yang ditemukan, antara lain abrasi, perdarahan, infeksi pada struktur sekitar, aspirasi, dan perforasi, serta pembentukan dan perkembangan rhinolith. Selain sinusitis akut, ditemukan pula infeksi sekunder lain, yaitu selulitis periorbital, meningitis, epiglositis akut, difteri, dan tetanus. Badan asing kaustik, seperti baterai dapat menyebabkan ulserasi dan nekrosis mukosa hidung.