Bagaimana cara mengelola waktu belajar kita ?

mengelola waktu belajar

Jadwal yang padat dan tugas yang menumpuk membuat kita sering kewalahan dan melupakan waktu belajar mandiri kita. Namun bila dibiarkan seperti itu terus maka tidak lama lagi kita akan kesusahan ketika harus mengahadapi ujian tengah atau akhir semester. Oleh karena itulah kita perlu yang namanya jadwal belajar yang teratur.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengelola waktu belajar kita agar lebih efektif dan produktif ?

Kelola Tempat untuk Belajar

Menemukan tempat yang tepat untuk belajar bisa menjadi tantangan bagi setiap orang, karena belajar di tempat tempat tertentu dapat membuat kita dapat lebih memahai materi yang dipelajari. Misalkan, belajar di tempat yang tenang. Kita akan mudah meresap pelajaran apabila kita belajar di tempat yang tenang, karena kita dapat fokus tanpa terganggu suara yang akan mebuyarakan konsentari kita saat belajar.Akan tetapi, setiap orang memiliki cara yang bervariasi dalam menentukan cara mereka belajar dengan sangat efektif. Saat memulai program studi, atau saat meninjau keadaan anda saat ini, mungkin berguna untuk bertanya pada diri sendiri.

Untuk melakukan belajar efektif, kita perlu menemukan tempat di mana kita dapat memiliki semua materi misalnya, catatan, buku, jadwal, bahan tulis dan komputer. Mungkin tidak praktis untuk selalu memiliki komputer umum (digunakan untuk bergantian), terutama jika kita belajar di lingkungan keluarga, mungkin kita akan bergantian dalam mengakses komputer, maka dari itu saat situasi seperti ini kita harus mempertimbangkan waktu ketika kita akan belajar dan memiliki akses ke komputer bila diperlukan.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memikirkan tentang tempat belajar, seperti :

Sumber cahaya dengan tingkat pencahayaan yang bagus digunakan untuk belajar, seperti lampu yang dapat diatur, dapat mempengaruhi keefektifan belajar kita. terutama jika Anda ingin belajar di malam hari atau di lingkungan tanpa banyak cahaya, kita sudah memiliki penenrangan sendiri yang dapat membantu saat kita belajar. Sesuikan pencahayaan saat belajar agar tidak merusak kondisi mata kita.

Selain pencahayaan, kita juga harus memikirkan gangguan yang mungkin terjadi saat kita belajar, yang apabila kita sampai beranjak dari tempat belajar karena gangguan tersebut. Upayakan kita sudah mengatur belajar kita, agar meminimaliskan gangguan yang mungkin terjadi. Seperti segala sesuatu yang mungkin kita perlukan sudah tersedia disekitar kita tanpa perlu beranjak terlalu jauh, yang juga mengakibatkan konsentrasi kita terganggu. Maka dari itu upayakan untuk menyediakan ssesuatu yang diperlukan saat belajar, agar kita tidak sampai berinjak dari tempat, yang dapat menyebabkan juga menggangu konsentrasi belajar. Ketika anda pertama kali mulai belajar, mungkin kita mengabaikan faktor lingkungan atau alat penting yang kita butuhkan, semakin jelas tentang apa yang anda butuhkan dan di mana saat perlu konsentrasi optimal.

Jika kita berencana untuk belajar di lokasi yang berbeda pada waktu yang berbeda, pastikan kita juga membawa semua bahan dan peralatan yang kita perlukan. Jika kita ingin belajar dengan cara praktisnya, kita bisa belajar sambil mencari refernsi dari internet. Untuk sebagian orang mungkin itu tidak masalah, karena memiliki jaringan wifi di rumah, namun untuk sebagian orang lainnya juga itu merupakan kendala tersendiri karena harus mencari tempat yang menyediakan wifi. Kita tahu bahwa tempat yang menyediakan wifi, lebih sering ramai dibandingkan sepi. Apabila kita belajar di tempat yang ramai seperti itu, dikhawatirkan akan menggangu konsentrasi belajar kita.

Namun meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa belajar di tempat seperti itu. Kita sebenarnya bisa mengatasinya dengan cara mengatur kondisi belajar kita. Misalkan kita mencari jaringan wifi di tempat umum, kita bisa mencari refrensi di internet, namun kita bisa menyimpannya dan mempelajarinya kembali setibanya di rumah. Kita juga bisa mencatat ulang agar kita bisa lebih memahami dan mengingat kembali dengan apa yang kita cari dan pekajari di internet.

Jadi untuk mengatasi masalah tempat yang sesuai untuk belajar, semuanya tergantung pada kita dan bagaimana kita mengaturnya senyaman mungkin. Karena setiap orang memiliki tingkan kenyamanan dan konsentrasi yang berbeda beda, adakalanya terkadang untuk sebagian orang bisa menikmati belajar sambil mendengarka musik, dan ada pula yang butuh tempat yang sangat sunyi untuk meningkatkan konsentrasi mereka. Pada intinya semua tergantung cara belajar kita dan pengaturan kondisi belajar kita masing masing.

Referensi :

https://www.skillsyouneed.com/learn/organise-study.html

Beberapa cara memanage waktu belajar kita antara lain:

  1. Menentukan tujuan
    Tujuan akan memberikan Anda visi, dan fokus untuk selalu bekerja ke arah yang diinginkan. Tujuan membantu Anda memiliki pikiran yang jernih kemana Anda ingin pergi dan cara terbaik untuk mengatur waktu dan sumber daya Anda untuk sampai ke sana. Dengan menetapkan sasaran, Anda dapat mengidentifikasi apa yang layak anda lakukan dan gangguan apa yang harus dihindari.

  2. Prioritaskan
    Memprioritaskan tidak dapat terlalu ditekankan dalam pengelolaan waktu yang efektif. Bisa jadi sulit untuk mengetahui tugas apa yang harus ditangani terlebih dahulu, terutama saat banyak tugas yang mendesak. Namun, ini relatif mudah memprioritaskan kegiatan jika Anda memiliki tujuan yang jelas yang telah ditetapkan. Tanyakan pada diri Anda tiga pertanyaan dasar untuk mengetahui tugas apa yang harus diprioritaskan terlebih dahulu:

    Mengapa saya melakukan tugas atau aktivitas ini?
    Bagaimana tugas ini membantu saya mencapai tujuan saya?
    Sampai sejauh mana tugas yang saya lakukan ini membantu saya mencapai tujuan saya?
    Lakukan hal yang paling penting dulu.

  3. . Simpan Daftar Tugas
    Daftar tugas (atau “to-do list”) adalah sistem pengingat yang memberitahu Anda kapan Anda perlu melakukan apa. Menjaga daftar tugas membantu Anda tetap teratur dan di atas segalanya. Ini membantu memecah segalanya menjadi tugas, langkah kecil yang mudah diatur sehingga Anda tidak pernah lupa melakukan hal-hal penting. Jangan mencoba mengingat semua hal yang perlu dilakukan di kepala Anda. Dalam kebanyakan kasus, mencoba mengingat semuanya tidak akan berhasil. Sebagai gantinya, simpan daftar tugas. Perencana harian, mingguan atau bulanan sederhana di buku catatan atau buku harian dapat melakukannya.

  4. Fokus pada Satu Tugas pada Suatu Waktu
    Anda akan mendapatkan lebih banyak hal dalam waktu yang singkat saat Anda berbicara di ponsel Anda, browsing internet dan mencatat catatan, bukan? Salah!

    Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Psychological Association, Anda benar-benar menghabiskan antara 20 dan 40 persen lebih banyak waktu saat Anda melakukan multitask. Selain menghemat waktu dan efisiensi, multitasking juga bisa mengurangi kualitas pekerjaan Anda.

  5. Minimalkan Gangguan
    Entah itu alert e-mail klien, panggilan telepon dari teman atau obrolan IM saat bekerja, gangguan merupakan penghalang untuk penggunaan waktu yang efektif. Gangguan memecah konsentrasi Anda, menurunkan produktivitas Anda dan sering kali mencegah Anda menyelesaikan tugas penting tepat waktu. Mereka juga bisa menyebabkan stres.

  6. Istirahat
    Kecuali Anda Superman, Anda tidak dapat mempertahankan pekerjaan berjam-jam tanpa mengeluarkan dan mengorbankan kualitas. Namun menggoda mungkin bekerja sampai batas waktu 8-10 jam berturut-turut, beristirahat di sela kerja. Dengan cara ini otak Anda memberi waktu berharga untuk beristirahat dan mengisi ulang. Mengambil istirahat dari pekerjaan bukanlah membuang waktu. Ini adalah manajemen waktu yang cerdas. Anda menghasilkan kualitas kerja terbaik saat Anda beristirahat dengan baik.

  7. Delegasikan Tugas
    Pepatah lama oleh penulis abad ke-17 John Donne bahwa tidak ada satu pun pulau yang masih berlaku sampai sekarang. Anda tidak bisa mengatur semuanya sendiri. Terkadang bijaksana membiarkan orang lain membantu Anda dalam tugas, terutama saat Anda sibuk. Anda menghemat waktu, mengurangi stres dan meraih lebih banyak saat Anda menugaskan tugas ke orang yang tepat.

Sumber :

Ketika mendekati ujian, kamu harus berpikir tentang bagaimana caranya agar dapat mengatur waktumu dengan baik. Dengan itu kamu dapat menyeimbangkan antara tugas dan belajar. Kamu juga harus mencoba makan makanan yang baik bagi otak.

Dengan meluangkan sedikit waktu untuk menyusun prioritasmu, kamu mendapatkan kesempatan untuk tetap konsisten dalam waktu belajarmu. Dan itu dapat menghilangkan stres.dan terkadang itu yang membedakan antara yang sukses dan yang gagal di kampus.

Pertama – pertama adalah meningkatkan manajemen waktu.kebanyakan pelajar lebih memilih mengerjakan tugas di akhir waktu batas pengumpulan, yang mana dapat mempengaruhi kualitas dan nilai mereka. Berikut adalah beberapa tips dalam manajemen waktu

1. Buatlah jadwal kegiatan sehari –hari
Gunakan alat yang ada untuk membuat jadwal kegiatan kita, bisa dengan kalender ataupun catatan di buku dan lainnya. Dan jangan lupa berikan keterangan prioritas terhadap kegiatan kita.

2. Fleksibel tapi realistis
Pada umumnya sekitar 8-10 jam dalam sehari untuk bekerja,belajar,bersosialisasi dan lainnya. Sebagai pelajar sekitar 35 jam dalam satu minggu untuk kuliah,sudah termasuk kegiatan organisasi dan seminar. Dan perlu diingat kadang sesuatu hal yang tidak tertudga terjadi, maka berikan sedikit waktu kosong .

3. Buat rencana yang matang
Luangkan waktu untuk membuat rencana dan meneliti tentangwaktu dan kegiatanmu. Cari informasi baru sebanyak mungkin dan rencanakan bagaiman cara kamu membuat rencana yang betu-betul matang.

4. Hindari menunda-nunda dan gangguan lainnnya
Pikirkan tempat- tempat yang berbeda yang pernah kamu gunakan untuk belajar. Dimana kamu benar-benar fokus dalam belajar?Dimanakah kamu benar-benar terganggu dan teralihkan saat belajar?Apakah ada sesuatu yang membuat kamu benar-benar nyaman saat belajar.
Perlu diingat bahwa solusi yang dibutuhkan orang lain mungkin tidak bekerja padamu.bagi beberapa orang,belajar bersama teman dapat meningkatkan motivasi dan mencegah menunda-nunda. Tapi bagi yang lain belajar bersam teman dapat membatasi kemampuan belajar dan berkurangnya fokus .

5. Latihan tugas untuk menjernihkan pikiran
Percaya atau tidak,latihan soal sama kerjanya dengan cara kerja tidur. Hal ini dapat memfokuskan pikiranmu, membantu kamu untuk menjernihkan pikiran dan meningkatkan kekuatan otak dalam berpikir. Jika kamu belum terbiasa latihan soal setelah belajar,cobalah mulai latihan agar pikiran lebih jernih dan sekaligus mengulas kembali materi yang telah dipelajari

sumber : https://www.topuniversities.com/blog/7-time-management-tips-students

Banyak dari sebagian orang merasa kesulitan dalam mengatur waktu belajar secara efisien dan efektif dikarenakan ketidak tahuan tentang bagaimana caranya dalam mengatur. Padahal hal ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika waktu belajar diatur dengan benar, maka belajarpun akan lebih efisien dan efektif.

Berikut cara mengatur waktu belajar agar lebih efektif :

Jaga pikiran dan tubuh sehat dengan:

  • Makan dengan sehat: kurangi memakan makanan seperti junk food yang hanya memberi energi palsu. Makan makanan sehat seperti sayuran, daging dan ikan. Minum banyak air dan hindari terlalu banyak kafein.

  • Makan secara teratur: makan sejumlah kecil secara teratur dan jangan melewatkan makan. Jangan makan di meja belajarmu.

  • Menyeimbangkan belajar dan bermain: luangkan waktu untuk diri sendiri. Anda perlu istirahat mental dan fisik dari belajar.

  • Berolahraga secara teratur: olahraga baik untuk tubuh dan pikiran. Hal ini dapat mengurangi stres, membantu konsentrasi dan memberi Anda lebih banyak energi dan stamina.

  • Menghilangkan stres dan ketegangan: Istirahat teratur, berolahraga dan tetap belajar secara perspektif. Tetap teratur dan berpegang pada pekerjaan Anda, lakukanlah sesekali dalam sehari.

  • Tidur nyenyak: tetap berpegang pada pola tidur biasa, tidur dan bangun pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari. Hindari belajar sistem kebut semalam.

Siapkan ruang belajar dengan :

  • Tinggal di tempat yang sama: belajar di tempat yang sama setiap hari dan pada waktu yang hampir bersamaan. Hal ini menciptakan kebiasaan belajar dan tidak mengganggu.

  • Siapkan meja Anda: atur meja di tempat yang sepi dengan semua persediaan . pilih kursi yang nyaman.

  • Ventilasi dan pencahayaan yang baik: ventilasi yang buruk atau ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa mengganggu dan bisa membuat Anda grogi. Jangan menyiksa mata Anda dengan pencahayaan yang buruk

Bentuk kebiasaan belajar yang baik dengan:

  • Mengambil tanggung jawab untuk studi Anda sendiri: jangan mudah menyalahkan guru ‘buruk’ karena tidak melakukan tugasnya dengan baik. Lakukan pekerjaan itu sendiri sehingga Anda dapat dengan mudah mengontrol diri.

  • Perencanaan dengan baik: selalu rencanakan apa yang akan Anda lakukan setiap hari, minggu dan bulan. Ketahuilah apa yang ingin Anda pelajari dan pikirkan tujuannya.

  • Menghargai diri sendiri: berjuang untuk sesuatu. Setiap kali Anda menyelesaikan tugas set reward sendiri dalam beberapa cara. Hal ini dapat membantu menyelesaikan sesuatu yang anda tuju dengan cepat.

  • Mencampuradukkan tugas: Bisa jadi membosankan melakukan hal yang sama sepanjang waktu sehingga memilih untuk mengalihkan segalanya dengan mencampuradukkan tugas selama masa belajar. Lakukan beberapa bacaan, lalu beberapa tulisan, lalu beberapa trik ingatan, dll.

  • Mendengarkan para guru: dengarkan baik-baik masukan dan saran mereka. Ini akan membantu Anda memfokuskan studi dan pembelajaran Anda.

  • Membuat catatan yang bagus: buatlah catatan bagus di kelas dan simpanlah dengan saksama.

Sumber : https://www.moresuccess.ie/study-skills/study-skills/getting-organised

Dengan jadwal padat dan tugas yang banyak, kita harus belajar mengorganisir jadwal belajar kita agar kita tak kewalahan. Kebanyakan orang merasa kalau jadwal belajar itu tak perlu, namun secara tidak langsung jadwal belajar kita akan mempengaruhi keberhasilan studi kita. Dengan meluangkan waktu sejenak untuk menentukan dan mengatur prioritas belajar, kalian akan mendapatkan kesempatan terbaik untuk belajar sesuai jadwal, dan tetap tenang ketika masa-masa ujian, dimana itu dapat menurunkan tingkat stress kita, suatu hal yang menentukan antara kesuksesan dan kegagalan kita selama kuliah

Inilah beberapa tips manajemen terbaik yang bisa kita praktekkan sehingga kita dapat kuliah dengan
tenang dan baik.

1) Tentukan apa yang harus kalian lakukan.
Tahap pertama yang harus kalian lakukan untuk meningkatkan time management kita adalah dengan membuat to-do list kita. Hal ini terkesan biasa, namun kebanyakan dari kita tidak mengerjakan hal-hal yang penting yang seharusnya menjadi prioritas tertinggi, tetapi pekerjaan penting tersebut malah dilakukan di akhir-akhir, hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan kita.

Masukkan semua jadwal kuliah kalian dan deadline tugas-tugas kalian, lalu tentukan tingkat prioritas dari tugas-tugas tersebut agar kalian tahu apa yang harus dikerjakan duluan.

2) Buat jadwal keseharianmu
Entah itu pin-up reminder, jadwal atau kalender di telepon Kamu, cari alat pengatur jadwal yang sesuai untuk kamu dan tambahkan daftar prioritasmu ke sana. Ada banyak aplikasi manajemen waktu yang dapat membantu. Ingat, pikirkan kapan Kamu paling segar(fokus), sehingga Kamu bisa merencanakan waktu belajar Kamu disekitar waktu-waktu tersebut.

Temukan waktu untuk bersosialisasi, tapi juga pastikan Kamu cukup tidur. Kebanyakan orang membutuhkan antara 7 sampai 8 jam tidur setiap malam untuk tetap fokus dan segar selama masa studi.

3) Jadilah Flexibel namun realistis
Secara khusus, biarkan 8-10 jam dalam tiap harimu untuk bekerja, bersosialisasi dan hal-hal lain yang ingin kalian lakukan

Sebagai mahasiswa, kamu diharapkan untuk mendedikasikan 35 jam seminggu untuk belajar, termasuk waktu yang Kamu habiskan dalam seminar dan ceramah. Jika Kamu hanya menghabiskan 15 jam seminggu untuk mengikuti pembelajaran yang dipimpin guru, Kamu harus menggunakan 20 jam tambahan untuk belajar mandiri. Penting juga untuk diingat bahwa hal-hal tertentu sering membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Jadi, biarkan sedikit waktu tambahan jika Kamu menghabiskan lebih banyak tugas daripada yang Kamu kira.

4) Luangkan waktu untuk merencanakan studi
Meluangkan waktu untuk meneliti, merencanakan dan memikirkan pekerjaan kalian sangat penting untuk pengelolaan waktu yang baik. Biarkan dirimu sendiri waktu untuk memproses informasi baru dan rencanakan bagaimana Kamu akan menggunakannya, karena ini dapat membantumu untuk menghindari membaca ulang dan mengulangi reseach apapun.

Salah satu cara untuk merencanakan secara efektif sebelum belajar adalah membuat daftar semua hal yang ingin Kamu ketahui, sehingga Kamu dapat membuat catatan di bawah setiap sub-bab saat Kamu pergi.

5) Hindari penundaan dan gangguan yang lain
Salah satu cara untuk menghindari gangguan ketika belajar adalah dengan melihat tempat-tempat yang pernah kamu gunakan untuk belajar – Dimana tempat yang membuatmu paling focus ? Dimana kamu paling merasa terganggu ? Apakah ada sesuatu yang membuatmu menikamti belajarmu ?

Ingat, setiap orang memiliki solusi untuk permasalahannya sendiri-sendiri, jadi apa yang bagus bagi orang lain belum tentu baik untukmu. Untuk beberapa orang, belajar Bersama orang lain menghambat produktivitas mereka. Namun untuk sebagian yang lain belajar dengan kelompok dapat menigkatkan
semangat belajar mereka dan menghindari gangguan belajar.

6) Olahraga lah untuk merefresh pikiranmu disetiap akhir sesi
Percaya atau tidak olahraga memiliki manfaat yang sama dengan tidur. Olahraga dapat membuatmu pikiranmu lebih fokus, membantu untuk merefresh isi kepalamu dan meningkatkan performa otakmu di
sela-seal sesi belajarmu.

7) Apakah managemen waktumu sudah efektif ?
Sering-sering mengevaluasi jadwal secara konstan dapat memabantumu untuk mengetahui mana jadwal yang kurang efektif dan harus diganti untuk menambah produktivitasmu. Selain itu kamu juga dapat menambah/mengurangi waktu-waktu lain yang menurutmu terlalu berlebihan, sehingga kamu akan dapat lebih banyak waktu untuk rileks berkumpul dengan keluargamu dan bersosialisasi dengan teman-temanmu.

Sumber : https://www.topuniversities.com/blog/7-time-management-tips-students