Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah?

mengecilkan pori-pori

Hal ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi banyak wanita. Kondisi pori-pori yang membesar dapat dipengaruhi berbagai hal. Salah satunya kebiasaan tidur tanpa membersihkan wajah. Hal ini secara otomatis berpotensi menutup pori-pori dan mengakibatkan permasalahan kulit, seperti jerawat, pori-pori semakin membesar dan hilangnya kolagen. Rasa pensaran dan pertanyaan yang masih melekat di benak para wanita membuat mereka mencari berbagai solusi mengecilkan pori-pori.

Cara mengecilkan pori-pori secara alami dan permanen adalah :

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah lalu diamkan selama 15 menit.

2. Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah Anda dan membiarkannya selama 15 menit akan membuat pori-pori menjadi menutup.

3. Jeruk

Jeruk yang biasa Anda makan dagingnya pun juga dapat menjadi salah satu alternatif cara mengecilkan pori-pori wajah wajah secara alami berikutnya. Alih-alih Anda memakan dagingnya, peras air jeruk lalu oleskan pada wajah Anda. Lakukan secara rutin maka pori-pori wajah Anda akan menutup sehingga nampak lebih kecil.

4. Kulit Jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelahnya oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengecilkan pori-pori.

5. Lidah Buaya

Dengan menggunakan lidah buaya, Anda mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Sumber

https://www.merdeka.com/gaya/24-cara-mengecilkan-pori-pori-wajah-secara-alami-dan-permanen-kln.html

1. Es Batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami kali ini adalah dengan menggunakan es batu. Es batu bisa digunakan sebagai cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen.

Caranya juga tergolong sangat mudah :

  1. Ambil es batu dari freezer.
  2. Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan atau handuk wajah.
  3. Oleskan pada wajah.
  4. Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

2. Madu

Madu merupakan Pelembap alami wajah yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena mengandung banyak anti-oksidan dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya :

  1. Siapkan 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah.
  2. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan zat asam, sifat asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel mampu berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah.

Caranya :

  1. Campurkan 1 sdm cuka apel dan segelas air.
  2. Lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah .

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga kaya akan anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu untuk melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah yang efektif.

Caranya :

  1. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu.
  2. Lalu gunakan sebagai masker wajah.

5. Air rendaman beras

Saat mencuci beras dan hendak menanak nasi, jangan membuang airnya. Pada beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya :

  1. Rendam beras dalam wadah.
  2. Biarkan air beras agar mengendap.
  3. Lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

6. Kopi dan gula

Kopi dan gula ini bisa digunakan sebagai scrub pada wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah bisa terangkat dengan sempurna sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan tidak adanya sel kulit mati inilah maka pori-pori wajah mengecil.

Caranya :

  1. Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta.
  2. Kemudian dengan perlahan-lahan gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung Anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta juga mampu untuk mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil. Daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah.

Cara menggunakan daun teh :

  1. Rendam dalam air panas selama 15 menit.
  2. Lalu oleskan air pada wajah.

Pori-pori adalah banyak lubang kecil di wajah yang membantu kulit bernafas. Ketika mereka diperbesar, mereka menjadi terlihat dengan mata telanjang. Pori-pori besar sering terjadi pada orang dengan tipe kulit berminyak atau kombinasi karena produksi sebum berlebih.

Cara mengecilkan pori-pori di wajah adalah :

1. Pengelupasan, Pembersihan Dan Pelembab

Pori-pori terbuka cenderung terlihat membesar ketika mereka tersumbat dengan minyak. Salah satu cara cepat untuk mengecilkan pori-pori besar pada wajah, hidung atau pipi adalah dengan membersihkan dan memperbaiki masalah kulit Anda dengan benar. Untuk mengurangi ukuran pori-pori yang diperbesar yang ada, Anda perlu melakukan pengelupasan kulit secara konsisten untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang dapat melebarkan pori-pori dan mengentalkan minyak yang dapat membuat ukuran pori-pori Anda membesar. Anda dapat membuat scrub alami di rumah dengan mencampur bersama kulit jeruk kering dan kacang almond. Lulur buatan rumah ini adalah salah satu yang terbaik untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit. Ini juga berfungsi untuk mengurangi ukuran pori-pori besar yang terbuka pada hidung, pipi, dan wajah.

2. Jus Lemon, Jus Mentimun, dan Air Mawar Untuk Mengencangkan Pori-Pori Kulit

Salah satu solusi alami terbaik untuk mengurangi pori-pori besar adalah mengoleskan jus lemon. Jus lemon mengandung enzim alami yang dapat mengencangkan dan mengencangkan kulit wajah. Karakteristik asamnya juga membersihkan kotoran kulit yang dalam, sementara vitamin C membantu mencerahkan kulit.

Untuk meminimalkan pori-pori kulit yang besar secara alami, campur 1 sendok makan jus lemon dengan 1 cangkir air mawar dan 1/2 cangkir jus mentimun. Aduk semua bahan bersama-sama dan oleskan pada area kulit yang memiliki pori-pori membesar untuk membersihkan, mencerahkan kulit dan untuk mengecilkan pori-pori juga.

3. Cuka Sari Apel - Perawatan Untuk Pori-Pori Besar

Berfungsi sebagai astringen alami dan toner kulit yang menghilangkan minyak kental, komedo atau komedo dan membersihkan pori-pori kulit Anda. Akibatnya, secara alami mengencangkan kulit Anda, mengecilkan pori-pori besar, dan mengembalikan keseimbangan pH kulit. Ini juga memiliki karakteristik antimikroba dan anti-inflamasi, yang membantu dalam mengobati jerawat dan flare-up jerawat.

  • Campur sari apel organik dan air dalam bagian yang sama.
  • Rendam bola kapas dalam campuran dan gosokkan dengan lembut ke pori-pori besar di wajah, hidung, dagu dan pipi Anda dan biarkan selama beberapa menit, dan kemudian bilas dengan air dingin.
  • Oleskan obat ini setiap malam setelah membersihkan wajah Anda untuk hasil cepat. Lanjutkan dengan pelembab lembut. Dalam beberapa minggu, Anda akan mengamati hasil positif.

4. Putih Telur Dan Jus Lemon

Masker wajah putih telur sangat bagus untuk menarik minyak berlebih dari kulit berminyak. Masker wajah putih telur dan lemon membantu mengecilkan pori-pori besar, karena itu mengencangkan dan mengencangkan kulit.

  • Paket Putih Telur: Pecahkan 1 butir telur, keluarkan bagian kuningnya, cambuk bagian putih dan sebarkan merata di wajah Anda. Tunggu hingga benar-benar kering, lalu bilas. Saat putih telur mengering, ia mengeluarkan kotoran dari pori-pori dan mengencangkan kulit. Gunakan obat rumahan ini sekali atau dua kali seminggu secara konsisten.

  • Untuk mendapatkan hasil yang cepat, setelah mengoleskan masker putih telur pada wajah Anda, tutupi kulit Anda dengan potongan kertas tisu lembut dan lepaskan setelah masker benar-benar kering.

  • Masker Putih Telur: Atau, gunakan masker buatan sendiri ini. Pecahkan 2 butir telur, keluarkan bagian kuning darinya, kocok bagian putih dan campur jus yang baru diperas dari ½ lemon. Oleskan secara merata di wajah Anda. Biarkan benar-benar kering dan biarkan selama 10 menit. Akhirnya bilas dengan air. Ulangi beberapa kali seminggu.

  • Lulur Wajah Putih Telur: Pilihan lain adalah menggunakan lulur buatan sendiri ini. Pecahkan 1 butir telur, keluarkan bagian kuning darinya, kocok bagian putih dan campur dengan 2 sendok makan jus lemon dan oatmeal. Oleskan secara merata ke wajah Anda, dan biarkan mengering dan tetap di wajah Anda selama sekitar 30 menit. Akhirnya gosok dan bilas wajah Anda dengan air dingin. Untuk hasil cepat, lakukan pengobatan ini dua kali seminggu.

5. Homemade Tomato Lotion

Untuk Mengurangi Ukuran Pori: Obat alami ini bekerja secara efektif untuk mengurangi ukuran pori-pori kulit yang membesar karena sifat astringen tomat. Karena khasiat ini, tomat membantu menghilangkan kelebihan minyak, mengencangkan kulit, dan memperkecil pori-pori kulit terbuka. Tomat juga memiliki likopen dan anti-oksidan. Mereka bertindak untuk memperlambat penuaan kulit dan membantu memperbaiki kulit dengan cepat juga. Buat lotion tomat dengan mencampurkan 1 sendok makan jus tomat segar dengan 3-4 tetes jus lemon segar. Oleskan lotion ini di wajah Anda untuk menghilangkan pori-pori yang membesar. Simpan lotion ini di kulit selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Poin bonusnya adalah obat ini juga berfungsi menghilangkan noda dari wajah Anda.

6. Perawatan Pori-pori Besar Dengan Soda Kue

Berfungsi sebagai agen pengelupasan kulit yang lembut, sehingga membantu menghilangkan minyak, kotoran dan kotoran tambahan dari kulit Anda. Memanggang soda tidak hanya membuat kulit Anda bersih dan segar, tetapi juga membuat pori-pori kulit lebih kecil. Poin plus lainnya adalah mengembalikan keseimbangan pH kulit. Selain itu, ia memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat mengobati masalah kulit seperti jerawat dan jerawat.

  • Campurkan 2 sendok makan soda kue dan air hangat.
  • Oleskan campuran ke kulit Anda dan gunakan ujung jari Anda yang bersih, pijat dengan lembut dalam gerakan melingkar selama beberapa detik.
  • Akhirnya bilas dengan air dingin dan oleskan pelembab.
  • Gunakan obat ini setiap hari selama 6-7 hari, dan kemudian kurangi frekuensinya menjadi 3-4 kali seminggu dan lanjutkan selama beberapa minggu.

7. Masker Tanah Liat / Fuller’s Earth - Obat Alami Untuk Pori-Pori Besar Terbuka

Masker tanah liat dapat digunakan untuk menyerap minyak berlebih dan merupakan pilihan bagus untuk merawat pori-pori besar, asalkan tidak mengandung bahan lain yang mengiritasi kulit. Bumi Fuller (juga dikenal sebagai multani mitti) adalah obat rumahan yang efektif untuk pori-pori terbuka karena secara alami menyerap minyak tambahan dan mengelupaskan kulit juga. Poin bonusnya adalah mengurangi bekas luka dan noda serta merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari.

  • Campurkan cukup air mawar dengan 2 sendok makan tanah yang lebih penuh, aduk atau campur kedua bahan ini dengan baik untuk membentuk pasta yang halus.
  • Oleskan masker ini pada wajah Anda, biarkan selama sekitar 25 menit sampai mengering.
  • Gosok masker dan akhirnya bilas wajah Anda dengan air dingin. Oleskan pelembab lembut.
  • Ulangi pengobatan masker lumpur ini sekali atau dua kali seminggu secara konsisten.

8. Gula Lulur Untuk Mengecilkan Pori-pori Besar

Lulur gula buatan sendiri sangat efektif dalam pengelupasan kulit, menghilangkan minyak tambahan dan kotoran dari pori-pori kulit Anda, sehingga memiliki kemampuan untuk mengurangi ukuran pori-pori kulit.

  • Letakkan sedikit gula pada irisan lemon dan gosokkan dengan lembut ke seluruh wajah Anda. Tunggu sekitar 10 menit lalu bilas dari wajah Anda dengan air dingin. Gunakan obat ini hingga dua kali seminggu secara teratur.

  • Campurkan 2 sendok makan gula, 1 sendok makan minyak zaitun dan beberapa tetes jus lemon yang baru diperas dan aduk hingga tercampur rata. Pijat lembut pada kulit Anda selama sekitar satu menit dan setelah itu bilas dengan air dingin. Gunakan obat ini hingga dua kali seminggu secara konsisten.

  • Campur madu, jus lemon segar dan sedikit gula sampai bersih. Usapkan scrub buatan sendiri ini ke kulit Anda, biarkan selama 10 menit, lalu bilas. Terapkan obat ini hingga dua kali seminggu.

9. Yogurt Untuk Mengencangkan Pori-Pori Kulit

Yogurt adalah obat alami yang bagus untuk mengecilkan pori-pori kulit dan menghilangkan noda dari kulit. Ambil yogurt segar (tanpa pemanis dan tanpa rasa) dan oleskan pada kulit Anda sebelum mandi, biarkan selama 10 menit. Yogurt mengandung asam laktat yang membantu meminimalkan ukuran pori-pori, mengencangkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan menyingkirkan kelebihan minyak dan kotoran dari lubang pori-pori.