Bagaimana cara mengawinkan ikan louhan ?

louhan

(Ulan) #1

Ikan louhan atau dikenal sebagai “flowerhorn cichlid”. Ikan louhan pada dasarnya adalah jenis ikan hibrid dari famili Cichlidae dari beberapa jenis genera, yaitu Cichlasoma, Amphilophus, dan Paraneetroplus. Oleh karena itu, nama ilmiahnya tidak dapat ditentukann.

Jenis ikan cichlid yang akan mempengaruhi hasil kawin silang dari ikan louhan adalah Cichlasoma trimaculatum dan Amphilophus citrinellus.

Bagaimana cara mengawinkan ikan louhan ?


(hikmal hakimi) #2

Setelah semua perlengkapan aquarium terpasang, masukkan Louhan Jantan terlebih dahulu (bisa disebelah kanan atau kiri) bila anda menenpatkan louhan jantan di kanan berarti kini saatnya memasukkan louhan betinanya disebelah kiri, setelah kedua induk berada dalam 1 akuarium amatilah gerak-gerik keduanya apakah mereka saling bertengkar atau tidak, apabila iya sebaiknya sekat kaca jangan dibuka dulu biarkan kedua induk saling mengenal terlebih dahulu antara 3 - 7 hari.

Setelah kedua induk nampaknya sudah akrab biasanya akan muncul pen yang agak menonjol pada induk betina, itu artinya telur yang ada dalam perutnya itu sudah masak dan siap untuk ditelurkan keluar. Nah inilah saatnya untuk melepas sekat kaca pemisah tadi, lepaskan sekat secara perlahan, jangan sampai membuat ikan ketakutan, kemudian amatilah kembali kedua induk tersebut selama beberapa jam jika terjadi perkelahian secepatnya pisahkan mereka kembali dengan cara memasang sekat lagi, tetapi jika tidak ada perkelahian dan sepertinya mereka nampak mesra itu artinya kedua induk sudah mau berjodoh, sesekali si induk betina akan menggesekkan badannya ke louhan jantan demikian pula si Jantan jg akan sesekali menggesekkan badannya ke tubuh betina sambil menggoyangkan sirip ekornya.

Jika hal tersebut diatas terjadi maka sebaiknya tutuplah akuarium bagian depan dengan kertas yang berwarna gelap, hitam atau biru, dan jangan lupa sebelum menutupnya berilah kedua induk makanan yang agak banyak biar mereka kenyang. Setelah kaca tertutup rapat, biarkan kedua induk berbulan madu didalam akuarium tertutup.