Bagaimana cara mengawinkan hamster?

Bagaimana cara mengawinkan hamster?

download (1)

Apabila kedua hamster dulu pernah mempunyai pasangan, ada baiknya melakukan pembersihan diri terhadap hamster-hamster yang akan dijodohkan. Caranya: cukup mengasingkan hamster sendirian selama kurang lebih satu minggu. Hal ini dilakukan supaya bau dari pasangan mereka yang ada di tubuh hilang. Bedding yang dianjurkan untuk pembersihan diri adalah pasir zeolit nomer satu atau dua. Tapi kalau tidak ada, serbuk juga boleh.

Setelah melewati masa pembersihan, tibalah saatnya untuk melakukan penjodohan. Caranya: sediakan kandang baru yang cukup dengan bedding yang baru pula. Masukan hamster jantan terlebih dahulu ke dalam kandang tersebut. Biarkan hamster jantan mengenali kandang & membauinya selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu barulah masukan si hamster betina.

Tips:
Sebaiknya ukuran hamster jantan lebih besar daripada hamster betina. Hal ini untuk memudahkan hamster jantan menguasai hamster betina. Pastikan usia jantan & betina memasuki usia siap kimpoi.

Nanti akan ada sedikit ribut-ribut pada saat hamster disatukan. Jika si jantan kalah/terintimidasi maka hamster tersebut tidak berjodoh. Sebaiknya ganti jantan yang lain karena tidak akan terjadi proses perkimpoian jika si jantan kalah dengan betina. Jantan harus bisa menguasai & mengintimidasi betina. Amati dari jauh pada saat proses perkimpoian.

Jika mulai terjadi pertengkaran lebih:
Berikan snack agar perhatian keduanya teralihkan & makan berdua.