Bagaimana cara mengawetkan sayuran secara alami?

Adakah trik untuk menyimpan buah dan sayur, bahkan tanpa bantuan lemari pendingin atau kulkas?

download (5)

  1. Menyortir Sayuran Dengan Teliti Sebelum Disimpan
    Langkah penyortiran memang menjadi salah satu cara tepat sebelum sayuran tersebut diletakkan ke dalam rak kulkas, atau menyimpan sayuran tanpa kulkas. Mulailah memisahkan antara sayur segar dengan jenis sayuran layu atau kondisi daunnya mulai menguning. Tak luput juga membuang terlebih dahulu bagian akarnya memang perlu diterapkan. Agar nantinya tidak sampai berpengaruh pada kualitas si hijau segar ini saat disimpan.

  2. Mencuci Sampai Bersih
    Ketika sayuran hijau tersebut dipilih, Usahakan hanya tersisa sayuran segar saja. Maka cara selanjutnya, bersihkanlah dengan menggunakan air mengalir sampai tidak ada satu pun kotoran menempel di dalamnya. Bila anda berkenan untuk membersihkannya ke dalam wadah pencucian, namun ketika air yang dibuat mencucinya sudah kotor, Sebaiknya gantikanlah dengan air bersih. Lalu cuci kembali hingga sampai tidak ada kotoran atau debu yang terselip di dalamnya.

  3. Pengeringan Sayuran
    Penerapan proses pengeringan sayuran sehabis dicuci dengan air amatlah penting, agar tetap awet meski tanpa kulkas saat menyimpannya. Namun ketika anda berminat untuk menyimpan sayuran di kulkas, tetapi kondisinya masih dalam keadaan basah, Hal itu akan membuat sayuran malah mudah sekali rusak atau membusuk. Sebagai langkah tepatnya, anda bisa menggunakan pengering salad untuk mengeringkannya secara mudah dan cepat. Jangan lupa untuk memastikan keadaan sayuran sudah kering sempurna, sehingga sudah siap untuk disimpan.

  4. Menggunakan Tisu
    Kegunaan tisu bisa sebagai pembungkus untuk mengondisikan si hijau segar tetap dalam keadaan kering. Sehingga cara ini berguna untuk mencegah dari timbulnya kerusakan di saat menyimpan sayuran di rak kulkas. Namun janganlah membasahi tisu kembali dengan air, Karena agar dapat menyerap secara maksimal uap cairan yang dikeluarkan dari sayuran tersebut.

  5. Gunakan Plastik Sebagai Penutupnya
    Setelah proses pengeringan usai, membungkus sayuran merupakan cara sederhana untuk membuatnya awet saat disimpan. Baik itu diletakkan ke dalam kulkas, maupun tempat lain tanpa kulkas.

Sumber: