Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Jantung?

Sekitar 31% kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Angka tersebut menjadikan penyakit ini pembunuh nomor 1. Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Jantung?

Secara umum, inilah 3 cara utama mengatasi penyakit jantung.

Perubahan Gaya Hidup
Penanganan pertama penyakit jantung adalah dengan memperbaiki gaya hidup dengan beberapa saran di bawah ini.

Pola Makan Seimbang. Terapkan pola makan kaya buah dan sayuran. Di mana disarankan mengonsumsi keduanya sebanyak setengah porsi makanmu.

Selain itu hindari konsumsi sodium atau garam dan lemak berlebih. Pasalnya, jenis makanan ini bisa memicu tekanan darah tinggi dan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Berhenti Merokok. Baik perokok aktif ataupun pasif termasuk dalam faktor risiko penyakit jantung.

Mengelola Stres. Kamu bisa belajar teknik relaksasi, berbagi cerita bersama teman, atau melakukan olahraga yoga untuk menangani stres juga depresi.

Namun bila cara-cara ini tetap membuatmu merasa lesu dan kurang bersemangat menjalani kehidupan, disarankan konsultasikan diri ke dokter.

Perbanyak Aktivitas Fisik. Kolesterol jahat LDL, diabetes, berat badan berlebih dan tekanan darah tinggi termasuk faktor pemicu penyakit jantung. Kondisi-kondisi ini dapat ditekan dengan rajin berolahraga.

Durasi olahraga yang disarankan adalah 30 menit/hari dan dilakukan lebih dari 3 hari per minggu. Jenis olahraga yang bisa dicoba adalah berjalan kaki. Untuk jenis olahraga lain, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Menjaga Berat Badan Sehat. Indeks massa tubuh yang disarankan adalah kurang dari 25, dan dengan lingkar pinggang 88 cm atau kurang. Ukuran ini disesuaikan dengan tinggi, berat badan, dan usia seseorang.

Selain rajin berolahraga, mengonsumsi makanan berkalori rendah dan berporsi kecil juga disarankan.

Tambahan untuk penanganan mandiri penyakit jantung yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan tes kesehatan secara berkala. Terutama tes tekanan darah, gula darah dan kolesterol.

Obat-obatan
Bila perubahan gaya hidup tidak cukup untuk mengatasi kondisi pasien, dokter akan menyarankan penggunaan obat-obatan. Obat-obatan ini disesuaikan dengan tipe penyakit jantung.

Untuk tipe penyakit jantung koroner, berikut beberapa obat yang mungkin diberikan

Antiplatelet, berfungsi untuk mengencerkan darah agar tidak menggumpal
Beta-blocker atau obat penghambat reseptor beta. Berfungsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah nyeri dada akibat kurangnya suplai darah ke otot jantung
Nitrat, berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah
Statin, berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol
Diuretik, berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan garam dan air dari tubuh melalui urin

Operasi
Operasi perlu dilakukan bila obat-obatan dan perubahan gaya hidup dinilai tidak cukup untuk mengatasi penyakit jantung. Jenis operasi yang dilakukan disesuaikan dengan tipe penyakit jantung.

Salah satu jenis operasi yang mungkin dilakukan adalah operasi bypass. Di mana dokter menanam pembuluh darah dari area lain di tubuh untuk membuat jalur aliran darah baru yang tidak melewati pembuluh darah yang tersumbat.

Terdapat 3 cara mengatasi penyakit jantung yaitu dengan perubahan gaya hidup, obat-obatan dan operasi. Cara-cara ini dilakukan agar pasien dapat hidup kembali dengan normal.