Bagaimana cara mengatasi males?

image

Cara menghilangkan rasa malas praktis dan sehat yang sesuai dengan kebutuhan diri perlu kita identifikasi. Rasa malas bisa saja muncul tiba-tiba atau bertahap, dan cenderung tidak kita sadari. Tanpa terasa, dampaknya malah berkepanjangan dan mengganggu kinerja maupun motivasimu.

Kemalasan bahkan tidak hanya akan memengaruhi produktivitas bekerja, tapi juga semangat dalam menikmati hobi. Nah , bagaimana sebenarnya cara menghilangkan rasa malas bekerja dengan tepat dan mudah?

  1. Mencari tahu penyebab utamanya
    Kemunculan rasa malas memang sulit dibendung. Bila mengalaminya, sebaiknya mencari tahu apa penyebab. Luangkan sedikit waktu untuk introspeksi diri agar bisa tahu pasti faktor yang memicu rasa malas. Rasa lelah, kewalahan, atau bahkan takut mungkin saja menjadi dalang di balik rendahnya motivasi untuk beraktivitas.
  2. Berpikir positif agar kembali bersemangat
    Pikiran negatif adalah musuh besar yang harus senantiasa harus dibasmi. Kemalasan tidak jarang berujung pada munculnya rasa bersalah dan pesimis karena merasa gagal dan tidak menghasilkan apapun.
  3. Mengatur Jadwal
    Selain menghilangkan celah untuk bermalas-malasan, cara menghilangkan rasa malas selanjutnya juga dapat dilakukan dengan mengatur jadwal untuk rutinitas harian
  4. Menyusun prioritas dan waktu
    Jika harus menyelesaikan banyak pekerjaan, ada baiknya menyusun prioritas dan membagi waktu dengan saksama.
  5. Hindari mengeluh dan hargai pekerjaan
    Sebagian besar orang mungkin merasa bahwa pekerjaannya kurang cocok dengannya atau bahkan bukan profesi impiannya. Anggapan ini tidak jarang mampu mengikis semangat dan menjadi sumber kemalasan. Apabila pengalaman tersebut menderamu, hindarilah mengeluh berkepanjangan tentang keburukan dalam pekerjaanmu dan belajarlah untuk bersyukur.
  6. Beri penghargaan atas pencapaian diri
    Salah satu cara menghilangkan rasa malas adalah dengan memberikan suatu penghargaan untuk diri.
  7. Kerjakan yang mudah terlebih dahulu saat bekerja
    Buat daftar pekerjaan-pekerjaan yang lebih mudah untuk dilakukan pertama saat mulai bekerja. Mengerjakan pekerjaan yang sulit tentunya akan memakan waktu dan pikiran lebih lama. Hal ini akan membuat kamu lelah setelah melakukan satu pekerjaan. Dengan mengerjakan pekerjaan yang mudah kamu akan bisa mengontrol mood bekerja agar konsisten. Tugas yang telah diselesaikan sebelumnya akan meningkatkan motivasi untuk menyelesaikan seluruh to-do-list . Ini bisa jadi cara menghilangkan rasa malas yang jitu.
  8. Cari suasana atau tempat baru untuk bekerja
    Karena kondisi pandemi banyak pekerja yang harus bekerja dari rumah. Bagi beberapa orang, bekerja dari rumah memunculkan banyak alasan untuk terus-menerus menunda-nunda pekerjaan. Saat ingin produktif cari ruang-ruang kerja publik seperti perpustakaan, cafe atau co-working space di mana kamu dikelilingi orang-orang yang bekerja juga atau kegiatan. Tentunya pilih tempat dengan protokol kesehatan yang ketat.

Beberapa tips menghilangkan rasa malas ketika bekerja yaitu:

  1. Jangan pernah menunda pekerjaan. kebiasaan buruk ini bisa memunculkan rasa malas bekerja. Semakin kamu menunda-nunda pekerjaan, kamu akan semakin malas bekerja dan beban pekerjaan kamu akan semakin membesar. Lakukanlah pekerjaan saat itu juga, jangan pernah menundanya agar pekerjaan kamu tidak menumpuk.
  2. Buatlah daftar yang harus dilakukan terlebih dahulu. Buat daftar kegiatan kamu, hal apa yang harus didahulukan dan hal apa yang bisa dilakukan belakangan. Dengan membuat rencana kegiatan, ini akan membantu kamu menghilangkan rasa malas. Karena kamu dituntut untuk menjalankan apa yang sudah kamu rencanakan sebelumnya.
  3. Ketahui kemampuan diri sendiri. Hanya diri kamu sendiri yang tahu persis sampai sejauh mana kemampuan yang kamu miliki. Coba kamu perhatikan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelasikan satu pekerjaan. Setelah itu, evaluasi apakah kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu atau justru lebih cepat dari batas deadlinenya. Jika kamu sudah mengetahui batas kemampuan diri sendiri, secara tidak langsung kamu sudah berusaha untuk menghilangkan rasa malas. Pasanglah target, agar bisa mendorong kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan menjauhi rasa malas.
  4. Hindari mengeluh dan hargai pekerjaanmu. Sebagian besar orang mungkin merasa bahwa pekerjaannya kurang cocok dengannya atau bahkan bukan profesi impiannya. Anggapan ini tidak jarang mampu mengikis semangat dan menjadi sumber kemalasan.
    Apabila pengalaman tersebut menderamu, hindarilah mengeluh berkepanjangan tentang keburukan dalam pekerjaanmu dan belajarlah untuk bersyukur. Kamu bisa memulainya dengan mencatat keuntungan yang kamu dapatkan dari pekerjaan maupun perusahaanmu atau bagian dari pekerjaanmu yang kamu nikmati.
  5. Beri penghargaan atas pencapaian diri. ketika kamu menantikan sesuatu itu dapat menghentikan rasa malas dari awal. Kamu justru secara tidak langsung memotivasi diri untuk fokus pada apa yang kamu lakukan demi reward di akhir jalan. Ada banyak cara untuk menunjukan penghargaan diri atas pekerjaan yang kamu lakukan dengan baik. Tentukan tujuan dan tetapkan penghargaan yang sesuai. Misalnya dengan memberi hari untuk istirahat dan staycation setiap kali proyek besar berhasil kamu selesaikan.
  6. Cari suasana atau tempat baru untuk bekerja. Karena kondisi pandemi banyak pekerja yang harus bekerja dari rumah. Bagi beberapa orang, bekerja dari rumah memunculkan banyak alasan untuk terus-menerus menunda-nunda pekerjaan. Saat ingin produktif cari ruang-ruang kerja publik seperti perpustakaan, cafe atau co-working space di mana kamu dikelilingi orang-orang yang bekerja juga atau kegiatan. Tentunya pilih tempat dengan protokol kesehatan yang ketat. Berada di sekitar orang lain yang bekerja keras dapat memotivasi kita untuk bekerja keras juga. Kamu bisa juga menciptakan suasana ini di rumah dengan menentukan tempat kerja bersama dengan anggota keluarga di rumah agar lebih fokus. Atau secara berkala ubah layout ruang kerja untuk mendapatkan suasana baru.