Bagaimana cara mengatasi kutu pada ular?

image

Bagaimana cara mengatasi kutu pada ular?

Permasalahan kutu bukan hanya ada pada hewan kesayangan seperti kucing dan anjing saja. Ternyata kutu juga dapat ditemukan pada hewan eksotik seperti ular. Jenis kutu yang terdapat pada ular bermacam-macam, ada kutu yang berbentuk seperti satu titik kecil adapula yang berbentuk besar (caplak).

Kutu sulit ditemukan pada ular yang memiliki warna gelap karena bentuknya yang kecil dan warna yang gelap menyulitkan untuk dikenali. Jumlah yang berlebihan pada badan ular akan menyebabkan ular mengalami penurunan nafsu makan (anoreksia) bahkan ular dapat mengalami anemia atau kekurangan darah apabila jumlah darah yang dihisap dalam volume yang besar.

Caplak dan kutu akan menghabiskan sebagian besar hidupnya diluar tubuh ular yang terinfeksi.

Pengobatan


Penanganan ular yang mengalami gangguan ektoparasit dapat dilakukan dengan cara menghilangkan satu persatu caplak yang menempel pada kulit, atau dengan memandikannya menggunakan insektisida yang aman untuk ular. Penggunaaan obat-obatan insektisida dapat dilakukan pada waktu pemandiaan ular, ular yang dimandikan direndam pada larutan insektisida tetapi tidak boleh mengenai bagian muka ular, penggunaan obat-obatan tersebut harus dibawah pengawasan dokter hewan, karena apabila salah memberikannya dapat menyebabkan keracunan pada ular.

Dokter hewan juga akan menyarankan penggunaan obat injeksi seperti antikutu untuk menghilangkan parasit pada ular. Untuk menghindari permasalahan kutu/caplak kita sebagai pemilik harus selalu menjagaa kebersihan kandang, kandang harus dibersihkan setiap hari, kemudian ular juga harus dimandikan dan dijemur setiap hari untuk mengurangi resiko adanya infeksi, konsultasikan kesehatan ular pada dokter hewan yang spesialis menangani hewan-hewan eksotik.