Bagaimana cara mengatasi kematian larva ikan akibat suhu air ?

Larva ikan

Larva ikan atau ikan yang baru menetas merupakan individu-individu yang masih lemah dan mudah terpengaruh dengan kondisi lingkungan. Kena hujan sedikit-mati-kena panas sedikit-mati-kena sabun sedikit-mati. Larva ikan sangat rentan karena kekebalan tubuhnya masih lemah.

Cara yang paling mudah adalah dengan memberikan atap pada kolam ikan. Penutup tersebut dapat dibuat permanen dengan asbes ataupun secara sederhana dengan ditutup terpal. Atap tersebut sangat penting terutama pada siang hari untuk menghindari sinar matahari yang dapat meningkatkan suhu air. Sinar matahari yang tertahan tidak akan menghasilkan perubahan suhu yang ekstrim pada air kolam.

Apabila cara tersebut dirasa sulit, anda dapat mencoba dengan menambahkan tumbuhan air pada kolam tersebut. Tumbuhan air seperti Lemna maupun Azola dapat ditambahan pada kolam larva ikan. Tumbuhan tersebut akan mengapung di permukaan dan menyerap sebagian besar sinar matahari sehingga mengurangi sinar yang akan meningkatkan suhu air. Tumbuhan tersebut dapat dicari di sawah-sawah dan mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan kolam ikan.

Apakah ada cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut ?

Sumber: https://tanikan.blogspot.co.id/2015/05/mengatasi-kematian-larva-ikan-akibat.html