Bagaimana cara mengatasi gusi bengkak setelah pemasangan behel?

behel

Bagaimana cara mengatasi gusi bengkak setelah pemasangan behel? Apakah behel tersebut harus dicabut kembali ?

Gunakan Sikat dan Pasta Gigi Khusus Untuk Behel

Penggunaan sikat dan pasta gigi untuk gigi behel tentu berbeda dengan sikat dan pasta yang biasa anda gunakan sehar-hari. Untuk mencegah rasa ngilu yang berlebih di awal pemakaian pertama, maka dapat menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk gigi behel. Anda dapat memilih sikat gigi dengan bulu yang halus. Selain itu pasta gigi khusus untuk gigi behel saat ini dapat dengan mudah untuk kamu temui di berbagai toko atau supermarket. Khusus untuk anda yang sedang hamil, maka pasta gigi untuk ibu hamil menjadi solusi terbaik.

Pilih Makanan yang Bersifat Lunak Diawal Pemakaian

Setelah memutuskan untuk memasang kawat gigi, maka anda juga harus siap dengan makan-makanan yang tidak biasa anda makan setiap hari. Karena bisa jadi rasa nyeri akan terjadi di 24 – 72 jam setelah pemasangannya. Untuk mengatasi rasa ngilu, maka cobalah untuk memilih makanan yang bersifat lunak. Usahakan agar gigi tidak terlalu banyak menguyah. Anda dapat memilih makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi.

Hindari Makanan yang Dapat Menempel Pada Kawat Behel

Pada penggunaan kawat gigi ada beberapa makanan yang harus anda hindari. Misalnya saja seperti makanan yang dapat menempel pada kawat gigi. Hindari makanan seperti cokelat, daging, kripik, atau makan-makanan lengket lainnya. Hal ini untuk menjaga kualitas kawat serta menghindari terjadinya iritasi pada area pemasangan. Selain itu, hindari beberapa makanan yang membuat gigi kuning untuk diganti dengan makanan yang memutihkan gigi.

Jangan Makan atau Minum dengan Rasa Asam

Selain menghindari makanan yang bersifat keras dan dapat menempel pada bagian gigi yang dikawat. Makanan atau minuman yang bersifat asam pun juga harus kamu hindari. Rasa asam justru akan memperparah gigi ngilu akibat pemasangan kawat gigi. Selain itu apabila terjadi iritasi atau luka di area sekitar mulut, maka justru akan terjadi lebih parah lagi. Hindari makanan yang dapat merusak gigi dan minumannya untuk mengurangi ngilu akibat pemasangan behel.

Makan Es Batu Untuk Mengurangi Rasa Ngilu

Es batu dapat menjadi cara untuk mengatasi gigi ngilu karena behel. Sifatnya yang dingin dapat membuat area mulut menjadi mengebas serta membantu meredakan inflamasi akibat rasa ngilu yang berlebih. Anda dapat mengulum es batu hingga beberapa menit atau bisa juga dengan cara mengompres bagian gigi yang terasa ngilu dengan es batu atau bisa dengan cara mengatasi gigi ngilu.

Gunakan Garam Untuk Berkumur

Cara mengatasi gigi ngilu karena behel juga dapat anda lakukan dengan bantuan garam dapur. Garam dapur memiliki kandungan yang dapat memberikan rasa nyaman dan lega pada mulut yang mengalami luka atau iritasi. Selain itu, larutan garam juga dapat meredakan rasa ngilu akibat pemasangan behel dan cara menghilangkan rasa sakit gigi secara alami. Caranya pun sangat mudah, anda dapat melarutkan beberapa sendok makan pada 1 gelas air minum. Setelah itu gunakan untuk berkumur.