Bagaimana cara mengatasi gigikeropos pada bayi?

Pada umumnya, pertumbuhan gigi bayi dimulai ketika bayi berusia 5 bulan dan biasanya pertumbuhan gigi ini akan melalui proses secara bertahap. Ada beberapa tanda- tanda bayi tumbuh gigi seperti bayinya menjadi rewel, suka menggigit, susah makan, dan masih banyak lagi.

Mengatasi Gigi Keropos Pada Bayi

  1. Segera mengunjungi dokter gigi
    Dalam keadaan gigi bayi sudah mulai terlihat tanda – tanda pengeroposan, sebaiknya segeralah mengunjungi dokter gigi. Dokter akan mengambil langkah – langkah tepat agar kerusakan pada gigi bayi tidak menjadi lebih parah lagi, seperti infeksi atau radang gigi yang dapat meninbulkan rasa sakit. Rutin berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan pemulihan gigi bayi anda.

  2. Memberi susu atau minuman nutrisi kira – kira 15 menit sebelum tidur
    Untuk mencegah pengeroposan gigi pada bayi menjadi lebih parah lagi, sebaiknya memberi susu pada bayi kira – kira 15 menit sebelum bayi tidur. Tetapi jika bayi langsung tertidur setelah menyusu maka bersihkanlah gigi dan mulut bayi dengan kain kasa atau lap bersih yang sudah diberi air hangat. Akan lebih baik jika memberi bayi minum air putih setelah selesai minum susu.

  3. Mengurangi konsumsi makanan yang manis – manis
    Salah satu penyebab gigi keropos adalah memberi makanan yang manis – manis kepada bayi, untuk itu gantilah makanan yang manis tersebut dengan makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi. Karena faktor nutrisi berperan penting dalam pembentukan komponen gigi, yaitu vitamin A, C, D, kalsium dan fosfor. Beberapa contoh makanan yang mengandung kalsium dan fosfor antara lain sayur – sayuran dan buah – buahan segar.

  4. Membersihkan gigi sehabis makan dan minum
    Pada gigi bayi yang sudah keropos sangat diperlukan perhatian ekstra dalam hal membersihkan gigi untuk menghindari terjadi kerusakan yang makin meluas. Bersihkanlah gigi bayi sehabis makan dan menyusu.

sumber: https://halogigi.com/