Bagaimana cara mengatasi gigi rapuh pada balita?

alah satu kasus berkaitan dengan masalah-masalah gigi yang biasa dialami oleh balita adalah gigi rapuh. Meski terkadang dianggap sepele, namun sebenarnya gigi rapuh pada balita ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan gigi dan bahkan bisa memicu munculnya jenis-jenis penyakit gigi serta jenis-jenis penyakit mulut. Selain itu, gigi rapuh juga akan membuat gigi susu rusak parah yang nantinya akan menular ke gigi tetap anak.

Ditambah lagi kerusakan gigi pada balita akan mengubah tatanan gigi dan bentuk mulut balita sehingga bisa menjadi penyebab gigi anak tumbuh miring dan penyebab gigi tumbuh tidak rata pada anak.

Adapun cara mengatasi gigi rapuh pada anak dapat dilakukan dengan cara alami ataupun cara medis. Berikut ulasannya:

  1. Menggunakan Pasta Gigi Berfluorid
    Pasta gigi yang mengandung fluoride mampu mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat adanya pengikisan asam pada gigi yang disebabkan oleh bakteri. Ketika mineral gigi ini hilang maka kepadatan pada gigi juga akan berkurang sehingga menyebabkan gigi menjadi rapuh. Oleh karena itu biasakan untuk memberikan pasta gigi berfluoride pada anak saat menyikat gigi agar gigi rapuhnya dapat segera teratasi. Penggunaan pasta gigi berfluorid juga merupakan salah satu cara mencegah gigi berlubang pada balita.

  2. Memberikan Makanan atau Minuman yang Mengandung Kalsium
    Kalsium merupakan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup maka gigi rapuh pada balita pun bisa teratasi. Adapun makanan yang menguatkan gigi yang bisa diberikan kepada balita adalah yogurt, keju, bayam, dll. Selain itu, pemberian susu yang mengandung kalsium juga bisa menopang pemulihan gigi rapuh pada balita.

  3. Menyikat Gigi Secara Teratur
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kebersihan gigi pada balita haruslah terjaga dengan baik. Sikat gigi secara teratur juga mampu mengatasi gigi rapuh pada balita. Hal ini akan membantu mencegah pembentukan plak atau asam yang dapat mengikis gigi dan membuat gigi menjadi rapuh. Selain itu sikat gigi juga merupakan salah satu cara menghilangkan plak pada gigi yang efektif.

Adapun waktu menyikat gigi haruslah dilakukan secara rutin dan maksimal 2 kali sehari, pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. Ketika mengajak balita untuk menyikat gigi, ajarkanlah cara menyikat gigi dengan benar agar gigi dapat dibersihkan secara maksimal.

  1. Memijat Gusi Balita
    Memijat gusi akan membuat peredaran darah ke gusi menjadi lebih lancar. Selain itu, memijat gusi juga bisa meningkatkan nutrisi dan oksigen selagi membersihkan sisa dari jaringan gusi. Adapun cara memijat gusi balita yang bisa anda lakukan adalah dengan menekan jari telunjuk ke gusi dan membuat gerakan memutar secara lembut untuk merangsang intensitas gusi.

sumber: https://halogigi.com/