Bagaimana Cara Mengatasi Depresi Karena disakiti Secara Batin Oleh Pasangan?

depresi

Menikah berarti menyatukan dua pribadi yang berbeda, baik dalam pikiran maupun sikap. Untuk menyatukan pribadi yang berbeda ini tentunya butuh penyesuaian-penyesuaian. Masa penyesuaian bagi tiap pasangan tentunya berbeda-beda.

Penyesuaian ini pun bukan hanya diperlukan di awal pernikahan. Karena dalam perjalanan pernikahan, akan ada banyak peristiwa dan perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup Anda berdua, yang membutuhkan penyesuaian.

Selain itu, kita sebagai manusia pun berkembang dan mengalami perubahan dalam diri kita. Penyesuaian dalam pernikahan ini akan berlangsung selama hidup pernikahan kita.

hal yang jadi masalah adalah mrntal, sikap dan perasaan yang belum siap dengan konsekuensi yang dihadapi. Konsekuensi dari kehidupan pernikahan serta kesulitan untuk saling menyesuaikan diri dan memahami perasaan masing-masing.

lalu bagaimana cara menangani depresi dalam proses ini ?

  1. Perbaiki Komunikasi Dengan Suami atau istri
    Cobalah sampaikan apa saja perasaan Anda selama ini. Sampaikan pada situasi ketika suami sedang rileks dan Anda pun sedang merasa tenang.
    Sampaikan hal-hal yang Anda sukai dan hargai dari suami atau istri. Juga hal-hal yang Anda inginkan dari suami atau istri Anda. Jadi cara mengemukakannya tidak terkesan mengkritik atau mengeluhkan perilakunya. Tapi fokuskan pada perilaku yang Anda inginkan dari suami atau istri Anda.

  2. Bicaralah Saat Sedang Tidak Emosi
    Ketika suami atau istri sedang marah pun, cobalah untuk mendengarkan dengan tidak ikut terpancing marah yang potensial memperburuk situasi. Ketika kemarahannya sudah reda barulah Anda sampaikan pendapat Anda. Dan mintalah suami atau istri anda untuk mencoba mendengarkan Anda.

  3. Buat Komitmen Bersama
    Buatlah komitmen bersama untuk saling menghargai satu dengan yang lainnya. Cobalah untuk melihat sisi positif yang dimiliki suami atau dan kebaikan-kebaikan yang sudah dilakukan suami atau istri terhadap Anda.

  4. Mintalah Bantuan Pihak Ke-3
    Jika dirasakan perlu, Anda dapat meminta bantuan pihak ke-3 yang Anda percaya dan memiliki sikap netral terhadap Anda dan pasangan. Anda dapat mencurahkan perasaan sehingga Anda tidak merasa sendirian dalam menghadapi situasi ini.
    Jika sudah sangat mendesak dan permasalahan tersebut sangat mengganggu pekerjaan Anda sehari-hari maka ada baiknya Anda meminta bantuan Psikolog Profesional yang terdekat di kota Anda.

  5. Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
    Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta petunjuk kepada Allah SWT tentang persoalan yang Anda hadapi saat ini.