Bagaimana cara mengatasi burung yang tidak mau makan jangkrik?

jangkrik

(Dinda Hudaifa) #1

Bagaimana cara mengatasi burung yang tidak mau makan jangkrik?


(Stella A) #2

Pertama, berikan jangkrik berukuran kecil, karena kulit dan dagingnya masih lembut. Dengan demikian, burung tidak akan kesulitan menelannya dan tidak melukai saluran pencernaan yang sebelumnya agak terluka.
Bagi burung yang mengalami trauma, jangkrik kecil juga bisa diberikan, tetapi bagian kepala dan semua kaki belakang dihilangkan dulu, sehingga burung merasa nyaman. Pada kasus trauma yang berat, boleh jadi burung tetap tidak mau makan jika tidak kita lolohkan, atau minimal kita sodorkan dengan bantuan lidi.

Kedua, berikan bagian perut jangkrik saja ke dalam wadah pakan. Aroma khas jangkrik bisa menarik minat burung untuk mencobanya. Ketika pakan ini dirasa tidak menyakitinya, burung akan ketagihan dan meneruskan makannya.

Ketiga, perhatikan jangkrik yang disukai burung. Ada beberapa burung yang memiliki preferensi (pemilih) terhadap pakan yang diberikan, termasuk pakan jangkrik. Jika sudah terbiasa makan jangkrik alam, sebagian burung akan menolak ketika diberi jangkrik jenis lain, seperti jangkrik kalung. Begitu pula sebaliknya. Burung yang terbiasa diberi jangkrik kalung, belum tentu mau diberi jangkrik alam. Akibatnya, kita sering menyangka burung tidak mau makan jangkrik, padahal sebenarnya dia mau, tetapi kita memberikan jangkrik yang tidak disukainya.

Keempat, berkebalikan dari siasat ketiga, yaitu mengganti jenis jangkrik. Jika burung tak mau lagi makan jangkrik dari jenis yang biasa disantapnya, dan Anda sudah melakukan sisasat pertama dan kedua, maka siasat keempat ini bisa dipakai.

Source:
https://omkicau.com/2014/03/17/menyiasati-burung-yang-tak-mau-makan-jangkrik/