Bagaimana cara mengatasi anak yang suka membangkang?

Perlu kita sadari, bahwa seorang dapat memperlihatkan perilaku yang tampil sebagai sikap menentang, sikap tidak mudah menerima saran-saran atau nasihat orang lain itu sangat dipengaruhi dari suasana di luar dirinya atau adanya faktor psikologis yang mempengaruhinya sebagai faktor pencetusnya. Lalu bagaimana cara mengatasi anak pembangkang?

Tips mengatasi anak yang suka membangkang

  1. Lakukan pendekatan kasih sayang terhadap anak.
    Kita harus dapat membangun interaksi dan komunikasi yang didasarkan pada rasa kasih sayang terhadap anak. Dengan melakukan pendekatan kasih sayang, berarti kita langsung dapat menyentuh perasaan anak.

  2. Kita harus memahami watak atau tipe kepribadian anak.
    Tipe-tipe anak itu, ada yang pemarah (tempramental/agresif), lembut, manja, mudah diatur, sensitif, bijaksana, dan urakan. Dengan mengetahui tipe kepribadian anak, tentu kita pun dapat memilih cara yang efektif untuk menyampaikan maksud dan keinginan kita.

  3. Menggerakkan anak untuk berpikir dan berbuat dengan menyentuh titik peka anak.
    Untuk menarik perhatian dan mempengaruhi anak agar dirinya dapat merespon atau menanggapi keinginan kita, maka kita dapat menyinggung titik peka anak atau memberi perhatian khusus pada hal-hal yang amat menarik perhatian anak. Caranya, kita dapat memberi sanjungan atau menaruh perhatian atau minat pada hal-hal yang menjadi perhatian khusus anak.

  4. Sediakan waktu, perhatian dan kepedulian pada anak.
    Hal lain yang harus kita perhatikan adalah kesediaan kita untuk mengatur waktu bersama anak sebanyak mungkin. Sebab anak sangat membutuhkan perhatian, kasih sayang maupun kepedulian kita.