Bagaimana cara menemukan gaya belajar Anda ?

gaya belajar yang cocok dengan diri Anda

Tujuan dari belajar adalah menyerap informasi sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, setiap orang memiliki cara belajar yang spesifik. Cara seseorang belajar mungkin berbeda dari cara Anda belajar. Jadi, bagaimana cara menemukan gaya belajar yang cocok dengan diri Anda ?

Sebenarnya kebanyakan dari kita memiliki gaya belajar yang dominan yang mengarahkan cara kita menyerap dan memahami pelajaran serta mngingat informasi. Jadi, apa manfaat mengidentifikasi gaya belajar anda sendiri? Setelah anda memahami preferensi belajar anda, anda dapat mengambil langkah untuk memastikan bahwa anda memanfaatkan hal itu untuk memaksimalkan pekerjaan bukan hanya seberapa cepat anda belajar, tetapi juga betapa menyenangkan prosesnya bagi anda.

Banyak dari kita tidak menyadari bahwa kita telah bersusah payah belajar bukan karena kita bodoh, tetapi karena kita telah menggunakan gaya belajar yang tidak sesuai dengan pilihan kita.

Coba kembalikan pikiran anda ke kelas, tentunya anak-anak yang duduk di depan adalah anak-anak yang tenang dan selalu mncetak poin serta dekat dengan guru bukan?

Sementara yang gelisah dan yang berisik duduk di belakang dan diberi label ‘gangguan’. Apakah anak-anak yang tenang lebih cerdas daripada yang berisik?belum tentu. Lalu apa bedanya?

Ini tergantung pada gaya belajar yang berbeda. Anak anak yang berisik mungkin saja memiliki gaya belajar kinestetik. Ini berarti mereka membutuhkan gerakan dan suara untuk belajar. Dan sebaliknya, anak anak yang pendiam munkin saja memiliki gaya belajar sendiri yang menginginkan Susana tenang agar mereka focus.

Oleh karena itu, anda harus memahami gaya belajar anda agar memudahkan dalam menerima materi yang diberikan.

Lalu bagaimana cara nya? Anda bisa mengetahui gaya belajar yang anda miliki dari ciri-ciri gaya belajar anda. Berikut pembagiannya :

1. Gaya belajar visual

Ketika seseorang mengatakan sesuatu pada anda, anda susah untuk mengingatnya kembali. Bahkan jika mereka membiarkan anda melakukan tugas itu, anda tidak sepenuhnya memahami hal itu untuk sementara waktu. Namun, anda dapat melakukannya jika langkah demi langkah dituliskan dengan jelas. Ini mungkin berarti anda pelajar visual.

Pembelajar visual belajar dengan melihat dan mereka lebih suka menuliskan semua hal sebagai pengingat. Pembelajar visual suka membuat catatan atau diagram untuk memahami materi tertentu. Mereka biasanya juga menggunakan warna untuk mengingat dan memecahkan informasi.

Jika anda seorang pelajar visual, anda mungkin memiliki banyak catatan tentang topic yang anda minati dan pelajari dengan membaca. Anda lebih memilih untuk memiliki transkrip pertemuan yang dikirim kepada anda alih-alih mendengarkan apa yang dikatakan. Anda menemukan kenyamanan jika memiliki langkah-langkah berikutnya yang dituliskan untuk anda.

2. Gaya belajar auditori

Anda tidak suka mencatat atau belajar dari buku teks. Anda merasa nyaman menerima tugas saat seseorang mengintruksikan apa yang harus anda lakukan. Anda lebih suka berbicara dengan seseorang dan meminta mereka menjelaskan daripada membacanya. Ini mungkin berarti anda mungkin seorang pelajar pendengar. Anda senang bekerja dengan orang lain karena anda bisa mendengar apa yang mereka katakan.

Berbagi gagasan dan diskusi merupakan cara yang menarik bagi anda untuk mendapatkan informasi baru. Jika anda harus mendapatkan informasi dari buku, anda lebih suka membacanya dengan suara yang keras atau mendownloadnya versi audio. Video YouTube sangat membantu anda karena anda dapat mendengar informasi yang dijelaskan dan merasa seperti anda sedang diberi tahu bagaimana melakukan sebuah proses.

3. Gaya belajar kinestetik

Anda belajar dengan melakukan pekerjaan langsung dengan sebuah tugas. Jika seseorang memberi tahu anda cara memformat dokumen perusahaan, kemungkinan anda akan melupakan bagian penjelasannya. Jika seseorang menuliskan petunjuk dan menambahkan diagram, anda akan memiliki waktu yang sulit untuk memperhatikan dokumen yang panjang.

Namun, jika seseorang menuntun anda menjalani proses ini dan jika anda telah melakukannya sendiri, anda akan dapat dengan mudah mengingat langkah-langkah ini di lain waktu. Ini berarti anda seorang pelajar kinestetik. Menjadi pelajar kinestetik berarti anda lebih suka menggunakan tubuh anda untuk belajar. Anda harus benar-benar melakukan tindakan untuk belajar bagaimana melakukannya. Hal ini terjadi karena anda belajar dari pengalaman.

Anda harus menentukan gaya belajar mana yang cocok dengan anda jika anda ingin menemukan lebih banyak kemudahan di hari-hari Anda. Namun, mungkin sulit untuk menentukan secara tepat gaya belajar yang anda identifikasi.

Jika ini masalahnya, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menentukan gaya belajar Anda.

  • Ikuti Test

    Kuesioner sederhana bisa sangat membantu ketika harus mengetahui bagaimana seharusnya anda belajar. Mereka umumnya bertanya kepada anda tentang bagaimana anda mengkonsumsi konten, menjalani hidup Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan berpartisipasi dalam tugas-tugas tertentu. Kuis mengkategorikan informasi tentang Anda sehingga mereka dapat secara akurat memberi tahu Anda bagaimana otak Anda bekerja.

  • Amati Diri Anda

    Jika anda mempelajari sesuatu, pikirkan bagaimana anda melakukannya. Apakah Anda menuliskan instruksinya? Apakah seseorang memberitahu anda bagaimana melakukan sebuah tugas? Apakah grafik membuat semuanya jelas bagi anda? Jangan hanya mengamati bagaimana anda belajar, tapi juga amati keefektifan cara anda belajar. Apakah informasi itu mudah untuk anda ingat? Cara anda saat ini mempelajari informasi mungkin tidak sesuai dengan gaya belajar anda. Anda mungkin tahu bahwa anda harus mengubah gaya belajar, di situlah menguji kemampuan belajar lainnya dapat membantu.

  • Cobalah masing-masing

    Cobalah untuk mencari tahu gaya belajar anda dengan mencoba masing-masing. Ambillah tiga topik berbeda yang sama menariknya bagi anda. Untuk satu topik, cobalah mendengarkan audiobook atau dengarkan apa yang dikatakan oleh dosen. Untuk topik lain, baca buku atau lihat beberapa tabel dan grafik informasi. Untuk topik terakhir, kerjakan sesuatu secara bertahap. Setelah anda melakukan ketiganya, uji lah kemampuan anda pada setiap topik. Yang mana yang paling anda ingat? Gaya belajar mana yang paling menyenangkan bagi Anda?

Sumber : How to Find Your Learning Style and Use It to Hack Life