Bagaimana cara menemukan gaya belajar Anda ?

gaya belajar yang cocok dengan diri Anda

Tujuan dari belajar adalah menyerap informasi sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, setiap orang memiliki cara belajar yang spesifik. Cara seseorang belajar mungkin berbeda dari cara Anda belajar. Jadi, bagaimana cara menemukan gaya belajar yang cocok dengan diri Anda ?

Sebenarnya kebanyakan dari kita memiliki gaya belajar yang dominan yang mengarahkan cara kita menyerap dan memahami pelajaran serta mngingat informasi. Jadi, apa manfaat mengidentifikasi gaya belajar anda sendiri? Setelah anda memahami preferensi belajar anda, anda dapat mengambil langkah untuk memastikan bahwa anda memanfaatkan hal itu untuk memaksimalkan pekerjaan bukan hanya seberapa cepat anda belajar, tetapi juga betapa menyenangkan prosesnya bagi anda.

Banyak dari kita tidak menyadari bahwa kita telah bersusah payah belajar bukan karena kita bodoh, tetapi karena kita telah menggunakan gaya belajar yang tidak sesuai dengan pilihan kita.

Coba kembalikan pikiran anda ke kelas, tentunya anak-anak yang duduk di depan adalah anak-anak yang tenang dan selalu mncetak poin serta dekat dengan guru bukan?

Sementara yang gelisah dan yang berisik duduk di belakang dan diberi label ‘gangguan’. Apakah anak-anak yang tenang lebih cerdas daripada yang berisik?belum tentu. Lalu apa bedanya?

Ini tergantung pada gaya belajar yang berbeda. Anak anak yang berisik mungkin saja memiliki gaya belajar kinestetik. Ini berarti mereka membutuhkan gerakan dan suara untuk belajar. Dan sebaliknya, anak anak yang pendiam munkin saja memiliki gaya belajar sendiri yang menginginkan Susana tenang agar mereka focus.

Oleh karena itu, anda harus memahami gaya belajar anda agar memudahkan dalam menerima materi yang diberikan.

Lalu bagaimana cara nya? Anda bisa mengetahui gaya belajar yang anda miliki dari ciri-ciri gaya belajar anda. Berikut pembagiannya :

1. Gaya belajar visual

Ketika seseorang mengatakan sesuatu pada anda, anda susah untuk mengingatnya kembali. Bahkan jika mereka membiarkan anda melakukan tugas itu, anda tidak sepenuhnya memahami hal itu untuk sementara waktu. Namun, anda dapat melakukannya jika langkah demi langkah dituliskan dengan jelas. Ini mungkin berarti anda pelajar visual.

Pembelajar visual belajar dengan melihat dan mereka lebih suka menuliskan semua hal sebagai pengingat. Pembelajar visual suka membuat catatan atau diagram untuk memahami materi tertentu. Mereka biasanya juga menggunakan warna untuk mengingat dan memecahkan informasi.

Jika anda seorang pelajar visual, anda mungkin memiliki banyak catatan tentang topic yang anda minati dan pelajari dengan membaca. Anda lebih memilih untuk memiliki transkrip pertemuan yang dikirim kepada anda alih-alih mendengarkan apa yang dikatakan. Anda menemukan kenyamanan jika memiliki langkah-langkah berikutnya yang dituliskan untuk anda.

2. Gaya belajar auditori

Anda tidak suka mencatat atau belajar dari buku teks. Anda merasa nyaman menerima tugas saat seseorang mengintruksikan apa yang harus anda lakukan. Anda lebih suka berbicara dengan seseorang dan meminta mereka menjelaskan daripada membacanya. Ini mungkin berarti anda mungkin seorang pelajar pendengar. Anda senang bekerja dengan orang lain karena anda bisa mendengar apa yang mereka katakan.

Berbagi gagasan dan diskusi merupakan cara yang menarik bagi anda untuk mendapatkan informasi baru. Jika anda harus mendapatkan informasi dari buku, anda lebih suka membacanya dengan suara yang keras atau mendownloadnya versi audio. Video YouTube sangat membantu anda karena anda dapat mendengar informasi yang dijelaskan dan merasa seperti anda sedang diberi tahu bagaimana melakukan sebuah proses.

3. Gaya belajar kinestetik

Anda belajar dengan melakukan pekerjaan langsung dengan sebuah tugas. Jika seseorang memberi tahu anda cara memformat dokumen perusahaan, kemungkinan anda akan melupakan bagian penjelasannya. Jika seseorang menuliskan petunjuk dan menambahkan diagram, anda akan memiliki waktu yang sulit untuk memperhatikan dokumen yang panjang.

Namun, jika seseorang menuntun anda menjalani proses ini dan jika anda telah melakukannya sendiri, anda akan dapat dengan mudah mengingat langkah-langkah ini di lain waktu. Ini berarti anda seorang pelajar kinestetik. Menjadi pelajar kinestetik berarti anda lebih suka menggunakan tubuh anda untuk belajar. Anda harus benar-benar melakukan tindakan untuk belajar bagaimana melakukannya. Hal ini terjadi karena anda belajar dari pengalaman.

Anda harus menentukan gaya belajar mana yang cocok dengan anda jika anda ingin menemukan lebih banyak kemudahan di hari-hari Anda. Namun, mungkin sulit untuk menentukan secara tepat gaya belajar yang anda identifikasi.

Jika ini masalahnya, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menentukan gaya belajar Anda.

  • Ikuti Test

    Kuesioner sederhana bisa sangat membantu ketika harus mengetahui bagaimana seharusnya anda belajar. Mereka umumnya bertanya kepada anda tentang bagaimana anda mengkonsumsi konten, menjalani hidup Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan berpartisipasi dalam tugas-tugas tertentu. Kuis mengkategorikan informasi tentang Anda sehingga mereka dapat secara akurat memberi tahu Anda bagaimana otak Anda bekerja.

  • Amati Diri Anda

    Jika anda mempelajari sesuatu, pikirkan bagaimana anda melakukannya. Apakah Anda menuliskan instruksinya? Apakah seseorang memberitahu anda bagaimana melakukan sebuah tugas? Apakah grafik membuat semuanya jelas bagi anda? Jangan hanya mengamati bagaimana anda belajar, tapi juga amati keefektifan cara anda belajar. Apakah informasi itu mudah untuk anda ingat? Cara anda saat ini mempelajari informasi mungkin tidak sesuai dengan gaya belajar anda. Anda mungkin tahu bahwa anda harus mengubah gaya belajar, di situlah menguji kemampuan belajar lainnya dapat membantu.

  • Cobalah masing-masing

    Cobalah untuk mencari tahu gaya belajar anda dengan mencoba masing-masing. Ambillah tiga topik berbeda yang sama menariknya bagi anda. Untuk satu topik, cobalah mendengarkan audiobook atau dengarkan apa yang dikatakan oleh dosen. Untuk topik lain, baca buku atau lihat beberapa tabel dan grafik informasi. Untuk topik terakhir, kerjakan sesuatu secara bertahap. Setelah anda melakukan ketiganya, uji lah kemampuan anda pada setiap topik. Yang mana yang paling anda ingat? Gaya belajar mana yang paling menyenangkan bagi Anda?

Sumber : http://www.asianefficiency.com/productivity/how-to-find-your-learning-style-and-use-it-to-hack-life/

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Beberapa sangat baik dalam hal mendengarkan, sementara yang lain dalam hal melihat dan membaca. Atau bahkan kombinasi dari dua hal tersebut. Menemukan gaya belajar Anda bisa sangat bermanfaat. Salah satunya Anda dapat mengetahui cara terbaik untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang topik yang Anda pelajari.

Metode 1 Menemukan Gaya Belajar yang Berbeda

1. Cari informasi tentang jenis jenis gaya belajar.

Ada banyak buku dan situs web yang dapat Anda gunakan untuk meneliti topik ini. Kunjungi perpustakaan setempat dan mintalah pustakawan referensi. Kebanyakan orang mengakui bahwa ada tujuh gaya belajar yang berbeda yang umum terjadi: visual, pendengaran, verbal, fisik, logis, sosial dan soliter. Orang sering bergaul dengan beberapa gaya ini.

2. Cobalah belajar visual.

Anda bisa mulai dengan belajar visual, yang berarti Anda belajar dengan menggunakan gambar dan gambar lainnya. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda mengandalkan gambar untuk membantu Anda memahami topik utama. Misalnya, ketika Anda membaca teks Biologi Anda, apakah Anda menemukan diagram lebih bermanfaat daripada konten tertulis?

3. Bereksperimenlah dengan pembelajaran pendengaran.

Anda bisa mulai dengan membaca bagian pilih buku teks Anda dengan keras. Jika Anda perlu mendengar sesuatu dengan lantang untuk memahami konsep ini sepenuhnya, Anda mungkin seorang pelajar pendengaran. Bereksperimen dengan mengulangi konsep kunci ke teman sekelas untuk melihat apakah mendengar materi berguna bagi Anda.

4. Belajar melalui pengucapan Pembelajar.

Tanyakan pada diri Anda apakah Anda paling nyaman mendengarkan ceramah atau presentasi lisan. Pembelajar verbal sering menolak proyek atau kegiatan kelompok. Saat Anda belajar, apakah Anda membuat garis besar tulisan materi? Ini merupakan indikasi bahwa pembelajaran verbal adalah pilihan Anda.

5. Gunakan gerakan untuk belajar.

Pembelajaran fisik adalah jenis gaya belajar yang umum. Pembelajar fisik bergantung pada tangan, rasa sentuhan, dan aktivitas fisik mereka. Gerakan adalah kunci untuk mempertahankan informasi bagi pelajar fisik. Untuk mengetahui apakah Anda seorang pelajar fisik, coba tambahkan beberapa gerakan ke rutinitas Anda. Cobalah berdiri sambil membaca.

6. Selidiki logika.

Gaya belajar lain yang bisa Anda bereksperimen adalah pembelajaran yang logis. Pembelajar logis adalah pemecah teka-teki yang lebih suka menggunakan penalaran dan sistem untuk menemukan jawaban. Orang yang pandai matematika sering merupakan pelajar yang logis.

Membuat koneksi adalah salah satu kunci pembelajaran logis. Jika naluri alami Anda untuk menggambar garis yang jelas antara topik yang berbeda, kemungkinan Anda adalah pelajar yang logis.

7. Belajar dengan orang lain.

Beberapa orang belajar paling baik saat berinteraksi dengan orang lain. Pembelajar sosial belajar paling baik dalam kelompok atau dengan setidaknya satu orang lainnya. Jika Anda lebih suka bekerja dengan orang lain, Anda mungkin seorang pelajar sosial.

8. Berlatih belajar soliter.

Jenis gaya belajar yang umum lainnya dikenal sebagai pembelajaran soliter. Pembelajar soliter bekerja paling baik secara mandiri. Jika Anda paling efektif tanpa bantuan orang lain, Anda mungkin berpihak pada gaya ini. Pembelajar soliter sering suka membuat rencana sebelumnya. Mereka juga biasanya membuat tujuan individu untuk sebagian besar aspek kehidupan.

Metode 2 Mengidentifikasi Gaya Belajar Anda

1. Lakukan penilaian sendiri.

Setelah Anda bereksperimen dengan gaya belajar yang berbeda, Anda dapat meluangkan waktu untuk memperjelas gaya mana yang terbaik untuk Anda. Ini adalah cara cepat dan sederhana untuk menentukan gaya belajar Anda. Banyak situs web terkemuka menawarkan kuis online yang akan menganalisis gaya belajar Anda berdasarkan tanggapan Anda. Cari di web untuk situs yang memiliki reputasi bagus, dan ikuti kuisnya.

2. Renungkan pengalaman Anda.

Hasil penilaian diri Anda dapat memberi Anda gagasan bagus tentang gaya belajar yang sesuai untuk Anda. Namun, penting untuk meluangkan waktu strong textmemikirkan preferensi pribadi Anda. Pikirkan kembali beberapa pengalaman belajar Anda yang paling berkesan.
Ambil apa yang Anda ketahui tentang diri Anda dan kombinasikan dengan hasil kuis penilaian diri Anda. Ini akan memberi Anda petunjuk bagus tentang gaya belajar Anda.

3. Berbicaralah dengan seorang Guru/Dosen.

Ini bisa membantu untuk mendapatkan beberapa umpan balik tambahan untuk menentukan gaya belajar Anda. Bicaralah dengan salah satu guru Anda saat ini atau masa lalu. Tanyakan apakah instruktur memiliki waktu untuk berbicara dengan Anda tentang pendidikan Anda. Mintalah saran dari guru tentang bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran Anda. Berbicara dengan lebih dari satu orang jika memungkinkan.

Sumber :