Bagaimana cara mendisiplinkan diri dalam belajar ?

mendisiplinkan diri dalam belajar

Salah satu faktor penting penentu kesuksesan seseorang adalah disiplin diri. Pengusaha sukses, olahragawan besar, pemusik, semuanya memiliki kesamaan untuk kesuksesan yang mereka dapatkan yaitu disiplin diri yang kuat, begitu pula halnya dalam belajar. Untuk mencapai kesuksesan dalam belajar, kita juga butuk disiplin diri yang kuat. Lalu, bagaimana cara untuk mendisiplinkan diri dalam belajar?

Pernahkah kalian mendengar kutipan, “Disiplin diri adalah perbedaan antara memilih apa yang kalian inginkan sekarang dan apa yang paling kalian inginkan”? Ini adalah sebuah kutipan diikuti oleh beribu-ribu pebisnis dunia untuk mendapatkan persis apa yang mereka paling inginkan dari perusahaan mereka. Ini adalah sebuah teori yang banyak orang gunakan untuk membuat mereka keluar dari tempat tidur dan pergi ke gym sebelum bekerja. Ini adalah sebuah mantra yang membuat para atlet bekerja keras dalam putaran terakhir, meskipun kaki mereka serasa terbakar dan tidak ada lagi yang paling mereka inginkan selain berhenti.

Menurut Merriam-Webster, definisi disiplin diri adalah “koreksi atau peraturan diri demi perbaikan.” Definisi ini menyiratkan bahwa peraturan tertentu atau menghentikan kita dari perilaku tertentu adalah hal yang penting jika kita akan memperbaiki diri. Jika kita kaitkan hal ini dengan belajar, itu berarti bahwa kita perlu berhenti melakukan hal-hal tertentu atau mulai melakukan hal-hal tertentu ketika belajar untuk mendapatkan hasil positif yang kita butuhkan. Mengatur diri kita dengan cara ini sangat penting karena dapat membangun kepercayaan diri. Ketika kita mencapai tujuan yang kita tetapkan untuk diri kita sendiri, kita akan mendapatkan dorongan dari kepercayaan diri kita yang dapat meningkatkan banyak aspek kehidupan kita.

Bagaimana untuk memiliki disiplin diri ketika kalian belajar.

Langkah 1 : Jauhkan Godaan

Disiplin diri akan menjadi sangat mudah ketika hal-hal yang mengalihkan perhatian kalian dari belajar tidak terlihat dan tidak terdengar. Jika kalian mudah tergoda dengan gangguan eksternal seperti ponsel, maka pastikan ponsel kalian benar-benar mati ketika sedang belajar. Tidak ada yang akan terjadi dalam waktu 45 menit ketika kalian duduk dan belajar, kalian bisa menunggu untuk membuka ponsel kalian lagi saat istirahat belajar. Juga, luangkan waktu untuk memindahkan hal-hal yang dapat mengganggu kalian dalam area belajar.

Langkah 2: Makan makanan untuk otak sebelum kalian mulai

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kita melaksanakan kemauan (kata lain untuk disiplin diri), energi kita perlahan-lahan menjadi kosong. Memaksa diri untuk melakukan apa yang kita inginkan sekarang untuk apa yang kita inginkan kemudian membutuhkan cadangan glukosa, yang merupakan bahan bakar favorit otak. Jadi, sebelum kalian duduk untuk belajar, selalu pastikan untuk memakan beberapa makanan untuk otak seperti telur dadar, sedikit coklat, atau mungkin tambahkan kafein untuk memastikan bahwa asupan glukosa kita cukup untuk membuat otak kita dapat bekerja dengan baik.

Langkah 3: Jangan menunggu waktu yang tepat

Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk mulai belajar untuk ujian kalian. Semakin banyak waktu yang kalian gunakan untuk belajar akan semakin baik, tetapi jika kalian hanya duduk-duduk dan menunggu saat yang tepat untuk mulai belajar, kalian hanya akan terus menunggu selama sisa hidup kalian. Teman-teman kalian akan memohon kepada kalian untuk menemani mereka pergi ke bioskop dan menonton season terakhir film yang sangat populer. Anggota keluarga butuh seseorang untuk disuruh atau orang tua kalian akan menyuruh kalian untuk membersihkan kamarmu Jika kalian menunggu sampai segalanya selesai kalian tidak akan pernah menemukan waktu yang tepat untuk mulai belajar.

Langkah 4: Bertanya pada diri sendiri “Jika saya harus melakukannya, bisakah saya melakukannya?”

Bayangkan bahwa kalian sedang duduk di bangku kalian. Di belakang kalian berdiri penyusup yang menodongkan senjata ke kepala kalian. Jika satu-satunya pilihan antara hidup dan mengucapkan selamat tinggal kepada dunia seperti yang kalian tahu itu adalah belajar untuk beberapa jam berikutnya (dengan jadwal istirahat), bisakah kalian melakukannya? Tentu saja kalian bisa! Tidak ada lagi di dunia ini yang lebih berarti dari hidup kalian pada saat itu.

Jadi, jika kalian bisa melakukannya kemudian meninggalkan segalanya dan belajar dengan segala hal yang kalian miliki. Kemudian kalian dapat melakukannya dengan aman di kamar tidur kalian atau Perpustakaan ketika taruhannya tidak cukup yang tinggi. Ini semua hanya tentang kekuatan mental.

Berikan diri kalian semangat. Katakan pada diri sendiri, “saya harus melakukan hal ini. Semuanya tergantung pada hal itu.” Kadang-kadang, ini seperti membayangkan sebuah skenario nyata antara hidup-mati ketika kalian sedang menatap 37 halaman persamaan diferensial.

Langkah 5: Berikan hadiah untuk diri sendiri

Kadang-kadang jawaban tentang seberapa besar keinginan untuk menjadi disiplin terletak pada kualitas hadiah yang kalian berikan pada diri kalian sendiri setelah melakukan kemauanmu. Bagi banyak orang, hadiah dalam praktik disiplin diri adalah kedisiplinan itu sendiri. Bagi yang lain, terutama mereka yang hanya mencoba untuk belajar memiliki beberapa kemauan ketika belajar, kalian akan memerlukan sesuatu yang sedikit lebih nyata. Jadi, aturlah sistem hadiah.

Aturlah timer, belajarlah selama 20 menit dengan tanpa ada interupsi. Jika kalian berhasil, berilah satu poin untuk kalian. Kemudian, setelah istirahat sejenak, lakukanlah lagi. Jika kalian berhasil melakukannya lagi dalam 20 menit, berikan satu poin lagi untuk kalian. Setelah kalian telah mengumpulkan tiga poin-kalian telah berhasil belajar untuk satu jam penuh terganggu sama sekali dan kalian pantas untuk mendapatkan hadiah.

Mungkin itu adalah secangkir Starbucks latte, satu episode Seinfeld, atau bahkan hanya kemewahan mendapatkan akses ke media sosial selama beberapa menit. Buatlah hadiah dan tahanlah sampai kalian mencapai target kalian!

Langkah 6: Mulai dari hal yang kecil

Disiplin diri bukanlah sesuatu yang alami. Beberapa orang lebih disiplin dari yang lain. Mereka memiliki kemampuan langka untuk mengatakan “tidak” pada diri mereka sendiri ketika mereka ingin mengatakan “ya”. Apa yang perlu kalian ingat, bagaimanapun, adalah bahwa disiplin diri adalah keterampilan belajar.

Sama seperti kemampuan untuk membuat sebuah lemparan bebas yang sempurna dengan persentase akurasi yang tinggi yang hanya bisa kalian dapatkan setelah berlatih lama, disiplin diri berasal dari pelaksanaan yang berulang ulang.

Mulailah dengan memaksa diri kalian untuk belajar “Aku harus” selama 10 menit dengan 5 menit istirahat. Kemudian, setelah itu menjadi relatif mudah, tambahkan menjadi lima belas menit. Terus tingkatkan waktu kalian saat mengatur disiplin diri sampai kalian bisa fokus selama 45 menit penuh. Kemudian, manjakanlah diri kalian dengan sesuatu dan kembalilah belajar lagi.

Sumber :
https://www.thoughtco.com : 6 Steps for Self-Discipline When You Study

Bila anda berkata kepada diri sendiri, “Saya tidak bisa berhenti” anda meyakinkan diri anda akan hal ini dan itu menjadi kenyataan. Jadi berhenti mengatakan itu.

Jika kamu tinggal sendiri. Ini tidak selalu baik untuk semua orang, dukungan sosial adalah salah satu faktor paling penting dalam kesuksesan dan bahkan kebahagiaan dan umur yang lebih lama. Tapi jangan stres selama ini, anda pasti bisa mengatasinya. Saran pertama adalah, jangan belajar di rumah. Tidak ada akuntabilitas. Temukan kedai kopi atau toko buku yang bagus yang merupakan tempat belajar anda.

Jika youtube yang menjadi masalah, blokir situs web di perangkat yang biasanya anda tonton saat anda ingin belajar. Berikan passwordmu pada temanmu.

Duduklah dan pikirkan apa yang berubah. anda bilang tidak selalu seperti ini. Mengapa? Apa yang membuatmu belajar sebelumnya? Apa yang telah berubah dalam rutinitas dan lingkungan sehari-hari anda?

Jadi sekarang anda dapat menggunakan beberapa pengkondisian cara lama yang baik. Saya akan menguraikan proses umum selangkah demi selangkah:

1.Temukan hadiah yang sangat berpengaruh

Usahakan berupa manisan yang anda sukai, atau makanan/minuman yang enak. Begitu anda memiliki hadiah yang besar, jangan makan atau menggunakan barang ini kecuali setelah mencapai tujuan studi. Setelah 15-20 menit (mulai kecil) belajar yang sukses dan intens, dapatkan hadiah. Bila 20 menit tidak masalah, benarkan sampai 30-40 sebelum Anda mendapatkan hadiah. JANGAN MEMILIKI REWARD JIKA ANDA TIDAK PUAS DENGAN SESI STUDI ANDA. Sebagai gantinya, ambillah waktu 2-3 menit dan coba lagi.

2. Tetapkan tujuan studi yang sangat spesifik

Anda harus memikirkan ini, berdasarkan tugasnya. Ini bisa menjadi tujuan waktu, seperti yang saya sebutkan di atas, atau berhasil menyelesaikan sebuah tugas. Ini adalah tugas / tujuan yang harus diselesaikan sebelum anda menghargai diri sendiri.

3.Tetapkan jadwal

Seperti yang dikatakan di poin satu, tetapkan jadwal spesifik untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi dari kebiasaan ini. Jadi 2 minggu pertama, misalnya, hadiahi diri sendiri setelah 20 menit, 2 minggu berikutnya, hadiahi diri sendiri setelah 40 menit, dan sebagainya.

4. Sesuaikan dengan rencana

Rencana adalah acuanmu. Masukkan ke dalam pekerjaan. Pada akhir hari, semua ini tidak ada gunanya, jika anda tidak duduk dan melakukannya.

Berikut adalah beberapa ide lagi untuk membantu anda masuk ke mode belajar :

Cahaya aroma lilin yang sama atau gunakan aroma minyak esensial yang sama saat anda mulai belajar. Cobalah duduk di meja yang sama di kursi yang sama atau di rumah kopi yang sama, apa pun, saat anda belajar. Duduklah di kursi yang nyaman dan cobalah untuk tidak menggunakan komputer saat belajar, jika memungkinkan.

Cara terbaik untuk membangun disiplin adalah dengan menjadikannya sebuah kebiasaan. Kebiasaan terbentuk dengan melakukannya berulang-ulang. Hal terpenting yang perlu anda tanyakan kepada diri sendiri adalah mengapa anda berpikir bahwa anda harus belajar. Jika jawaban terbaik anda adalah karena anda menginginkan nilai bagus atau itu yang harus anda lakukan, anda akan terus berjuang, tetapi jika anda mengerti, seperti BENAR-BENAR mengerti, bahwa anda ingin belajar, atau ini adalah langkah penting dalam mencapai tujuan, maka anda akan menemukan motivasi untuk bekerja menuju penerapan kebiasaan tersebut.

Sumber:
https://www.quora.com/How-do-you-discipline-and-motivate-yourself-into-studying

"Education is the most powerful weapon which you can use to change the world." - Nelson Mandela . Begitulah pentingnya pendidikan menurut Nelson Mandela yang menurutnya pendidikan adalah senjata paling kuat yang bisa digunakan. Bagaimanakah cara untuk mendapatkan pendidikan? Caranya adalah BELAJAR. Berdasarkan KBBI edisi V , Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Dengan belajar akan membuat kita menjadi orang yang pandai , berkakhlak dan berkarakter. Namun terkadang belajar tidak semudah yang kita bayangkan. Kita terkadang menjadi tidak disiplin ketika belajar sehingga belajar menjadi tidak efektif dan sia sia. Berikut adalah beberapa cara untuk mendisiplinkan diri dalam belajar.

1. Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Yang perlu Anda lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara: Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman atau dipinggir danau, atau diruangan ber-AC

2. Buatlah jadwal dan Belajar rutin

Dengan rutin belajar Anda akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah Anda pelajari. yang perlu Anda lakukan adalah “belajar rutin” bukan “Terlalu lama belajar”. Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama.

3. Tetapkan Target

Buatlah target target yang ingin anda capai kedepannya. Dengan adanya target , anda akan lebih termotivasi dan menjadi lebih disiplin dalam belajar sehingga belajar akan menjadi efektif dan menyenangkan

4. Buatlah Sanksi Jika melanggar

Tetapkanlah beberapa sanksi kepada diri anda jika anda melanggar komitmen anda. contoh , ketika anda melewatkan jadwal belajar anda 1 jam , anda harus menggantinya 2 kali lipat . kemudian , jika anda tidak mengerjakan 10 soal latihan maka harus mengerjakan 20 soal latihan kedepannya. Dengan adanya sanksi , keinginan untuk melanggar komitmen akan turun sehingga anda akan menjadi disiplin dalam belajar anda

Lakukanlah segala hal bukan karena paksaan namun karena memang keinginan anda dan untuk kehidupan anda niscaya semua yang anda lakukan akan terasa menyenangkan , teratur dan efektif.

sumber :
https://www.forbes.com/sites/jennifercohen/2014/06/18/5-proven-methods-for-gaining-self-discipline/#7bcd81a73c9f
http://www.studygs.net/discipline.htm