Bagaimana Cara Mendapatkan Nilai "A" di Mata Kuliah yang Sulit?

ujian nila A

Di mata kuliah yang sulit, banyak mahasiswa mencari-cari cara untuk bisa berhasil di mata kuliah tersebut. Bagaimanakah cara mendapatkan nilai “A” di mata kuliah yang sulit ?

1. Review materi-materinya sebelum kalian pergi tidur
Setiap malam, sejam sampai sejam setengah sebelum tidur, ulang materi-materi yang akan muncul pada quiz atau ujian yang akan datang. Penelitian menunjukkan bahwa jika kalian belajar sebelum tidur, kalian akan memiliki tingkat daya ingat yang lebih baik.

2. Baca buku-buku untuk materinya minimal tiga kali
Kalian akan menemukan suatu hal yang penting untuk digarisbawahi tiap membaca. Membaca bukunya hanya satu kali tidak membuat materinya tersimpan di memori jangka panjang (hanya segelintir orang jenius yang bisa melakukannya). Ketika kalian membaca bukunya lebih dari sekali, kalian tidak akan beresiko untuk melewatkan hal apapun dan kalian akan mendapatkan detil-detil penting.

3. Selalu datang ke kelas
Cobalah untuk tidak pernah absen di kelas, ini merupakan hal yang penting.

4. Mulailah belajar bahkan sebelum semester dimulai
Misalnya kalian mendapatkan libur 3-4 minggu, cobalah untuk belajar lebih dahulu sebelum semester dimulai daripada terus-terusan bersenang-senang dan liburan.

5. Temukan tempat yang efektif menurut kalian untuk kalian belajar
Intinya, cari tempat yang cocok dan sesuai dengan selera kalian untuk belajar, cari tempat yang senyaman mungkin.

6. Cek cara penilaian seseorang Dosen
Jangan mengambil kelas yang dosennya terkenal sulit untuk mendapatkan nilai A.

7. Memperbanyak latihan
Cobalah sample-sample latihan mengenai subjek mata kuliah terkait. Uji diri masing-masing.

8. Lakukan beberapa latihan sebelum mambaca materi-materi
Ini adalah hal yang besar. Kebanyakan orang membaca buku cetak atau menghadiri kelas bimbingan, lalu mencoba mengerjakan latihan setelahnya. Beberapa orang merasa teknik mengerjakan latihan terlebih dahulu lebih efektif.

Khasnya ada dua hal yang terjadi:

  • Kalian menemukan jawabannya. Jika yang ditemukan tidak sama dengan kunci jawaban di buku cetak, maka menelusuri kenapa jawabannya berbeda mungkin akan meberikan wawasan baru yang penting untukmu.
  • Kamu tidak menemukan jawabannya. Permasalahan yang anda tidak bisa kerjakan akan terngiang-ngiang di otakmu, materi-materi yang menyangkut permasalahan ini akan terasa menarik saat kalian mempelajari materinya dan menemukan solusi dari permasalahannya.

Jika kalian tidak dapat menyelesaikan masalahnya dengan cepat, disarankan untuk pindah ke masalah / soal selanjutnya. Intinya, coba selesaikan masalahnya terlebih dahulu dan perhatikan sebelum memutuskan untuk pindah ke nomor selanjutnya.

Secara harfiah, kalian mungkin beranggapan bahwa mengerjakan latihan terlebih dahulu akan memakan banyak waktu, tetapi dengan mempelajari soal-soalnya terlebih dahulu kemudian belajar materinya, akan memudahkan kalian untuk mengerjakan soalnya lebih cepat (jika sudah mengerti maksud dari soalnya)

9. Jangan terima kebosanan
Jika kalian bosan, maka kalian belom belajar dan kalian perlu untuk mengubah suatu hal dari diri kalian. Jangan pernah menerima kebosanan. Perasaan bosan adalah suatu cara yang dilakukan otak untuk memberi tahu bahwa ada sesuatu yang salah dari apa yang kalian lakukan.

  • Jika suatu materi membosankan karena kamu tidak mengerti, pertama, ulangi dan pelajari lagi apa saja yang kalian perlu untuk mengerti.
  • Jika kalian membaca buku yang tidak bagus, cari buku yang lebih bagus menyangkut materi-materi yang dipelajari.
  • Jika kalian berada di suatu kelas kuliah yang kurang bagus, cari sumber yang lebih bagus untuk kalian belajar.
  • Jika pelajarannya terlihat membosankan, maka pelajari tentang bagaimana pelajaran yang kalian pelajari dapat menjadi berguna untuk menyelesaikan permasalahan penting. Jika tetap tidak bisa, mungkin kalian harus belajar materi lain.

10. Susun rencana cadangan
Jika kalian terlalu memikirkan bagaimana mengerjakan ujian dengan baik, maka kallian akan merasa stres dan malah melakukannya dengan buruk. Selalu miliki rencana cadangan tentang apa yang akan kalian lakukan jaga jaga jika kalian gagal dalam suatu ujian, dan kembangkan rencana tersebut sehingga kalian dapat membayangkan bahwa itulah sesuatu yang ingin kalian lakukan. Dengan cara itu, jika kalian mengerjakan ujian dan berpikir “ah inimah bakal ga lulus”, kalian akan berpikir “yaudahlah ga bakal parah parah amat” dan kalian pun akan tetap tenang.

source:
forbes
quora

Kita semua pernah berada di keadaan ini. Hari pertama di kelas, dan kita sudah merasa kehilangan arah. Mungkin mata kuliahnya berada di luar keahlian kita, atau mungkin mata kuliahnya memang sulit. Apapun masalahnya, pelajarannya pasti sulit dan kita butuh beberapa alat untuk mengatasi tekanan. Berikut tips-tips untuk melalui mata kuliah yang sulit.

1. Mengetahui Kegiatan Nanti
Kamu bisa mengurangi stres dengan mengetahui apa yang berada di depan kita. Secara berhati-hati mengulas silabus dan tugas jadi kamu tidak terkejut dengan materi yang ada. Salah satu realita mata kuliah yang sulit adalah mereka membutuhkan usaha yang lebih besar. Seperti menghabiskan waktu lebih dalam kelas tersebut, yang bisa berarti menghabiskan waktu libur untuk belajar atau menolak undangan liburan.

2. Merencanakan Kedepan
Selagi kamu mengulas silabus, mulailah menentukan topik mana yang akan menjadi tantangan untuk mu, lalu buatlah rencana studi untuk satu semester. Buat sasaran harian dan mingguan, berikan dirimu waktu lebih untuk materi dan tugas yang sulit. Jika kamu membagi pekerjaan menjadi bagian-bagian kecil, kamu bisa menemukan beberapa bagian yang tidak sesulit bagian yang lain.

3. Mengganti Kebiasaan Belajar
Mungkin kamu belum pernah mendapatkan mata kuliah yang sulit sebelumnya, atau kamu mahasiswa yang jarang bergumul dengan pekerjaan kuliah. Apapun itu, banyak mahasiswa yang melalui kuliah dengan kebiasaan belajar yang buruk. Karena sekarang kamu sedang menghadapi mata kuliah yang sulit, kamu harus mengganti strategi. Gunakan rencana harian. Sisakan waktu untuk membaca, menulis, dan pekerjaan lainnya, dan berikan dirimu ganjaran setelah itu.

4. Pergi ke Kelas
Kelewatan kelas bukanlah ide yang bagus untuk mata kuliah yang sulit. Dengan tidak pergi ke kelas, kamu bisa melewatkan catatan dan pelajaran, yang mana keduanya bisa mempunyai informasi penting untuk ujian. Mendatangi kelas adalah kegiatan penting untuk mencapai kesuksesan dalam kelas yang sulit.

5. Bertemu dengan Dosen
Cari tahu jadwal instruktur kamu, dan berusahalah untuk menemui instruktur kamu di luar kelas. Beritahu dosen tentang kesuliat yang kamu hadapi, dan tanyakan kepada instruktur mu, apakah dia mempunyai tips dalam menghadapi materi yang sulit. Hanya dengan mengetahui jika ada mahasiswa yang kesulitan dapat membuat dosen mengatur pembelajaran.

6. Buat Kelompok Belajar
Jika kamu menemukan pelajaran yang sangat sulit, sangat besar kemungkinan bahwa ada mahasiswa lain yang kesulitan juga, kamu bisa saling membantu. Saat belajar dengan suatu kelompok, kamu bisa mendapatkan ilmu dari mahasiswa lain, dan kamu juga bisa membantu apabila mahasiswa lain kesulitan. Tapi, berhati-hatilah dalam bekerja dan hindarilah pelanggaran aturan belajar.

7. Datangi Pusat Belajar
Semua universitas menawarkan tempat belajar. Banyak juga yang punya pusat belajar yang terpisah atau mempunyai jadwal spesifik, seperti matematika atau sains. Cari tahu kapan dan dimana kamu bisa mendapatkan bantuan di pelajaran tertentu, dan datangilah setidaknya sekali seminggu.

8. Cari Bantuan
Mungkin kamu tidak bisa mendatangi pusat belajar, atau mungkin tidak ada tutor yang bisa membantu kamu. Untuk beberapa mahasiswa, tutoring dari luar bisa sangat membantu. Lihat di papan pemberitahuan universitas tentang tutoring. Namun, tutoring dari luar bisa sangat mahal, jadi harus berhati-hati dalam memilih.

9. Meringankan Beban
Kita semua mempunyai momen dalam hidup kita dimana kita sedang kesulitan. Membebaskan beberapa waktu untuk mengerjakan tugas bisa membuat perbedaan. Mengetahui batas dan tahu cara memanage waktu adalah kemampuan yang sangat berguna untuk perkuliahan dan hidup.

10. Lawan Stress
Terkadang kita akan membuat beberapa hal menjadi sulit karena terlalu mengkhawatirkan suatu hal. Penting halnya untuk beristirahat dan menurunkan stress dan mendapatkan perspektif dalam pekerjaan. Pastikan kamu mendapatkan cukup tidur, cukup makan, dan juga kegiatan social.

1. Temukan Gaya Belajar Anda
Pendekatan terbaik tidak datang dari materi. Itu berasal dari Anda. Anda perlu mencari tahu bagaimana Anda bisa belajar yang terbaik.

Ada tiga gaya belajar dasar:

  • Visual : Anda belajar dengan melihat dan memvisualisasikan informasi. Anda memahami grafik, video, dan grafik.

  • Auditori : Anda belajar dengan mendengar informasi. Anda dapat menyimpan informasi perkuliahan, dan Anda ingat apa yang Anda dengar.

  • Kinestetik : Anda belajar dengan melakukan. Anda berkembang dalam kelompok dan belajar paling baik melalui kolaborasi dan interaksi.
    Begitu Anda tahu bagaimana Anda bisa belajar dengan baik, Anda bisa menerapkan strategi terbaik untuk kelas Anda yang sulit.

2. Termotivasi
Anda paling berhasil saat Anda termotivasi. Tapi Anda harus menjadi pendorong di balik motivasi itu - bukan orang lain, seperti guru atau orang tua Anda. Ada banyak cara untuk mendapatkan motivasi, tapi salah satu yang paling berguna adalah menetapkan tujuan. Penetapan tujuan dapat berlangsung selama satu jam berikutnya, atau beberapa tahun ke depan.

Anda mungkin sudah memiliki tujuan jangka panjang (seperti lulus kursus dengan nilai tertentu), tapi ingat juga untuk berpikir kecil. Sebuah tujuan bisa jadi Anda akan menguasai satu konsep kunci. Bekerja menuju tujuan Anda akan membuat Anda termotivasi. Dan jangan lupa jadwalkan dengan imbalan!

3. Luangkan Waktu Anda
Jika Anda ingin sukses di kelas Anda yang sulit, Anda harus memberikannya waktu yang tepat. Anda tidak bisa terburu-buru. Biarkan diri Anda belajar ekstra untuk kelas yang lebih sulit bagi Anda. Ambil langkah kecil. Ini juga akan membantu untuk memecah informasi menjadi potongan yang lebih kecil. Gunakan gaya belajar di mana Anda melihat keseluruhan subjek, tapi juga pada bagian yang lebih kecil. Melanggar subjek, membuatnya mudah diatur dan memberi Anda kepercayaan lebih.

4. Ciptakan Keyakinan
Jangan membuat kesalahan dengan menerima bahwa Anda tidak mahir dalam matematika, atau menulis, atau sains atau subjek mana pun yang Anda hadapi. Itu bisa menjadi ramalan yang dipenuhi sendiri. Dan selain itu, itu tidak benar. Anda akan menemukan bahwa jika Anda belajar dalam gaya belajar yang sesuai dengan Anda, temukan cara untuk memotivasi diri sendiri dan meluangkan waktu Anda, Anda akan menciptakan kepercayaan diri Anda. Keyakinan itu akan menerjemahkan kesuksesan yang terukur dalam kursus sulit Anda.

Percayalah bahwa Anda dapat memperbaiki, dan Anda akan melakukannya.

source : https://www.noodle.com/articles/4-ways-to-successfully-pass-a-class-youre-not-good-at