Bagaimana cara mencintai diri sendiri sepenuhnya?

Dalam dunia psikologi mencintai diri sendiri merupakan hal yang benar dari pandangan tertentu dan hal yang salah dari pandangan tertentu lainnya. Psikologi mempelajari banyak kemungkinan sikap dan sifat manusia serta karakter dan respon manusia baik dilihat dari masing-masing personalnya ataupun dilihat ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Bagaimana cara mencintai diri sendiri sepenuhnya ?

Beberapa tips cara mencintai diri sendiri :

  1. Luangkan Waktu
    Cara pertama untuk bisa mencintai diri sendiri adalah meluangkan waktu dengan baik. Apakah anda tipe pekerja keras atau tipe orang yang membutuhkan liburan jika diperlukan ? tak masalah. Tetapi bayar diri anda dengan meluangkan waktu untuk istirahat, minimal untuk tidur yang berkualitas. Manusia bekerja untuk dibayar dan bersekolah untuk menuai ilmu. Begitupun dengan diri anda yang menginginkan bayaran atas apa yang telah ia lakukan.

  2. Cari Kegiatan Sesuai Bakat
    Mencari kegiatan sesuai dengan bakat anda akan membantu anda untuk mencintai diri anda sendiri lebih jauh lagi. Apa hubungannya antara kegiatan dan cinta? tentu saja ada dimana anda melakukan kegiatan yang anda bisa dan anda sukai. Maka anda akan sadar betapa bergunanya diri anda dalam bakat tersebut. Banyak orang yang tidak mencintai diri mereka sendiri karena menganggap bahwa mereka tidak bisa melakukan apapun dengan benar, padahal bukan seperti itu. Masing-masing manusia memiliki porsinya dan kelebihannya sendiri.

  3. Berhenti Jadi Orang Lain
    Jangan jadi orang lain jika ingin mencintai diri sendiri. Teorinya hanya berbicara tanpa benar-benar ingin tahu siapa anda, dan bagaimana anda hidup. Untuk itu berhenti jadi orang lain dan percaya dirilah menjadi diri sendiri. Kehidupan ini adil jadi setiap anda merubah diri pasti ada yang suka maupun benci, jangan takut dengan pandangan orang lain. Selama anda merasa perubahan diri anda tidak melewati batasan yang ada jangan ragu untuk menjadi diri sendiri.

  4. Lakukan Hal yang Disukai
    Melakukan apapun yang membuat anda bahagia memang terkadang melanggar aturan. Pasalnya belum tentu apa yang kita sukai merugikan atau menguntungkan bagi orang lain. Namun sesekali peraturan ada untuk di langgar dan terkadang mengasikan. Namun jangan keseringan juga karena yang ada nanti anda menuai masalah. Bahagiakan diri dengan hal yang disukai oleh anda dan berikan penghargaan tertinggi untuk diri anda sendiri.

  5. Buang Gengsi
    Hidup dibawah tekanan gengsi tak akan pernah bisa menyenangkan. Hal ini juga mencegah anda untuk mencintai diri sendiri karena anda tidak harus hidup dengan bayang-bayang orang lain. Mereka hanya bisa melihat apa perubahan anda dan sejauh mana anda bisa mengikuti orang lain namun bukan berarti mereka memang benar-benar memperhatikan anda.

  6. Hargai Tubuh Anda
    Menghargai tubuh anda merupakan cara untuk mencintai diri sendiri. Seringkali banyak orang yang merasa minder karena tubuh pendek, perut gendut, mata sipit, kulit hitam dan hal lainnya. Semua sudah dipilihkan dan disesuaikan dengan masing-masing pribadinya tanpa harus malu atau minder cobalah untuk hargai diri anda dan jangan dengarkan orang lain.

  7. Perhatikan Kebutuhan Diri Sendiri
    Tips selanjutnya yakni memperhatikan kebutuhan diri sendiri. Memperhatikan sama saja dengan menghargai dan juga mendengarkan apa yang membuat anda bahagia. Perhatikan apa saja kebutuhan anda meskipun hal tersebut sederhana layaknya makanan yang anda sukai, tempat wisata yang bisa menenangkan anda atau anda sedang butuh hiburan misalnya nonton film dan hal lainnya. Dengan begitu anda merasa akan lebih mencintai diri anda sendiri.

Mencintai diri sendiri merupakan hal yang penting bagi kepribadian kita. Tidak ada jaminan orang lain akan mencintai diri kita apa adanya sepanjang waktu, kecuali orang tua kita. Oleh karena itu, kalau bukan diri kita sendiri yang mencintai diri kita, lalu siapa lagi ?

Anehnya, masih banyak orang yang merasa sulit untuk mencintai dirinya sendiri, bahkan membenci dirinya sendiri, seakan-akan dirinya terlalu banyak kekurangannya, sehingga dia tidak merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

Menjalin hubungan dengan diri sendiri adalah hal yang paling penting di muka bumi ini. Stephanie Kang, seorang psikolog dari PsychCentral

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan, menurut beberapa psikolog, diambil dari artikel yang ada di kompas, untuk lebih mencintai diri sendiri.

1. Penuhi kebutuhan diri sendiri dengan baik

Menurut Julie Hanks, LCSW, terapis dari PsychCentral, langkah pertama untuk mulai bersahabat dengan diri sendiri adalah dengan memerhatikan kebutuhan fisik, rohani, psikis, dan mental kita. Misalnya dengan mengetahui bahwa kita harus mendapatkan cukup tidur 7-8 jam setiap malam, makan tiga kali sehari, olahraga, hingga meluangkan waktu untuk meredakan stres dan beribadah, misalnya. Namun jangan cuma diperhatikan. Semua kebutuhan ini harus dipenuhi dengan cara-cara yang sehat. Misalnya, dengan memastikan menu makanan sehat, mulai berkomitmen untuk olahraga kecil-kecilan, hingga menjadwalkan waktu tidur dan tidak membiasakan begadang.

Hanks juga menyarankan untuk memprioritaskan aktivitas yang membuat kita senang dan bahagia. Tidak perlu yang muluk-muluk. Kesenangan dan kebahagiaan bisa didapat dari hal kecil. Contohnya, jalan-jalan di taman, sesekali makan makanan yang kita suka, berendam di air hangat sambil menyalakan lilin aromaterapi, atau menonton film kesukaan di kala senggang. Meskipun terkesan remeh, hal-hal ini dapat membawa kebahagiaan dan kepuasan pada diri kita secara tidak langsung.

2. Ngobrol dengan diri sendiri

Bicara dengan diri sendiri adalah cara sederhana untuk belajar mencintai diri sendiri. Dengan ngobrol dalam hati atau bicara sendiri di kamar tidur, kamar mandi, atau di depan cermin, kita akan mulai menjalin persahabatan dengan diri sendiri. Ketika ngobrol sendiri, kita akan menempatkan diri sebagai orang lain yang berbicara dengan diri kita. Isi obrolan ini akan membuat kita lebih bisa menilai diri sendiri secara objektif, sehingga menjadi masukan yang membantu. Berbicara dengan diri sendiri pada akhirnya bisa membantu kita lebih fokus dan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebagai contoh, tidak ada salahnya bertanya-tanya bila ada hal yang membuat kita merasa tidak nyaman. “Mengapa saya merasakan tidak nyaman? Apa yang membuat saya tidak nyaman?” Nah, berbicara dengan diri sendiri bisa membantu kitaa menemukan jawabannya, sehingga bisa memutuskan akan melakukan apa untuk membuat diri kita merasa nyaman. Satu lagi manfaat ngobrol dengan cerminan diri adalah untuk menyalurkan emosi yang terpendam. Ketika sedang kesal atau marah, kita boleh teriak-teriak sendiri. Tanpa disadari, lama-lama kita akan tenang sendiri.

3. Menerima diri sendiri

Menjalin hubungan baik dengan diri sendiri bisa dimulai dengan menerima diri sendiri apa adanya, termasuk kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Rasa percaya diri akan muncul ketika kita memiliki pandangan yang baik terhadap kepribadian diri. Ingatkan bahwa keindahan yang sebenarnya tidak terlihat dari penampilan luar saja. Ketika kita merasa nyaman dengan diri sendiri, kita akan percaya diri dan berpikir bahwa cantik tidak berkaitan dengan paras yang elok atau tubuh seperti supermodel, namun berkaitan dengan hati dan pikiran. Bila tidak bisa melakukannya sendiri, Stephanie Kang menyarankan untuk coba curhat dan berbagi dengan sahabat, keluarga atau bahkan psikolog yang bisa membantu masalah ketidakpercayaan diri.

4. Bergaul dengan orang-orang yang positif

Salah satu cara menjalin hubungan dengan diri sendiri yang baik dan sehat adalah mengelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang menyayangi kita. Berkumpul dengan orang-orang yang positif, penyanyang dan penuh cinta, bisa menjadi sebuah keuntungan. Kita bisa terbawa suasana dan kebiasaan yang positif. Hal ini bisa membuat kita jadi lebih baik.

5. Kurangi mengonsumsi berita negatif

Rasa ingin tahu yang mendalam kadang menjerumuskan kita pada sumber negatif, salah satunya yang populer sekarang ini bisa didapatkan lewat media sosial. Menurut Kang, mengasup berita-berita kebencian, kejahatan atau kekerasan bisa membuat kita terbebani, merasa takut dan akhirnya membuat diri sendiri tidak sehat pemikirannya. Maka dari itu, coba batasi membaca berita-berita negatif yang bisa membuat berpikiran negatif terus menerus. Buat jadwal membuka twitter, facebook, instagram sesedikit mungkin, perbanyak berinteraksi dengan orang-orang positif. Lalu, temukan betapa berharganya diri kita di dunia ini.

mencintai diri sendiri

Selain itu, artikel yang ditulis oleh Emma Kaes ini dapat menjadi inspirasi untuk lebih memupuk rasa cinta kita kepada diri kita sendiri,

1. Jangan terlalu menuruti omongan orang lain

Ingatkan dirimu bahwa kamu gak perlu memaksakan dirimu melakukan sesuatu yang dilakukan oleh orang lain. Dan kamu nggak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Beranilah berbeda, karena mereka nggak berhak mengatur hidupmu. Waktumu di dunia ini sangat berharga, jadi jangan membuang waktumu untuk mengurusi omongan orang lain. Belum tentu mereka lebih baik darimu.

2. Jauhi mereka yang selalu berusaha merendahkanmu

Sebaiknya kamu menjauhi orang-orang yang membawa efek negatif ke dalam hidupmu. Jangan khawatir kehilangan mereka yang tidak peduli denganmu. Mereka hanyalah sekumpulan toxic people yang berusaha menjatuhkanmu. Karena teman-teman yang baik akan selalu memotivasimu untuk melakukan perbuatan baik, bukan malah sebaliknya. Kualitas lebih baik dari kuantitas.

3. Maafkanlah kesalahanmu di masa lalu

Apapun kesalahan yang pernah kamu perbuat di masa lalu, kamu harus berusaha merelakannya dan memaafkan dirimu sendiri. Kamu bukanlah manusia sempurna yang tidak luput dari kesalahan dan masa lalu yang kelam. Kamu harus segera move on dengan masa lalumu dan bersiaplah untuk menorehkan tinta baru dalam babak hidupmu.

4. Ciptakan perubahan dalam hidupmu

Hanya karena sesuatu tersebut membuatmu bahagia, nggak bearti kamu harus tetap melakukannya selamanya. Kamu harus berani membuat perubahan yang berdampak baik untukmu. Lakukan kegiatan positif yang belum pernah kamu lakukan. Tinggalkan sesuatu yang membuatmu terkekang.

5. Beri dirimu kesempatan untuk mencoba ide baru

Jangan takut untuk mencoba hal baru. Kamu harus menciptakan peluang dan ide baru yang sesuai dengan dirimu, sehungga kamu bisa nyaman dengan ide tersebut. Buatlah ide seunik mungkin, keluarlah dari zona nyamanmu dan berpikirlah out of the box.

6. Dengarkan intuisimu dan jujurlah dengan diri sendiri

Terkadang manusia sering mengabaikan intuisi dan kata hati mereka. Padahal intuisi sangat penting untuk mencapai tujuan hidup. Mulailah dengarkan suara hatimu. Karena rasa percaya diri muncul ketika kamu mengetahui apa yang akan kamu kerjakan, dan yang kamu lakukan itu benar adanya.

7. Percayalah pada kemampuanmu

Segala sesuatu pasti akan terjadi jika kamu percaya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Kamu pun bisa melakukan segala sesuatu, kuncinya adalah ketahui dirimu sendiri dan percayalah bahwa kamu mampu melakukannya.

8. Jalani hidupmu dengan semestinya

Salah satu anugrah terindah yang kamu peroleh dalam hidupmu adalah sebuah kesempatan. Hidupmu bukan hanya diantara hidup dan mati. Selagi kamu hidup, kamu harus bisa menjalani hidupmu sebaik mungkin. Kamu bisa hidup seperti aliran arus. Jangan terlalu serius dengan hidupmu.

Cintai Diri, Jadi Tak Tertandingi

"Badannya bagus ya, langsing. Badanku jelek.”

“Dia pintar banget ya? Lulus kuliahnya cepat. Nggak kayak aku.”

“Senang ya pasti jadi dia. Pintar, cantik lagi.”

Seberapa sering Anda mendengar hal-hal sejenis kalimat diatas diucapkan orang di sekitar Anda ? Atau seberapa sering diri Anda sendiri mengucapkan hal ini ? Banyak orang ingin mudah dicintai dan dihargai orang lain, tapi terkadang lupa bahwa semua harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Hampir setiap orang memahami artinya mencintai orang lain. Bahkan kita terus mengasah kemampuan tersebut. Namun sadarkah jika mencintai diri sendiri merupakan langkah yang sangat penting sebelum bisa mencintai orang lain ? Banyak orang masih belum memahami arti penting hal ini. Kita lebih tersibukan dengan membahagiakan orang lain hingga lupa membahagiakan diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah tentang penerimaan diri, penguasaan diri dan rasa hormat kepada diri sendiri. Hal inilah yang akan menjadi kekuatanmu. Mencintai diri sendiri membuat kita peduli dengan orang lain karena mampu memahami kekuatan yang sesungguhnya dalam diri.

1. Tak ada gunanya membandingkan diri dengan orang lain

Kita terlahir dengan keunikan dan cerita masing-masing. Membandingkan diri kita dengan orang lain hanyalah membuang-buang waktu. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Hilangkanlah pikiran negatif tentang dirimu, dan mulailah menerima dirimu apa adanya karena disanalah letak awal kebahagiaan bermula.

2. Cintai dirimu sendiri sebelum orang lain

Kita tak akan bisa mencintai orang lain dengan benar sebelum kita bisa mencintai diri sendiri dengan tepat. Mencintai diri sendiri adalah tentang menghormati dan menerima dirimu tanpa merendahkannya. Banyak orang yang tidak menjadi dirinya sendiri demi mendapatkan perhatian orang lain. Namun untuk kamu yang bisa memahami diri, kamu akan selalu menjadi dirimu apa adanya dalam hidup ini tanpa mengkhawatirkan pandangan negatif orang lain.

3. Fokuslah dengan kekuatanmu

Banyak orang menderita karena terlalu mengkhawatirkan kritik dan pandangan buruk orang lain terhadap kelemahannya. Namun dibalik setiap kelemahan selalu tersimpan kekuatan, begitupun dalam dirimu. Fokuslah dengan kekuatan-kekuatanmu itu dalam meraih berbagai impian. Fokus dengan kekuatanmu akan lebih membuatmu produktif menjalani hidup, dan satu hal yang harus dipahami adalah akan selalu ada orang yang menghalangimu dalam meraih impian. Jangan dengarkan mereka, fokuskan saja dengan dirimu.

4. Masa lalu adalah pelajaran berharga untuk masa depanmu

Setiap orang tentunya memiliki masa lalu yang tak menyenangkan dalam hidup ini. Namun masa lalu adalah pengalaman yang bisa kamu jadikan pelajaran untuk menjadi diri yang lebih baik lagi di masa depan. Terimalah hal tersebut, namun jangan biarkan masa lalu merenggut kebahagiaanmu.

5. Hidup adalah tentang menjadi dirimu sendiri

Hidup bukanlah tentang kompetisi dirimu menghadapi orang lain, melainkan melawan dirimu sendiri untuk lebih baik lagi dari hari kemarin. Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri, karena setiap orang akan memiliki cerita kehidupannya masing-masing.

6. Luangkanlah waktu untuk self-talk

Kamulah yang paling tahu tentang dirimu sendiri. Luangkanlah waktu melakukan self-talk untuk menyemangati dirimu sendiri. Salah satu cara sederhana adalah dengan memberikan kalimat-kalimat positif setiap pagi untuk dirimu sendiri. Hal ini sangat penting karena kamu akan mendengarkan apa yang kamu ucapkan sendiri, dan berpengaruh dalam cara kamu memandang dirimu sendiri serta apa yang kamu yakini.

7. Kamu tak seperti yang orang lain pikirkan

Seperti yang telah diungkapkan diatas, akan selalu ada orang lain yang nyinyir tentang dirimu sendiri, tak peduli sesukses apapun yang telah kamu raih. Namun kamu bukanlah apa yang orang lain katakan tentangmu. Daripada capek-capek memikirkan penerimaan orang lain, bukankah lebih baik memulai menerima dirimu sendiri.

1 Like