Bagaimana cara mencerahkan warna ikan koi ?

ikan koi

Bagaimana cara mencerahkan warna ikan koi secara alami dan aman agar tetap terlihat cantik dan sehat tidak pucat ?

Di bawah ini upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerahan warna pada ikan koi :

- Jagalah Kebersihan Air Kolam
Air memiliki peranan penting dalam mempengaruhi kesehatan dan keindahan ikan koi. Ikan ini pada dasarnya menyukai kolam yang mempunyai air yang mengalir sehingga kadar oksigen yang terkandung di dalamnya pun cukup tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk melengkapi kolam ikan koi Anda dengan air terjun buatan. Jangan lupa perhatikan pula kondisi pada air tersebut yang meliputi suhu air 24-26 derajat celsius, pH air 7.2-7.4, kadar oksigen 3-5 ppm, dan kadar nitrit kurang dari 2 persen.

- Pastikan Mendapat Sinar Matahari
Sinar matahari ternyata sangat berguna untuk memunculkan warna yang cerah pada ikan. Hal ini terbukti dari ikan-ikan koi yang biasanya dipelihara di kolam indoor tampak lebih pucat. Tetapi intensitas pancaran sinar matahari yang terlalu lama pun kurang baik bagi kolam sebab dapat meningkatkan suhu airnya. Anda bisa memasang peneduh sedemikian rupa agar cahaya matahari pagi saja yang dapat menyinari kolam.

- Pemberian Pakan yang Tepat
Di samping dapat membuat ikan koi gemuk, pakan yang tepat juga sanggup mencerahkan warnanya. Anda bisa menggunakan pakan yang banyak mengandung zat karoten seperti wortel, alga, ganggang, semangka, sawi, kubis, dan hijau. Ada pula pakan yang berasal dari unsur hewani seperi udang, kepiting, salmon, kutu air, jentik nyamuk, dan cacing darah. Jika tidak mau repot mengolah pakan-pakan tersebut terlebih dahulu, Anda bisa memakai pelet yang mengandung spirulina.