Bagaimana cara mencegah timbulnya karang gigi?

karang gigi

Banyak masalah kesehatan gigi akibat adanya karang gigi. Adakah tips untuk mencegah timbulnya karang gigi tersebut dan cara menghilangkan karang gigi?

Berikut beberapa tips untuk mencegah timbulnya karang gigi :

  1. Menyikat Gigi Secara Rutin
    Sikatlah gigi Anda secara rutin, mungkin saat Anda mandi, sesudah makan, dan juga sebelum tidur. Yang perlu diwaspadai ialah kinerja kuman saat kita tidur. Orang seringkali malas menyikat gigi sebelum tidur, padahal kuman dalam mulut bekerja aktif saat kita tidur. Maka dari itu, mulut harus dibersihkan sebelum tidur juga pada saat-saat tertentu seperti yang telah disebutkan.

  2. Berkumur dengan Mouth Wash
    Berkumur dengan mouth wash dapat dilakukan sesudah menyikat gigi. Langkah ini akan menyempurnakan kebersihan dalam mulut. Sisa-sisa makanan di sela gigi yang tidak terjangkau saat menyikat gigi akan dijangkau dan dibersihkan saat kita berkumur. Berkumur yang baik tidak sekedar hanya menggunakan air. Gunakanlah mouth wash yang mengandung antiseptik sehingga kuman-kuman jahat akan ditangkal saat proses pembuatan karang gigi. Kita juga bisa berkumur menggunakan mouth wash alami yang terbuat dari campuran air dengan garam atau campuran air dengan daun sirih.

  3. Konsumsi Sayur dan Buah
    Sayur dan buah merupakan asupan penting bagi tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh saja. Kandungan vitamin dan mineral dalam sayur dan buah juga berperan penting untuk membentuk air liur dalam mulut. Air liur dalam mulut kita memiliki peranan mencegah timbulnya karang gigi. Konsumsilah sayur dan buah secara rutin, agar tidak hanya tubuh saja yang sehat, mulut pun juga terjaga kesehatannya.

    Beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya karang gigi adalah buah apel dan buah melon. Buah apel mengandung vitamin C cukup banyak. Vitamin C tersebut mampu mencegah dan menghilangkan karang gigi. Untuk kesehatan mulut, kita hanya perlu mengkonsumsi apel secara rutin. Buah melon banyak mengandung serat alami. Serat alami tersebut berperan aktif dalam proses pembentukan air liur yang baik untuk menangkal karang gigi. Pada dasarnya, berbagai sayur dan buah memiliki banyak serat dan berbagai vitamin dan mineral. Maka, konsumsilah sayur dan buah secara rutin.

  4. Melakukan Flossing
    Flossing dilakukan guna menghilangkan sisa-sisa makanan di sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Membersihkan gigi dengan cara flossing sesudah menyikat gigi akan menyempurnakan kebersihan gigi kita. Sisa-sisa makanan penyebab karang gigi akan hilang disertai dengan hilangnya gangguan mulut yang lainnya

  5. Minum Air Putih dengan Rutin
    Konsumsi air putih tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Air putih juga mampu mencegah karang gigi.

    Konsumsi air putih dapat mencegah timbulnya plak karena air putih tidak bersifat menimbulkan plak seperti minuman lain seperti teh dan kopi. Konsumsi air putih yang baik ialah 8 gelas setiap harinya.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/penyebab-karang-gigi

Kita harus rutin menggosok gigi setidaknya sebelum tidur agar terbebas dari masalah karang gigi. Namun, kita juga harus rutin untuk melakukan pemeriksaan gigi setidaknya sekali dalam enam bulan. Selain itu, ada sebuah tips unik yang bisa kita lakukan untuk mencegah masalah ini, yakni dengan rutin berkumur setelah makan besar.

Ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk mencegah munculnya karang gigi; yakni jika kita termasuk penyuka minuman manis atau minuman bersoda, alih-alih menenggaknya langsung dari gelas atau botol, cobalah untuk memakai sedotan sehingga kita pun meminimalisir sentuhan antara gigi dan juga kandungan gula yang bisa membuat masalah bagi kesehatan gigi dan mulut.

Sumber: http://doktersehat.com/agar-bisa-terbebas-dari-karang-gigi-rutin-rutinlah-berkumur-setelah-makan/

Cara mencegah karang gigi yang paling bagus dan tentunya aman, seperti berikut ini.

  1. Rajin Sikat Gigi
    Berhubungan dengan kesehatan mulut serta gigi, maka tidak bisa lepas dari kebiasaan baik yang harus dilakukan secara rutin yakni menyikat gigi. Menyikat gigi harus dilakukan setiap hari khususnya saat mandi, sesudah makan dan sebelum pergi tidur dengan cara menggerakan sikat gigi dengan arah keatas dan bawah agar sisa makanan yang ada pada sela gigi bisa terbuang dan tidak menyebabkan plak pada gigi.

  2. Kumur Dengan Obat Berkumur Alami
    Cara berikutnya yang bisa anda gunakan adalah berkumur dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash berbahan alami. Berkumur ini juga tidak boleh dilakukan dengan asal yakni menggunakan air biasa. Sisa makanan yang masih tertinggal sesudah menggosok gigi bisa dihilangkan dengan cara berkumur air yang sudah dicampur dengan garam atau air rebusan daun sirih sebab kedua bahan ini mengandung anti bakteri yang bisa membasmi kuman lebih baik lagi.

  3. Menggunakan Pasta Gigi Khusus
    Saat ini sudah banyak pasta gigi yang dilengkapi dengan flouride yang berguna untuk memperbaiki rusaknya enamel dan sebagai pencegah mengerasnya plak yang akan menjadi karang gigi tersebut. Selain memilih pasta gigi yang mengandung flouride, pilih juga pasta gigi yang ada kandungan tricolsan untuk membunuh berbagai kuman penyebab plak pada gigi.

  4. Konsumsi Sayur dan Buah
    Memilih asupan makanan juga menjadi bagian penting untuk diperhatikan. Sayur dan buah merupakan makanan yang tinggi akan kandungan serat serta memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Vitamin ini nantinya akan memperbanyak produksi air liur sebagai cara mencegah karang pada gigi.

  5. Banyak Minum Air Putih
    Tidak hanya baik untuk pencernaan dan orang tubuh lainnya, minum banyak air putih juga merupakan cara pencegahan terbentuknya karang gigi. Air putih tidak akan meninggalkan noda pada gigi seperti yang terjadi jika anda minum teh, kopi atau minuman berwarna lainnya. Biasakan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari agar masalah gigi ini bisa dihindari sekaligus juga menghindari bahaya dehidrasi.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-mencegah-karang-gigi

Beberapa tindakan yang bisa dilakukan agar karang gigi tidak merajalela dalam mulut sehingga efek buruknya bisa dicegah, antara lain:

  • Menyikat gigi
    Menyikat gigi dua kali sehari selama minimal dua menit dianggap mampu mencegah tumbuhnya karang gigi. Gunakan sikat gigi yang lembut dan mampu menjangkau bagian belakang gigi geraham.

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride
    Pasta gigi yang mengandung flouride dianggap mampu mencegah plak berkembang menjadi karang gigi. Pasta gigi jenis ini juga lebih efektif dalam memperbaiki lapisan gigi yang rusak. Akan lebih baik jika pasta gigi yang digunakan juga mengandung triklosan yang mampu memerangi bakteri yang berdiam di plak gigi.

  • Flossing
    Membersihkan gigi dengan benang gigi atau flossing adalah solusi paling jitu untuk membersihkan plak yang ada di sela-sela gigi, sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya karang gigi. Flossing tetap perlu dilakukan, meski sudah menyikat gigi rutin.

  • Kurangi makanan dan minuman manis
    Bakteri yang ada di mulut sangat erat kaitannya dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Mereka berkembang dengan baik saat makanan manis dan bertepung dikonsumsi. Bakteri akan mengeluarkan zat asam berbahaya jika bertemu dengan kedua jenis makanan di atas. Cara terbaik mengurangi kemungkinan terbentuknya karang gigi adalah dengan membatasi jenis-jenis makanan tersebut.

  • Hindari merokok
    Kebiasaan merokok mempermudah pembentukan karang gigi.
    Untuk menghilangkan karang gigi secara menyeluruh, sebaiknya konsultasi ke dokter gigi. Selain itu, disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi dan mulut setiap enam bulan sekali.

Sumber ; https://www.alodokter.com/apa-saja-efek-karang-gigi-dan-cara-mencegahnya