Bagaimana cara mencegah rambut rusak karena berenang?

rambut-renang-21

Ada banyak hal yang bisa membuat rambut rusak dan kering. Di antaranya adalah debu, polusi, sinar matahari, alat-alat styling rambut yang menggunakan pemanas, dan juga bahan-bahan kimia untuk mempercantik rambut. Berenang juga ternyata merupakan salah satu aktivitas yang rentan bikin rambut kering dan rusak. Hal itu disebabkan karena klorin dan zat-zat lain yang biasanya terkandung dalam air pada kolam renang. Apalagi kalau kita suka berenang siang-siang, dan rambut terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

1.Sebelum keramas atau mandi, segera keringkan rambut menggunakan handuk setelah berenang. Cara mengeringkan rambut bukan dengan cara menggosoknya keras-keras, melainkan dengan menepuk-nepuknya. Sebelum keramas atau mandi, segera keringkan rambut menggunakan handuk setelah berenang. Mengapa sebaiknya tak menggosok rambut dengan handuk keras-keras? Ada alasan khusus. Rambut berubah rapuh akibat paparan bahan kimia dari kolam renang. Nah, menggosok rambut dengan handuk hanya akan membuat rambut patah atau bercabang. Ada manfaat lain menepuk rambut dengan handuk, yaitu membantu menghilangkan bahan kimia sehingga membuat shampo dan air bersih mudah menembus kutikula rambut.

2. Cuci rambut segera setelah berenang dengan shampo yang bisa membersihkan sisa logam. Di pasaran, shampo jenis ini biasanya memiliki label EDTA pada kemasannya. Sebagai informasi, ketika berenang, rambut menyerap berbagai kandungan logam seperti tembaga, seng, dan besi yang menyebabkan kekakuan dan perubahan warna rambut. Nah, menggunakan shampo dengan EDTA akan memecah dan melarutkan berbagai bahan kimia tersebut.

3. Peras kelebihan air dari rambut setelah keramas sebelum menggunakan kondisioner. Mengurangi kelebihan air membuat kutikula rambut mudah menyerap kondisioner. Oleskan kondisioner ke seluruh rambut untuk mengembalikan keseimbangan dan kelembaban alami rambut.
Untuk meminimalkan efek air kolam yang merusak rambut, basahi rambut dengan air bersih sebelum memasuki kolam renang.

4. Untuk meminimalkan efek air kolam yang merusak rambut, basahi rambut dengan air bersih sebelum memasuki kolam renang. Menjenuhkan rambut berarti akan mengurangi penyerapan berbagai bahan kimia saat berenang.

5. Hal yang tak boleh kita lupakan adalah hindari meninggalkan kolam renang tanpa mencuci rambut. Semakin lama bahan kimia berada pada kutikula rambut, kemungkinan terjadinya kerusakan akan semakin besar.

Sumber: