Bagaimana cara mencegah masalah mulut dan gigi agar tetap sehat saat usia lanjut?

Seiring bertambahnya usia, kemampuan mengunyah Anda mungkin akan berkurang, terutama jika Anda kehilangan gigi dan memakai gigi palsu yang tidak pas. Selain itu, gangguan mulut dan gigi lebih sering berkembang saat usia semakin bertambah, seperti bau mulut, gigi berlubang, penyakit gusi dan infeksi. Bagaimana caranya merawat gigi dan mulut lansia?

Berikut adalah tips untuk mencegah masalah mulut dan gigi pada lansia, untuk memiliki mulut dan gigi yang tetap sehat saat masa tua nanti.

  1. Batasi makanan manis dan mengandung pati :
    Anda bisa mencegah gangguan mulut dan gigi dengan mengurangi atau membatasi makanan atau minuman yang manis dan mengandung pati. Keduanya merupakan makanan dan minuman yang dapat merusak gigi, berapapun usia Anda, baik anak-anak maupun lansia.

  2. Sikat dan flossing gigi setiap hari
    Pastikan Anda terus menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dan flossing gigi setiap hari. Ingat, kedua hal ini termasuk cara merawat gigi dan mulut yang paling dasar yang wajib dilakukan, seperti apa pun kondisi kesehatan lansia.

  3. Kunjungi dokter gigi secara teratur
    Dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur, dapat membantu Anda untuk mendeteksi masalah gigi yang mungkin terjadi di tahap awal. Jika Anda menunda perawatan, Anda mungkin akan mengalami kerusakan gigi permanen.

  4. Berhenti merokok
    Merokok dapat mempercepat kerusakan mulut dan gigi dan jaringan mulut dengan menurunkan sistem kekebalan dan mengurangi jumlah oksigen dalam darah.

  5. Merawat gigi sesuai anjuran dokter
    Jika Anda pernah melakukan implan gigi atau tambal gigi, ini perlu perawatan yang sesuai untuk tetap mendapatkan gigi yang sehat di masa tua nanti. Lakukan perawatan yang dianjurkan dokter untuk mempertahankan perbaikan gigi yang Anda miliki.

  6. Menjaga pola makan sehat
    Pola makan yang sehat dan seimbang akan membantu merawat gigi dan mulut lansia. Pastikan untuk menambahkan makanan hasil fermentasi dalam diet untuk membantu menyeimbangkan bakteri yang hidup di mulut.
    https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/merawat-gigi-lansia/