Bagaimana cara mencegah gusi berwarna kehitaman?

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Gigi tidak hanya memiliki fungsi untuk mengunyah makanan tapi juga memiliki fungsi ekstetika yang menunjang kecantikan. Karenanya, sangat perlu untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Jangan sampai gigi rusak akibat kurang dijaga kebersihannya. Ada beberapa orang yang memiliki gusi berwarna kehitaman yang menandakan ketidaksehatan.

Cara mengatasinya dapat sendiri di rumah dengan mengubah gaya hidup yang selalu mengutamakan kebersihan dan kesehatan mulut. Berikut adalah langkah-langkah sederhana cara menjaga kesehatan gusi dan mulut yang bisa Anda coba:

  1. Menyikat gigi dengan cara dan frekuensi yang benar, seperti dua sampai tiga kali sehari akan membantu supaya gigi, gusi dan bahkan keseluruhan bagian mulut tetap higienis.

  2. Berkumur dengan cairan obat kumur yang ada banyak di pasaran secara teratur juga akan menjaga area mulut tetap bersih dan higienis terjauh dari kuman. Atau jika Anda tidak ingin menggunakan obat kumur yang kiranya mengandung alkohol di mana beberapa berisiko membuat mulut kering, air garam dapat menjadi alternatif terbaik. Berkumurlah dengan air garam paling tidak dua kali dalam sehari untuk mengusir bakteri.

  3. Menjalani cleanup secara rutin dengan menemui dokter gigi kepercayaan atau langganan Anda.

  4. Jauhi sinar matahari, paparannya secara langsung dapat membuat kulit dan bagian gusi menjadi hitam. Apabila tidak dapat menghindarinya dengan tetap berada di ruangan karena kegiatan Andalah yang mengharuskan untuk berada di luar ruangan, pakailah kiranya aksesoris yang membantu melindung bagian atas tubuh, plus kepala.

  5. Menjalankan program diet di mana diet ini meningkatkan asupan vitamin dalam tubuh berikut mineral dan juga nutrisi penting lainnya. Asupan vitamin C dan B secara lebih akan membantu memulihkan kesehatan gusi. Sumber makanan mengandung kedua vitamin ini akan membuat gusi yang tadinya begitu gelap akan berangsur berubah menjadi merah muda yang segar.

  6. Berhenti dari kebiasaan merokok adalah jalan terbaik ketika gusi hitam ada kaitannya dengan rokok. Atau jika Anda suka mengunyah tembakau, hentikan juga kebiasaan ini agar keadaan gusi bisa diselamatkan dan berubah kembali menjadi warna normal.

  7. Gunakan minyak cengkih yang bisa dioleskan secara rutin ke bagian gusi yang terdapat warna hitamnya. Bila melakukannya tanpa putus dan teratur, dijamin permukaan gusi yang menghitam akan kembali menjadi merah muda.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-mulut/penyebab-gusi-jadi-hitam