Bagaimana Cara Menanggapi Catcalling?

CATCALLING

Catcalling merupakan suatu bentuk verbal (siulan atau komentar) yang dilontarkan untuk mendapatkan perhatian seseorang di tempat umum. Masih sangat banyak masyarakat kita yang menganggap normal catcalling. Padahal, catcalling tidak sama dengan memberikan pujian atau candaan. Perbuatan ini menjurus pada atribut seksual tertentu, sehingga termasuk salah satu bentuk pelecehan seksual. Tidak jarang dari kita yang pernah mengalami catcalling di tempat umum dan pastinya hal tersebut membuat kita merasa sangat risih, malu, bahkan ketakutan. Mirisnya, pelaku yang melakukan perbuatan tersebut justru merasa terhibur. Nah menurut Youdics, bagaimana cara yang paling tepat untuk menanggapi catcalling?

Summary

Hidayat, A., & Setyanto, Y. (2019). Fenomena Catcalling sebagai Bentuk Pelecehan Seksual secara Verbal terhadap Perempuan di Jakarta. Koneksi , 3 (2), 485-492.

Catcalling adalah kekerasan seksual secara non-fisik yang terjadi di komunitas. Catcalling juga sering disebut dengan street harassment karena biasa terjadi di ruang publik atau di jalan dan dilakukan oleh orang asing. Bagi laki-laki, catcalling masih dianggap sebagai candaan. Padahal catcalling merupakan tindakan disrespect yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan.

Untuk mengatasi catcalling ini, bisa dilakukan dengan cara :

  1. Menghindari atau melawan. Dalam memutuskan untuk melawan, kita perlu melihat kondisi dan situasi dengan bijak. Apabila tidak memungkinkan untuk melawan, sebaiknya kita menghindar.
  2. Jawab dengan tegas dan penuh percaya diri. Jika kita cukup memliki nyali, kita bisa menjawabnya untuk berhenti melakukan hal tersebut karena termasuk dalam pelecehan, tentu saja menjawabnya dengan nada yang tegas dan percaya diri. Namun untuk melakukannya perlu melihat kondisi sekitar, jika ramai kita memungkinkan untuk meminta pertolongan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  3. Memberanikan diri untuk melapor . Hal ini sangat diperlukan agar tidak ada lagi kasus pelecehan yang terjadi.
1 Like