Bagaimana cara menangani ular yang sedang berganti kulit?

image

Bagaimana cara menangani ular yang sedang berganti kulit?

Waktu ganti kulit atau shedding merupakan hal yang penting bagi kehidupan ular. Proses ini bukan hanya menandai pertumbuhan tubuh ular dari waktu ke waktu, tapi juga memberikan informasi tentang kesehatan ular selama dipelihara. Waktu shedding juga merupakan waktu yang paling sensitif bagi si ular, dan kesalahan penanganan dapat menimbulkan stress hingga penyakit yang sulit disembuhkan.

Dalam beberapa kasus ekstrim, ular yang mengalami disecdysis atau gagal ganti kulit bahkan bisa menemui ajal bila tidak diberikan perlakuan yang tepat.

Pada dasarnya, ketika ular berganti kulit, seorang hobiis harus meninggalkan si ular sendirian. Seperti yang dijelaskan di atas, ular yang sedang shedding cenderung mudah stress dan agresif, sehingga tidak segan-segan menyerang perawatnya sendiri. Ada baiknya Anda tidak memegang atau bermain dengan si ular hingga masa shedding usai. Letakkan kandang ular di tempat yang sunyi dan jauh dari kebisingan, sehingga ular tersebut bisa melewati masa shedding dengan nyaman.

Jika di dalam terrarium belum terdapat tempat persembunyian atau tempat berendam, ada baiknya Anda segera melengkapinya. Tempat berendam penting bagi si ular untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga proses shedding bisa dilakukan tanpa rasa sakit. Tempat persembunyian juga penting untuk mencegah ular merasa stress selama proses ini berlangsung.

Anda bisa menyemprotkan air ke terrarium atau meletakan spons di dalam lubang persembunyian untuk menjaga kelembapan tetap di antara 50-70%. Anda juga harus menyediakan beberapa benda keras seperti batu dan kayu yang bisa digunakan ular untuk menggosok dan merobek kulitnya yang akan terlepas.