Bagaimana cara menangani penyakit hiponatremia?

Hiponatremia adalah istilah medis untuk menggambarkan kadar natrium dalam darah yang lebih rendah dari batas normal.
Bagaimana cara menangani penyakit ini?

Seperti halnya penyakit-penyakit lain, diagnosis awal hiponatremia diawali oleh dokter yang memeriksa kondisi fisik, menanyakan gejala-gejala, serta riwayat kesehatan Anda dan keluarga. Meski demikian, proses ini saja tidak cukup untuk mengetahui apakah Anda mengalami hiponatremia atau tidak. Anda akan membutuhkan pemeriksaan lebih mendetail seperti tes darah dan urine.
Setelah Anda positif didiagnosis mengidap hiponatremia, dokter akan menganjurkan beberapa langkah pengobatan. Langkah yang dipilih ditentukan berdasarkan tingkat keparahan hiponatremia yang Anda alami serta penyebab di baliknya.

Hiponatremia ringan jarang membutuhkan pengobatan khusus. Kondisi ini akan tertangani dengan memperbaiki pola makan, gaya hidup, serta menyesuaikan obat-obatan yang digunakan (terutama pil diuretik). Hiponatremia tingkat menengah yang kronis juga bisa ditangani dengan langkah-langkah serupa.

Sementara hiponatremia yang akut dan parah umumnya membutuhkan penanganan yang lebih serius. Langkah-langkah tersebut meliputi pemberian cairan sodium melalui infus, serta konsumsi obat-obatan untuk menangani gejala yang dirasakan.