Bagaimana cara menangani masalah pada Remaja Yang Sering Melakukan Selfharm dan Berfikir Untuk Bunuh Diri?

menyakiti diri sendiri

Ada banyak perasaan-perasaan negatif yang dipendam dan tidak keluar sehingga mempengaruhi pola pikir menjadi negatif. Seperti marah, sedih dan juga kecewa. Ketika emosi negatif tidak tersalurkan dengan baik, bisa membuat kita ingin melakukan hal-hal yang tidak seharusnya. Seperti menyakiti diri sendiri atau self-harm. Atau juga adanya pikiran-pikiran negatif tertentu. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Cobalah cari hal-hal positif yang bisa kamu lakukan untuk pengalihan dan lebih merasa optimis. Mungkin kamu bisa ikut komunitas tertentu sehingga kamu bisa mendapat teman dan lingkungan baru.

Lakukan juga olahraga pagi sekitar 20 menit. Tubuh dan otak terintegrasi satu sama lain. Ketika kita sedih, maka akan membuat tubuh kita tidak nyaman. Ketika badan kita sedang fit, kita bisa merasa lebih happy. Oleh karena itu lakukan olahraga ringan (jalan kaki, berenang) untuk membantu regulasi tubuh dan pikiran tetap terjaga.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan “mindfulness“. Caranya? Rasakan tubuh kamu yang paling nyaman, diam sejenak beberapa menit sambil fokus ke bagian tubuh yang nyaman dan melihat ke arah yang nyaman (bisa ke kiri ke depan ke kanan, dst) sampai perasaan kamu terasa lebih rileks.