Bagaimana cara memulai bisnis handycraft

peluang-usaha-handycraft

Sumber: http://goukm.id/peluang-usaha-handycraft/

Pertimbangan saat memulai

Jika Anda berencana mengubah kecintaan Anda terhadap kerajinan tangan menjadi sebuah bisnis, ada sejumlah faktor yang harus Anda pertimbangkan:

Putuskan mengapa Anda ingin memulai bisnis ini. Sasaran Anda adalah mengubah hobi menjadi bisnis bisa memberikan level kesuksesan yang dihasilkan. Jika Anda ingin bisnis kerajinan ini menghasilkan atau sebagai income keluarga, maka Anda harus melakukannya dengan serius dan memperlakukannya sebagai bisnis.

Verifikasi permintaan produk Anda. Anda harus tahu pasti bahwa orang menginginkan dan akan membeli produk Anda. Ada produk yang hanya diperuntukkkan untuk pasar yang sangat kecil dan tidak bisa memberikan keuntungan pada operasional bisnis.

Salah satu cara untuk menemukan produk Anda memenuhi keinginan konsumen adalah dengan mengecek eBay. Lakukan riset di eBay tentang produk Anda (misal. Seni manik ) dan lihat penawaran yang didaftar dalam “ending today.” Jika kebanyakan lelang yang berakhir hari itu tidak ada penawaran, maka menunjukkan kurangnya minat terhadap produk tersebut. Juga lakukan pencarian di Google untuk mengetahui berapa banyak situs komersial yang menjual produk seperti Anda. Pendekatan ini bisa membantu Anda mengetahui pesaing Anda, menemukan apa yang mereka tawarkan, dan menentukan ceruk yang memungkinkan bagi Anda serta titik penjualannya.

Memahami dasar-dasar bisnis. Membuat kerajinan tangan adalah: tahu bagaimana merubah profit dari yang lainnya. Memahami semua persyaratan dan memiliki dana cadangan untuk memenuhi pengeluaran sebelum Anda bisa menghasilkan penjualan dan mendapatkan profit.

Kerjakan pekerjaan rumah. Jika Anda tidak memunyai latar belakang bisnis, inilah saatnya untuk mulai belajar dasar-dasar mengelola dan menjalankan usaha kecil. Anda tidak hanya menghasilkan produk, tapi Anda juga menangani pemasaran, penjualan, pembukuan, pembelian dan banyak hal lainnya. Jika Anda akan menyewa orang untuk memproduksi produk Anda, Anda harus belajar mengelola personel. Beli atau pinjam buku bagaimana menjalankan usaha kecil di perpustakaan setempat. Jika Anda merasa lemah dalam hal pembukuan, Anda mungkin bisa mengikuti pelatihan singkat.

Mencari tahu peraturan lokal. Sebagai pemilik usaha, Anda harus memahami peraturan lokal, termasuk perijinan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis. Sekalipun jika Anda menjualnya di pasar kecil, Anda akan diminta mengajukan ijin dan dikenakan pajak penjualan.

Memisahkan bisnis dari akun personal Anda. Saat ini tidak begitu penting dalam tahap awal, dengan memisahkan akun bisnis dari akun personal akan mempermudah hidup Anda, terlebih saat membayar pajak. Anda harus membuktikan bahwa bisnis kerajinan Anda bukanlah hobi – dan ini adalah sebuah bisnis – sebelum Anda bisa mengurangi pengeluaran bisnis dari pendapatan Anda. Memisahkan akun bank dengan nama bisnis Anda adalah langkah pertama.

Tahu dimana Anda akan bekerja. Temukan tempat dimana Anda bisa bekerja, dengan mempertimbangkan efisiensi dan kemungkinan perluasan bisnis Anda. Apakah Anda bekerja di ruang yang terpisah atau menyewa workshop, studio Anda haruslah memenuhi kebutuhan Anda dalam hal ukuran, layanan, keamanan dan keselamatan. Mungkin Anda ingin bekerja dari rumah saat memulai usaha dengan pertimbangan overhead yang lebih rendah dan mulai dengan modal yang kecil. Pastikan tempat kerja Anda memiliki sistem elektrik dan ventilasi, terlebih jika Anda menggunakan bahan kimia.

source: https://pengusahamuslim.com/1697-bagaimana-memulai-bisnis-kerajinan-bag-1.html

1 Like