Bagaimana cara mempelajari sebuah buku teks (textbook) ?

membaca buku teks (textbook)

Banyak mahasiswa yang mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat memahami isi bacaan meskipun telah berusaha membaca buku yang diwajibkan oleh dosen. Karena cara membaca textbook berbeda dengan membaca koran, majalah, artikel dan bacaan yang lainnya.

Bagaimana cara mempelajari sebuah buku teks (textbook) ?

Akhir-akhir ini para pelajar sangatlah jarang untuk memahami beberapa kemampuan/cara untuk mempelajari sebuak textbook di perkuliahan. Mereka semua masih menyepelekan sebuah textbook di perkuliahan karena mereka menganggap bahwa belajar textbook itu susah. Ada beberapa tips yang boleh dicoba untuk belajar memahami textbook lebih mudah

  1. PENGOPTIMALAN DALAM MEMBACA
    Untuk memahami isi dari textbook, anda harus mengoptimalkan kemampuan baca anda dengan cara :

    1. Membaca pengenalan dari textbook

      Pengenalan dari sebuah textbook biasanya adalah sebuah pemikiran author yang menerbitkan textbook tersebut dengan topic yang mereka pilih, selain itu pendahuluan ini akan menampilkan argument, dan pemberian outline pada textbook

    2. Survey pengelompokan materi di textbook

      Sebelum ada membaca anda harus survey dulu daftar isi dari textbook ini, kemudian anda buka satu persatu dan membacanya secara sekilas. Jika outline nya bagus, bisa jadi isinya juga bagus.

    3. Baca rangkuman tiap bab

      Hal ini sangatlah penting bagi anda sebelum membaca seluruh isi dari bab, karena sebuah rangkuman dari sebuah bab adalah sebuah inti dari bab tersebut, jika rangkuman dari sebuah bab tersebut bagus, maka dapat diprediksi isi dari sebuah bab tersebut bagus pula.

    4. Buatlah pertanyaan dari hasil survey

      Buatlah pertanyaan dari hal-hal yang telah kalian survey sebelumnya, baik dari judulnya, subjudulnya, dan rangkuman.

    5. Membaca dengan keras

      Dengan membaca keras kalian akan dengan cepat menemukan hal-hal yang anda tidak pahami, dan dengan demikian kalian dapat belajar memahami isi textbook tersebut dengan cepat.

    6. Fokus terhadap membaca textbook

      Jauhkan alat komunikasi dan alat elektronik dari anda ketika anda sedang belajar textbook, karena dengan adanya alat-alat itu kefokusan kalian akan terpecah dan anda tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar itu.

    7. Istirahat sejenak setelah menyelesaikan 1 bab

      Beristirahatlah anda setelah selesai belajar 1 bab, otak anda tidak akan bekerja maksimal ketika anda kelelahan. Dan jika anda memaksakan untuk terus belajar, dengan seiringnya waktu anda akan mengalami kebosanan dan akhirnya anda tidak bisa mendapatkan pelajaran dengan efektif pula.

  2. Mempelajari Textbook
    Setelah anda mengoptimalkan membaca textbook, langkah kedua adalah dengan cara mempelajari textbook lebih dalam lagi, caranya adalah :

    1. Dengan menggunakan teknik pengoptimalan membaca textbook tadi

    2. Baca keseluruhan bab dengan seksama, lalu buat catatan setelah membaca

      Hal pertama yang dilakukan adalah membaca, jangan membawa apapun. Setelah anda membaca keselruhan, mulailah anda menulis catatan dan rangkuman dari hasil yang anda baca tadi.

    3. Buatlah daftar konsep dari hasil rangkuman tadi

      Setelah anda merangkum dari hasil baca kalian sekarang mulailah membuat daftar konsep yang di cantumkan oleh penerbit. Tulis kan daftar konsep ini dengan tulisan yang menarik mata para pembaca agar para pembaca memahami konsep isi dari textbook ini.

    4. Buatlah pedoman belajar dari notes yang telah anda buat

      Pedoman belajar sangatlah penting untuk para pelajar dalam melakukan kegiatan belajar mandiri. Berawal dari menganalisa bab, hingga menyimpulkan dari bab tersebut sangatlah penting untuk para pelajar dalam proses belajar nya.

  3. MEMAHAMI BEBERAPA MASALAH KECIL
    Masalah dalam belajar pasti selalu bermunculan, baik itu masalah besar ataupun kecil. Tetapi, masalah kecil ini pasti sering bermunculan dari pada masalah besar. Dan terkadang masalah kecil ini dapat mengakibatkan turunnya minat mempelajari textbook bagi para pelajar. diantaranya :

    1. Tidak perlu membaca setiap kata yang terdapat dalam textbook

      Ini adalah salah satu penyebab minat para pelajar menurun karena, para pelajar pasti mengira bahwa kata-kata di dalam textbook pastilah harus dibaca semua agar mereka paham, padahal mereka membaca sekilas tetapi sudah memahami konsepnya itu lebih baik daripada membaca seluruh kata di textbook tetapi tidak memahami isinya.

    2. Membaca lebih dari satu kali

      Semakin sering membaca, semakin kuat ingatan kita dengan materi tersebut. Jadi rencanakan kembali untuk membaca textbook yang telah anda baca.

    3. Bedakan membaca dengan belajar

      Ubahlah mindset anda tentang membaca karena, orang-orang pasti mengira bahwa membaca adalah belajar.

    4. Pahami kata-kata yang telah dibaca terlebih dahulu sebelum dilanjutkan

      Setiap kalian membaca usahakan kalian memahami kata-kata yang telah kalian baca sebelum kalian melanjutkannya ke kata-kata berikutnya.

Dan itulah beberapa cara yang dapat memudahkan anda dalam membaca textbook.

Sumber : http://www.wikihow.com/Study-a-Textbook

Membaca dan mengingat informasi dari buku teks bisa menjadi salah satu aspek pembelajaran yang paling menantang dan sulit di universitas. Jumlah membaca dari satu mata kuliah ke mata kuliah lainnya dapat sangat bervariasi, seperti harapan para profesor anda tentang bagaimana dan apa yang anda baca.

Bergantung pada mata kuliah, dosen anda mungkin mengharapkan anda untuk membaca baik-baik sebelum kuliah agar bisa berpartisipasi dalam diskusi dan mengikuti kuliah, membaca dengan seksama setelah ceramah untuk mengetahui bagaimana buku teks melengkapi konten dari ceramah, membaca untuk sebagai gambaran, gunakan buku teks sebagai referensi.

Tidak peduli bagaimana dosen anda mengharapkan anda untuk menggunakan buku teks anda, ada banyak strategi untuk meningkatkan pembelajaran anda saat anda membaca buku teks universitas.

1. Membaca Aktif
Pembacaan ‘Pasif’ adalah apa yang dilakukan siswa saat mereka menonton TV dengan buku teks mereka terbuka. Pembacaan ‘Aktif’ adalah strategi bacaan yang lebih efektif yang membutuhkan :

  • Berinteraksi dengan informasi atau menciptakan “dialog internal” dengan teks yang anda baca.
  • Mengomentari atau bertanya pada diri sendiri tentang poin dalam teks yang anda baca.
  • Mencari poin utama dan bukti pendukung atau contoh dari teks yang anda baca.
  • Mengingat materi dengan lebih baik dan manfaatkan waktu seefektif mungkin.

2. Kecepatan Membaca + Pemahaman.

  • Menggunakan kecepatan lambat dan hati-hati. Meskipun ini memakan waktu, perlu pemahaman dan
    retensi namun kita bisa memahami teks dengan lebih baik.
  • Menghabiskan satu jam di lima halaman dan mengetahui materi dengan baik, daripada menghabiskan satu jam di lima puluh halaman dan tidak mengingat apa-apa.
  • Menggunakan gaya bacaan yang lebih fokus karena buku teks memerlukan perhatian lebih dibandingkan dengan koran atau majalah.

3. Membaca + Konsentrasi
Untuk meminimalkan gangguan dan meningkatkan konsentrasi Anda pertimbangkan:

  • KETIKA anda membaca
    Siswa mengantuk saat membaca jika sebagian besar dilakukan di awal pagi atau sore hari, jadi temukan waktu dimana anda merasa paling bugar dan fokus lalu gunakan waktu tersebut untuk membaca buku.

  • DI MANA anda membaca
    Jika Anda membaca di tempat tidur atau di depan TV Anda mungkin tidak benar-benar berkonsentrasi pada buku teks Anda. Temukan tempat sepi yang menurut anda nyaman dan tidak ada gangguan dari sekitar. (misal : teman sekamar, telfon genggam, dan lain- lain)

  • BERAPA LAMA anda membaca
    Jika anda membaca untuk waktu yang lama, anda mungkin tidak benar-benar berkonsentrasi dan memahami teksnya. Rencanakan sesi membaca ketika energi dan konsentrasi anda tinggi karena hal ini dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa efisien anda membaca dan seberapa besar hal yang dapat anda serap dan anda ingat.

Strategi Membaca.
Saat Anda membaca dan mencoba menentukan apa yang harus disorot atau sertakan dalam catatan buku teks Anda, beri perhatian khusus pada:

  • Isyarat visual (cetak tebal, warna, batas, tata letak) yang mengingatkan Anda akan informasi penting.
  • Gagasan utama, sering diidentifikasi melalui judul dan judul bab.
  • Urutan ide utama untuk memahami arus atau hubungan antara ide.
  • Bukti pendukung yang penulis berikan untuk mendukung klaim atau teori.
  • Lokasi, isi indeks, dan glosarium.
  • Perkenalan bab, ringkasan dan ulasan pertanyaan untuk memberikan gambaran umum tentang pokok bab yang paling penting.

Sumber : http://www.learningcommons.uoguelph.ca/guides/university_learning/accessibility/textbooks.html

Bagi banyak orang di Indonesia membaca textbook adalah sesuatu pekerjaan yang membuat malas dan membosankan. Menurut sebuah penelitian minat membaca di Indonesia sangatlah kurang. Padahal Membaca buku merupakan suatu kegiatan yang begitu penting dan sangat banyak manfaatnya bagi sumber pengetahuaan pada diri setiap orang.

Dengan membaca dan memahami isi buku dengan baik kita bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan yang baru. Memahami cara membaca dan menggunakan ilmunya dengan efektif merupakan kunci sukses kita dalam bidang akademik. Namun tidak semua orang dapat dengan mudah bisa membaca buku dan langsung dapat memahanmi isi buku tersebut. Di dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara agar kita bisa memahami isi buku yang telah kita baca.

Berikut adalah cara bagaimana cara mempelajari dan memahami textbook:

  1. Sebelum memulai membaca buku mulailah untuk meninjau judul buku dan sub babnya terlebih dahulu. Amatilah terlebih dahulu jika ada beberapa gambar atau grafik dibagian yang akan di baca. Amati juga pada tulisan yang bercetak tebal atau miring.

  2. Setelah meninjau isi dari buku lihatlah pertanyaan yang ada di akhir bagian bab yang kita baca, ingatlah terus pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di akhir bab selagi kita membaca. Dan kita juga bisa membuat pertanyaan kita sendiri yang ingin kita temukan jawabannya di dalam buku.

  3. Sekarang saatnya kita untuk membaca seluruh isi buku. Saat membaca buku jawablah pertanyaan-pertanyaan yang telah kita kembangkan saat melakukan pertinjau. Cobalah untuk memprediksikan jawaban atas pertanyaan dan temukan apakah prediksi kita benar.
    Jangan terburu-buru dalam melakukan langkah ini! Karena hal tersebut bisa menggoda kita untuk segera menyelesaikan proses membaca kita, tetapi kemungkinan kita tidak akan menyimpan informasinya didalam otak kita.

  4. Pada saat membaca buku garis bawahi kata-kata yang menurut anda merupakan poin dari suatu pembahasan. Lingkarilah pada kata yang kurang anda pahami dan carilah maknanya kemudian tuliskan pada bagian kosong buku tersebut.

  5. Buatlah catatan pada buku tulis kita. Membuat catatan bukan berarti menyalin semua isi buku yang kita baca, tetapi catatlah sesuai dengan bahasa yang kalian mudah mengerti dan singkat. Buat alat bantu visual, termasuk gambar, grafik, diagram, atau tabel, untuk membantu memvisualisasikan apa yang sedang kita baca. Visualisasi adalah cara yang bagus untuk mengambil informasi yang rumit atau sulit dan membuatnya mudah dimengerti dan diingat.

  6. Tuliskan ringkasan singkat tentang tema dan gagasan sentral dalam buku catatan kita. Hal tersebut mampu mengembangkan ringkasan dari apa yang kita pelajari akan membantu kita menguasai materi dan menyimpan informasinya.

  7. Setelah membaca buku, cobalah untuk berdiskusi dengan teman kita. Ceritakan kepada mereka apa saja yang telah kalian baca dan begitu juga dengan teman kita. Dengan cara seperti itu maka kalian bisa saling bertukar informasi dan menambah ilmu kita satu sama lain. Bergabung dengan kelompok belajar adalah cara yang bagus untuk memiliki kesempatan untuk berbagi dengan orang lain apa yang telah kita pelajari dari bacaan kita.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca buku:

  1. Tulislah catatan pada buku pelajaran dengan tangan. Mencatat dengan tangan akan membuat otak Anda benar-benar terfokus terhadap bahan ketimbang hanya membaca secara sekilas atau mengetik tulisan yang sama di komputer tanpa memikirkannya.

  2. Ciptakan lingkungan yang tenang dan bebas dari gangguan apapun saat membaca, terutama jauhkan ponsel dari kita ,jangan pernah membaca di depan komputer, dan depan televisi.

  3. Bacalah dengan suara lantang. Membaca buku dengan suara lantang biasanya membuat kita agar bisa lebih mudah untuk memahami apa yang kita baca. Membaca dengan lantang juga dapat membantu kita menjaga kecepatan membaca kita.

Sumber:
http://www.educationcorner.com/textbook-strategies.html

Dalam rangka mengumpulkan informasi penting yang kita butuhkan dari sebuah textbook, sangatlah penting bagi kita untuk mengikuti proses secara sistematis. Hal tersebut akan sangat membantu untuk memahami lebih banyak dari apa yang dibaca dan mebaangun dasar pengetahuan yang kuat, yang akan membantu mempermudah untuk mempelajari pelajaran selanjutnya.

Disini saya akan menyajikan tahapa tahapan yang akan membantu memaksimalkan waktu belajar dan memahami materi secara utuh.

1) mulailah dengan membaca dan meninjau judul dari materi yang akan dipelajari.

Jika kita mengikuti instruksi untuk membangun sesuatu, maka tentu saja kita akan meninjau semua instruksi terlebih dahulu sebelum memulainya. Peninjauan ini memungkinkan kita untuk memahami apa yang akan kita pelajari dan bagaimana materi tersebut akan dibahas pada textbook.

2) Terjemahkan informasi yang ada di buku ke bahasa kita sendiri.

Penerjemahan ini akan menyederhanakan bahasa buku menjadi bahasa akrab dengan kita.sehingga kita bias dengan mudah menjelaskan informasi atau menjawab pertanyaan. Penerjemahan bisa juga meningkatakan pemahaman kita, dan juga akan sangat membantu kita menghindari plagiasi saat menulis essay.

3) Ubahlah bagian dari main idea menjadi sebuah pertanyaan.

Bertanyalah pada diri sendiri siapa, apa, kapan, mengapa, dimana, dan bagaimana. Tulislah pertanyaan tersebut. Ini akan membantu kita untuk focus pada apa yang dibaca dan memeberi kita tujuan, sehingga kita tidak membaca tanpa arah. Hidarilah menandai bagian tertentu pada awal bacaan karena kita belum tahu mana bagian terpenting sebelum membaca secara utuh.

4) Tandai setiap anak judul dengan pertanyaan.

Setelah selesai membaca, kembalilah ke tulisan pertanyaan yang kita buat tadi dan pastikan semua pertanyaan telah terjawab secara lengkap, pastikan tidak ada pertanyaan lain yang muncul dan belum ada jawabanya. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap table, diagram, foto yang disebutkan dalam textbook.

5) terakhir, tinjau ulang rangkuman dari setiap bagian dan selesaikan menjawab pertanyaan sebelumnya.

Gunakan catatan yang telah dibuat untuk menjawab pertanyaan, dan tulislah setiap pertanyaan yang
belum ada jawabannya. Setelah selesai membaca kita harus bias menjawab pertanyaan yang telah kita buat. Jika masih mengalami kesulitan dalam menjawab, cek bagian yang kita tandai sebelumnya. Menulis pertanyaan dan jawaban dari textbook akan membantu kita ketika diskusi, kita bisa menanyakan jawaban pertanyaan yang belum kita ketahui pada guru kita dan akan membuat proses belajar menjadi lebih mudah.

Nah, itulah tahapan tahapan yang mungkin bisa kita perhatikan saat membaca textbook, atau bacaan lainnya yang mengandung informasi dan pengetahuan, jangan lupa untuk selalu bertanya dan jika tidak bisa menjawabnya carilah bantuan bias dosen, teman, atau sumber lainnya.

Sumber : http://www.study-skills.ca/creating-a-strategy-for-textbook-studies/