Bagaimana cara memotivasi diri untuk rajin berolahraga?


Berolahraga untuk sebagian orang merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan. Karena malas, berbagai alasan dikeluarkan untuk menghindari hal tersebut. Oleh karena itu motivasi untuk berolahraga sangat dibutuhkan bagi sebagian masyarakat. Menurut kalian, bagaimanakah cara memotivasi diri sendiri untuk rajin berolahraga?

1 Like

Halo kak…
Izin beri pendapat ya kak…
Menurut saya Cara nya memotivasi diri untuk rajin berolahraga itu sebenarnya gampang. Kita lihat apa Yang menjadi tujuan utama Kita. Misalkan Kita ingin mengurangi berat badan atau biasa disebut diet. Kita harus komitmen Sama tujuan Kita, bahwa Kita harus bisa diet, jika malas ingin menghampiri, langsung ingat saja tujuan utama Kita, pasti kita akan kembali semangat. Begitu saja sih kak menurut ku motivasi untuk diri Kita sendiri :blush:
Terimakasih kak…
Jangan lupa berkunjung di artikel ku ya kak :hugs:

1 Like

Di tengah pandemi seperti saat ini, kita harus bisa menjaga kesehatan dengan lebih ekstra, seperti makan dengan teratur, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan juga berolahraga sesuai dengan kebutuan dan kondisi badan kita, agar kita terhindar dari virus Covid - 19. sehingga menurut saya, hal atau cara utama yang bisa kita lakukan untuk memotivasi diri agar mau dan rajin berolahraga yaitu dengan menyadari bahwa olahraga merupakan salah satu hal yang baik, penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari terlebih saat ditengah situasi pandemi seperti saat ini. Dengan berolahraga berarti kita telah menjaga stamina dan kekuatan tubuh secara fisik.

Selain itu, cara yang saya lakukan juga untuk memotivasi diri adalah dengan membuat nyaman situasi dan kondisi saat sedang berolahraga, menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan olahraga senyaman dan semenarik mungkin untuk diri saya sendiri, seperti, alat-alat penunjang yang digunakan (matras, musik, pakaian, air minum, memilih tempat yang enak dan lainnya), agar saat berolahraga, saya merasa jauh lebih semangat dalam menjalaninya.

karena, "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat"

Pastinya olahraga adaah kegiatan yang sangat penting di hidup kita. Kita butuh olahraga untuk bertahan hidup dan menjadi sehat, teurtama di masa pandemi seperti sekarang. Ada beberapa cara untuk memotivasi diri kita untuk rajin berolahraga:

  1. Pertama, kita harus tanamin hal yang paling penting untuk selalu kita ingat, jangan pernah memaksa tubuh kita sendiri. Listen to your body and give what it needs. Kalau menurut kita hari ini bukan waktu yang tepat untuk berolahraga, then it’s totally okay. Masih ada hari besok. Ingat, jangan pernah memaksa. Tubuh kita adalah sistem dalam kehidupan yang sangat hebat, jadi kita harus mendengarkan dan menghargainya.

  2. Temukan alasan utama kita untuk berolahraga. Kita berolahraga agar fisik dan mental kita semakin sehat. Kita tidak perlu memenuhi tuntutan sosial yang ada karena tidak akan ada manfaatnya untuk tubuh kita.

  3. Set your goals and reward yourself. Menurut aku ini yang sangat penting. Misalnya, kita menargetkan untuk berolahraga tiga kali seminggu. Jika kita bisa mencapai target tersebut, kita akan menghadiahi diri kita dengan sesuatu yang kita suka. Dengan begitu, kita akan semakin termotivasi untuk berolahraga. Namun perlu diingat lagi bahwa kita tidak boleh memaksakan diri sendiri.

  4. Cari olahraga yang kita suka. Aku pribadi sangat suka lari dan angkat beban, menurut aku kombinasi dua olahraga tersebut sangat menyenangkan dan juga efektif untuk fat loss dan membangun otot. Karena aku menikmati olahraga tersebut, aku jadi termotivasi untuk rutin melakukannya. Jadi penting banget untuk kita cari olahraga yang kita suka supaya bisa konsisten rajin berolahraga.

Olahraga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan senantiasa bugar. Namun adanya motivasi untuk olahraga juga tidak kalah pentingnya untuk kesehatan. Cara terbaik untuk terus termotivasi adalah dengan membiasakan diri dengan jadwal olahraga rutin dan tetapkan tujuan sehat. Berikut merupakan langkah agar motivasi olahraga tidak redup.

  • Tetapkan tujuan yang masuk akal

Agar motivasi berolahraga tidak kendur, silakan tetapkan tujuan awal. Misalnya, Anda ingin turun berat badan sebanyak 10 kg dan menargetkan hal itu terlaksana dalam waktu 2 bulan. Menurut Gerald Endress, seorang psikolog olahraga di Duke Center for Living di Carolina Utara, pemula biasanya ingin hasil instan maksimal. Akan tetapi mereka cenderung kewalahan karena memaksakan diri untuk berolahraga selama 1 hingga 2 jam per hari.

  • Bikin catatan olahraga

Agar motivasi untuk berolahraga tidak kendur, coba buat catatan olahraga. Bisa dibuat dalam bentuk jurnal online atau di buku catatan.

  • Fokus pada diri sendiri

Saat olahraga, akan selalu ada orang lain yang lebih bugar atau lebih cepat turun berat badannya. Fokus pada tujuan, kemajuan pasti didapatkan.

  • Cari olahraga yang menyenangkan

Motivasi olahraga bisa luntur apabila bosan dengan latihan yang dilakukan. Untuk mengakalinya, coba cari latihan yang menyenangkan, tidak melulu harus jogging sendirian atau angkat beban di gym . Olahraga bersama tim atau teman-teman bisa meningkatkan motivasi olahraga.

  • Beri hadiah untuk diri sendiri

Bila target olahraga hampir terpenuhi atau malah berhasil tercapai, beri hadiah atas keberhasilan ini. Pikirkan hadiah apa yang bisa diberikan ke diri sendiri sebagai motivasi olahraga. Pilih hadiah seperti baju baru, pijat, lagu baru, video games, apapun yang ingin dinikmati.

Berolahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Dan entah mengapa sulit sekali untuk membiasakan diri untuk berolahraga, dan yang paling sulitnya itu adalah untuk menjadi konsisten. Tips dari saya;

  • Cari workout buddy. Cari teman yang juga memiliki visi yang sama untuk sama-sama mengubah pola hidup sehat untuk saling memotivasi dan saling mengingatkan ketika sedang malas. Atau jika ada uang lebih, bisa cari trainer.
  • Membuat jadwal dan patuhi. Buat aturan pada diri sendiri jika ada pelanggaran.
  • Sempatkan dan paksakan. Kebanyakan orang merasa malas berolahraga karena berpikir mereka tidak memiliki waktu, padahal berolahraga ringan bisa dilakukan dirumah dan hanya membutuhkan waktu 5-10 menit paling sedikit.
  • Mulai dari yang paling ringan. Tidak usah mengikuti cara-cara orang lain berolahraga yang harus begini begitu, sesuaikan dengan kemampuan tubuh sendiri. Jika mengikuti orang lain dan tidak sanggup, kamunya sendiri yang akan merasa keberatan dan menolak waktu-waktu berikutnya karena membentuk mindset bahwa olahraga itu berat.
  • Biasakan. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa segala hal yang konsisten kita lakukan lebih dari 20 hari akan membentuk sebuah kebiasaan baru. Jadi, paksa diri diawal-awal hingga membentuk kebiasaan.

Semangat untuk saya, dan kita semua untuk menuju hidup yang lebih sehat.

Ada beberapa strategi untuk mensiasati agar mau berolahraga. Cara pertama yaitu mencari olahraga yang kita senangi. Beberapa ada yang tidak senang berolahraga karena anggapannya seperti paksaan untuk bisa bugar, sehingga mereka pun jadinya males. Disini kita bisa menjadikan olahraga sebagai hobi atau pilih olahraga apa yang kita senangi. Dengan begitu kita pun akan senang hati dan tanpa paksaan untuk melakukannya.

Dan cara lainnya adalah dengan mengajak teman. Namun jika tidak ada teman yang bisa diajak kita bisa ikut komunitas atau bootcamp. Lalu cara terakhir adalah dengan menikmatinya dan rasakan manfaatnya sendiri. Mengingat olahraga ini adalah aktivitas yang bergerak aktif pasti akan ada manfaatnya. Baik untuk tubuh dan kedepannya.

Summary

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/kebugaran/cara-membangun-semangat-olahraga/%3Famp=1

Di masa pandemik sekarang akan sangat baik jika ktia terus berolahraga, tubuh menjadi sehat sehingga dapat menjauhkan diri kita dari macam-macam penyakit. Dan menurut saya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memotivasi diri agar rajin berolahraga, antara lain yaitu menentukan goals kita apa, contohnya apakah kita ingin kurus atau apakah kita ingin membentuk otot(?). Kemudian cari jenis olahraga yang menurut kita cocok dengan diri, karena kalau kita merasa cocok kita akan semangat melakukannya. Kemudian mencari panutan, dengan adanya panutan kita dapat menjadikanya tolak ukur keberhasilan dari olahraga kita. Dan selalu lawan rasa malas, karena kalau kita sudah menemukan enaknya olahraga, pasti kita akan senantiasa terus melakukannya.

Untuk memotivasi diri agar rajin berolahraga bisa dimulai dengan menyiapkan target dan tujuan terlebih dahulu. Tujuan kamu olahraga untuk apa, target kamu apa. Lalu kita bisa melanjutkan dengan memilih olahraga yang membuat kamu nyaman dan kamu sukai. Misalnya saja jalan kaki atau bersepeda keliling kompleks. Suasana yang lebih alami akan membuat pikiran kamu terasa lebih segar dan sehat. Jadi, biarkan diri kamu bersenang-senang dengan jenis olahraga yang kamu pilih tanpa merasa terbebani. Kalau kamu tipe orang yang males kalo olahraga sendirian, kamu bisa mengajak teman atau keluarga untuk berolahraga bersama. Berolahraga bersama teman atau keluarga bisa meningkatkan semangat kamu.

Referensi

https://uptown.id/id/2020/01/09/10-cara-meningkatkan-motivasi-untuk-berolahraga/

Cara Memotivasi Diri untuk Berolahraga

Gunakan hal-hal berikut agar Anda terus termotivasi untuk rajin berolahraga:

1. Tetapkan tujuan dan buat rencana

Agar motivasi olahraga tetap terjaga, tetapkan goal sesuai prioritas dan kemampuan Anda. Lalu buatlah rencana untuk mendukung tujuan tersebut. Misalnya, jika ingin menurunkan berat badan, Anda bisa buat rencana berolahraga seminggu 3 kali, berjalan 20 menit setiap hari, atau rencana lain yang sesuai dengan kesibukan Anda.

Catat rencana Anda di buku atau memo handphone . Bila perlu, aturlah alarm sebagai pengingat.

2. Kenakan pakaian olahraga meski sedang malas berolahraga

Malas olahraga? Kenakan saja dulu pakaian olahraga Anda. Menurut hasil survei terhadap 2.000 orang, sekitar 1.800 di antaranya mendapatkan motivasi olahraga dengan hanya mengenakan perlengkapan olahraga mereka.

Anda juga bisa mencoba trik lain, yaitu menyiapkan segala perlengkapan olahraga yang ingin digunakan pada malam sebelumnya.

3. Jadikan kebiasaan

Jadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari sesuai jadwal, atau di waktu yang sama setiap hari. Misalnya, berolahraga setiap pagi sebelum berangkat ke kantor, atau sore hari setelah pulang kantor. Anda juga bisa meluangkan sedikit waktu untuk olahraga ringan di kantor saat jam istirahat.

4. Fleksibel dengan waktu dan jenis olahraga

Ada kalanya kita bosan atau lelah dengan gerakan olahraga yang itu-itu saja. Untuk menghindari kejenuhan, kamu bisa melakukan jenis olahraga atau latihan yang berbeda dari biasanya.

Misalnya, mengganti olahraga renang dengan jogging , atau ketika sibuk dengan pekerjaan, Anda bisa sekedar naik-turun tangga di kantor untuk olahraga ringan.

5. Dengarkan musik atau gunakan aplikasi olahraga yang sedang hits

Mendegarkan musik atau lagu favorit bisa memotivasi dirimu untuk bergerak dan berolahraga. Sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan durasi dan ketahanan tubuh ketika berolahraga.

Selain itu, Anda juga bisa mencatat performa saat berolahraga dengan aplikasi olahraga. Aplikasi ini bisa menjadi penyemangat Anda berolahraga lho !

6. Beri hadiah untuk diri sendiri

Memberikan penghargaan berupa hadiah kepada diri sendiri sama halnya dengan memberikan motivasi. Misalnya, jika berat badan Anda berhasil turun 2 kg dalam waktu satu atau dua minggu, Anda bisa menghadiahi diri sendiri satu pakaian baru atau apa pun yang Anda sukai.

7. Pertahankan komitmen untuk hidup sehat

Yang tidak kalah penting untuk menunjang motivasi olahraga adalah menjaga komitmen untuk hidup sehat. Cobalah menutup mata sejenak di pagi hari, pikirkan tentang hasil yang nantinya akan Anda dapatan dari olahraga rutin setiap hari, misalnya bentuk tubuh yang Anda idam-idamkan.

Cara memotivasi diri untuk rajin berolahraga menurut saya, yaitu:

  1. Memiliki tujuan untuk berolahraga, selain untuk menjaga kesehatan tubuh biasanya saya memiliki tujuan lain seperti menurunkan berat badan, membentuk otot, dll.

  2. Untuk menambah semangat, cari seseorang (seperti idola) yang dapat dijadikan contoh atau role model.

  3. Memiliki catatan/journal agar olahraga kita lebih terjadwal.

Izin berpendapat kak, menurutku cara yang paling ampuh untuk memotivasi diri sendiri untuk rajin berolahraga adalah mengenali manfaat-manfaat jangka panjang dari berolahrga dan menjadikannya sebuah tujuan yang harus dicapai jika tidak tercapai akan merugikan diri sendiri,
misal; kita melakukan olahraga dengan tujuan menghindari diri dari obesitas, yang mana jika kita terjangkit obesitas akan banyak penyakit yang mengintai kita di masa mendatang.

Berolahraga akan membuat tubuh menjadi bugar, juga dapat menghindari stress dan bisa membuat kita merasa sedikit bahagia atau senang, karena dengan berolahraga tubuh kita akan mengeluarkan hormon endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif.

Jika dirasa masi sulit karena terpaksa melakukannya cobalah untuk melakukan olahraga yang menyenangkan seperti: dance atau gerak-gerakan tiktok yang sedang viral sehingga tubuh dapat bergerak lebih aktif dari biasanya.

[referensi: https://www.alodokter.com ]

Menurut ku cara memotivasi diri agar rajin berolahraga adalah dengan mengetahui benefit yang akan didapat jika rajin berolahraga jangka pendek atau panjang, lalu menekankan pada diri sendiri klo ada tujuan yang harus digapai, dan yang terakhir jangan jadikan olahraga sebagai beban yang harus dilakukan, tapi buat olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan dan harus dilakukan.