Bagaimana cara memininalisir kesalahan saat membuat program?

Seringkali setiap membuat sebiuah program banyak keslahan yang banyak dilakukan.Hal itu akan membuat pengerjaan sebuah program membutuhkan waktu yang lama lagi untuk menelitinya. Oleh karena itu dibutuhkan cara yang efektif agar dalam pengerjaan sebuah program kita dapat meminimalisir kesalahan kita.

Bagaimana cara memininalisir kesalahan saat membuat program?

Untuk membuat sebuah program dibutuhkan ketelitian dan pemahaman akan code-code bahasa pemrograman.Semakin banyak kode yang dibuat akan semakin besar kemungkinan kesalahan pada kode yang telah dibuat.Biasanya pada sistem yang modern kode penulisan cukup kecil untuk dilihat.

  1. Pahami macam-macam bug yang ada pada bahasa pemrograman yang ada.Gunakan pustaka yang tersedia.Cara yang termudah adalah dengan menulis code dengan hati-hati dan biasakan ketika ada kode yang salah langsung dibenahi.

  2. Pelajari beberapa teknik formal yang lebih rumit.Jika ada kondisi yang rumit dan kamu belum mengerti cara menggunakanya sebaiknya tandai dulu program yang tidak dimengerti dan mencari cara terlebih dahulu untuk menyelesaikanya.

  3. Untuk kode-kode sulit bagi kamu sebaiknya pelajari dulu bagaimana cara merefactor hal tersebut dan bagaimana membuat perubahan dalam kode tersebut.Ubahlah kode tersebut dalam bagian-bagian kecil yang kamu pahami,lalu gabungkanlah menjadi satu kesatuan lagi menurut gaya bahasamu sendiri.

  4. Jangan lakukan apapun dengan tergesa-gesa.Lakukanlah secara bertahap.Karena dalam membuat program sangat dibutuhkan ketelitian dan konsentrasi.Jika dilakukan dengan tergesa-gesa akan memperbesar kemungkinan error program yang kita buat.

  5. Disela-sela membuat kode program alangkah baiknya test program yang anda buat (run).Gunakan kesempatan mengetes program agar seringkali mendapatkan peringatan apakah program yang telah kamu buat ada kesalahan atau tidak.Lakukan langkah ini dengan konsisten maka kamu akan dapat meminimalisir kesalahan saat menuliskan code tersebut.

  6. Ketika program yang kamu buat telah selesai mintalah orang lain untuk mengecek hasil code yang kamu buat.Bisa jadi kode yang kamu buat sudah bagus tetapi tidak eficient dan efektif.Mintalah dia untuk memberikan saran yang tepat dan apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk membuat program anda menjadi lebih baik.Dengan begitu anda juga dapat mereview kembali program tersebut bersama-sama dengan teman anda dan pastikan bahwa kode-kode program anda telah benar dan sesuai juga menurut teman anda.

Sumber : https://softwareengineering.stackexchange.com/questions/7927/how-to-reduce-the number-of-bugs-when-coding

Dalam membuat program terkadang kita menemui masalah yang dihadapi. Seringkali error itu membuat kita bingung bagaimana cara mengatasinya.

Yang pertama harus dilakukan adalah mengenali apa masalah yang sedang terjadi pada anda. Ada beberapa error yang biasa terjadi ketika kita membuat program berdasarkan tingkatannya. Yaitu,

  1. Error tata bahasa (sintaks)
  2. Error runtime
  3. Error logika (logical error)

Untuk mencegah kemungkinan hal itu terjadi, maka ada beberapa yang perlu diperhatikan.

  • Cobalah untuk lebih teliti dalam menulis. Ikuti aturan penulisan program yang benar.

  • Tulislah dengan rapi, tulisan coding yang rapi akan membantu anda untuk mengerti dan mudah untuk menganalisis jika terjadi kesalahan penulisan (sintaks error)

  • Konsisten dalam membuat variabel dan sejenisnya dapat membantu untuk meminimalisir kesalahan karena perbedaan huruf besar dan kecil.

  • Pastikan algoritma yang dibuat sudah teruji kebenarannya.

  • Biasakan menambahkan komentara untuk menjelaskan peoses yang akan dilakukan.

Pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk yang memiliki keterbatasan. Namun sayangnya dunia ini tidak mau menerima alasan tersebut sehingga kita dituntut untuk melakukan sesuatu dengan sempurna. Namun kembali lagi bahwa manusia memiliki keterbatasan. Kita tidak dapat melakukan sesuatu dengan sempurna, yang dapat kita lakukan adalah meminimalisir kesalahan yang kita lakukan.

Seorang programer pasti akan menemui kode yang error ketika memprogram sesuatu, Banyak aspek yang dapat membuat seorang programer melakukan kesalahan entah itu kesalahan dalam menullis kode atau kesalahan pada algoritma yang digunakan.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam membuat program hendaknya seorang progammer lebih memaksimlakan proses analisa permasalahan yang sedang dihadapi. Analisa merupakan pondasi dari program yang akan kita buat. Ketika analisa kita salah atau kurang detail, di kemudian hari kita akan menemukan masalah dan harus menganalisa lagi permasalahan kita dari awal. Ketika permasalahan yang dihadapi sudah ditemukan kita terpaksa harus membuat program dari awal. Selain memperkuat analisa kita juga harus pintar dalam membaca dan mengelompokkan pola hasil analisa kita. Pengelompokan ini akan membuat kita lebih mudah dalam membuat program dan membuat program kita menjadi lebih teratur. Terkadang seorang programer mengalami kesulitan karena ia menemui langkah-langkah yang berbeda dengan algoritmanya sehingga harus merubah lagi programnya.

Jadi yang terpenting untuk meminimalisir kesalahan adalah kita harus teliti dan berhati-hati dalam melakukan sesuatu.

Sumber :
https://codeutopia.net/blog/2009/10/08/common-programming-errors-and-how-to-avoid-them/