Bagaimana cara memiliih jenis pelembab?

Pemilihan pelembap yang tepat dapat membantu menghaluskan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat kulit kering.

Tips memilih pelembab yang sehat

1. Kenali jenis kulit Anda
Sebelum menggunakan pelembab, Anda harus mengenal jenis kulit Anda terlebih dulu untuk memastikan bahwa pelembab yang Anda gunakan memang sesuai dengan kebutuhan. Jenis kulit Anda ditentukan oleh berbagai faktor seperti genetik dan makanan. Secara umum, terdapat lima golongan jenis kulit:

  • Kering: Cocok menggunakan pelembab yang berbahan dasar minyak
  • Berminyak: Cocok menggunakan pelembab berbahan dasar air
  • Dewasa (mature): Sebaiknya menggunakan pelembab berbahan dasar minyak
  • Sensitif: Sebaiknya menggunakan pelembab yang mengandung aloevera atau bahan yang sejuk di kulit
  • Normal/kombinasi: Cocok menggunakan pelembab berbahan dasar air

2. Cermati kandungan dalam pelembab Anda

Sekarang, setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, dan telah berhadapan dengan produk pelembab berbahan dasar sesuai dengan kulit Anda, langkah selanjutnya adalah membaca baik-baik label pada kemasan produk Anda. Pelembab yang baik adalah pelembab yang dapat melindungi kulit dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Bahan aktif dan inaktif
Anda bingung saat membaca label yang tertera pada kemasan pelembab? Biasanya, pada pelembab akan dicantumkan kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut. Secara umum, kandungan dalam pelembab dapat digolongkan menjadi dua, yaitu bahan aktif dan inaktif. Secara sederhana, bahan aktif adalah bahan yang membuat produk tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Contohnya, pelembab yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UV akan mengandung titanium oksida yang berfungsi sebagai bahan tabir surya utama.

Bahan aktif yang paling sering digunakan pada pelembab adalah lanolin, gliserin, dan petrolatum. Dari ketiga produk tersebut, gliserin merupakan bahan yang paling jarang menimbulkan alergi. Bahan inaktif, di sisi lain, merupakan bahan pendukung yang melengkapi produk Anda.

Sumber: